Rekomendasyik Buku untuk Karir Sukses Tanpa Ordal- Bagian 1

0
Share
Buku Karir Rekomendasyik Buku Modal Karir Sukses Tanpa Ordal- Bagian 1

Memasuki dunia kerja yang semakin kompetitif, memiliki keahlian dan pengetahuan yang relevan tentu menjadi kunci untuk mencapai kesuksesan karir. Namun, sering kali kita terjebak dalam pola pikir konvensional yang mengandalkan ‘ordal’ —koneksi dan privilese— untuk maju. Bagi Bibliobesties yang tidak memiliki ‘ordal,’ kalian tak perlu khawatir. Spesial untuk kalian, Perimin Rekomendasyikkan 19 buku yang akan membuat karirmu sukses meski tanpa ‘ordal.’

Rekomendasyik kali ini akan Perimin bagi menjadi dua bagian. Di bagian pertama ini, Perimin akan merekomendasikan beberapa buku yang dapat membantu Bibliobesties mengembangkan keterampilan, membentuk pola pikir yang tepat, serta memaksimalkan potensi diri. Tanpa berlama-lama, berikut Rekomendasyik buku-buku tentang karir yang akan membuatmu sukses meskipun tanpa ‘ordal’ bagian pertama.

1. Perfection Trap

Melalui buku ini, Thomas Curran mengulas asal mula dan faktor yang menyebabkan perfeksionisme serta dampak-dampak negatif yang ditimbulkannya terhadap kehidupan kita. Berdasarkan penelitian yang ia lakukan di London School of Economics, Curran berpendapat bahwa perfeksionisme sedang meningkat di masyarakat modern. Hal ini terjadi karena berbagai faktor seperti persaingan kerja yang ketat, dampak media sosial, dan orang tua yang terlalu protektif. Di dalam buku ini, Curran juga membagikan strategi-strategi untuk memperbaiki relasi yang lebih positif dengan pencapaian.

2. Unlearning Silence

Dalam Unlearning Silence, Elaine Lin Hering membahas tentang bagaimana kita dapat menemukan suara kita dalam pekerjaan dan kehidupan. Dia menunjukkan membangun percakapan yang lebih otentik, menumbuhkan ruang yang inklusif, dan memperkuat semua suara. Hanya dengan melupakan keheningan kita dapat sepenuhnya melepaskan bakat, mengungkapkan pikiran kita, dan menjadi versi diri kita yang lebih lengkap.

3. Thinking 101

Profesor Woo-kyoung Ahn, seorang psikolog terkemuka, menawarkan panduan praktis untuk mengubah cara kita berpikir. Melalui pengalaman mengajar dan penelitiannya di Universitas Yale, Ahn memperkenalkan program berpikir telah berhasil di kampus tersebut. Dia memberikan wawasan tentang cara mengidentifikasi dan mengatasi bias kognitif yang meresahkan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini merupakan kelanjutan dari pemikiran dalam karya Thinking, Fast and Slow oleh Daniel Kahneman, yang menyoroti pentingnya kesadaran akan bias kognitif dalam meningkatkan kualitas hidup individu dan masyarakat. Dengan pendekatan yang berbasis pada riset dan penelitian, Ahn menawarkan metode-metode yang menarik untuk mengurangi dampak negatif dari masalah berpikir.

4. Stop People Pleasing

Buku ini mengulas tentang proses berhenti memprioritaskan keinginan orang lain dan mulai fokus pada pemenuhan kebutuhan pribadi. Stop People Pleasing ditulis berdasarkan pada pengalaman pribadi Hailey Magee dengan dinamika interaksi sosial yang melibatkan kecenderungan untuk memenuhi keinginan orang lain. Dalam buku ini, Hailey Magee menyediakan panduan dan strategi bagi kita untuk mengatasi pola perilaku yang cenderung menyenangkan orang lain secara berlebihan. Magee menegaskan bahwa perilaku ini seringkali mengabaikan kebutuhan kita sendiri, yang dapat mengakibatkan perasaan negatif seperti rasa sakit hati, kemarahan, dan depresi. Melalui buku ini, Magee  mengajak kita untuk mengembangkan kemampuan menetapkan batasan, menyatakan penolakan, dan memprioritaskan kebutuhan dan keinginan pribadi.

5. Team

Team: Getting Things Done with Others menyajikan panduan untuk menerapkan metodologi _Getting Things Done (_GTD) pada tim. GTD adalah sistem produktivitas populer yang membantu individu mengelola tugas dan proyek dalam sebuah tim. Buku ini berfokus pada cara menggunakan prinsip-prinsip GTD untuk berkolaborasi secara efektif dengan orang lain dan mencapai tujuan bersama.

6. 21 Irrefutable Laws of Leadership

21 Irrefutable Laws of Leadership menguraikan prinsip-prinsip penting yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif. Buku ini ditulis berdasarkan pada pengalaman Maxwell selama lebih dari 30 tahun dalam kepemimpinan dan pengembangan pribadi. Dia mengidentifikasi 21 hukum yang diyakini sangat penting bagi kesuksesan kepemimpinan. Di samping itu, dia juga memberikan panduan praktis tentang cara menerapkan setiap hukum

7. 12 Habits Of Valuable Employees

Mari kita tanyakan diri kita, apakah benar-benar kita ingin mengubah jejak karier dan mengembangkan potensi di tempat kerja, termasuk mencari peluang untuk memberikan kontribusi. Secara umum, buku ini mengisahkan orang-orang yang berhasil menjadi karyawan yang diandalkan. Didasarkan pada survei ratusan perusahaan, ditunjukkan hal-hal kecil yang membedakan antara karyawan yang memang kompeten dan B ajah! Melalui beragam kisah pendek, disajikan 12 kebiasaan utama yang mengarah pada pencapaian karir di tempat kerja.

8. Radical Respect

Melalui buku ini, Kim Scott memberikan panduan untuk menciptakan tempat kerja yang lebih kolaboratif dan menyenangkan dengan tujuan agar setiap orang dapat bekerja secara maksimal. Buku ini berakar pada konsep sederhana bahwa organisasi yang mengedepankan kolaborasi dan menghargai keunikan masing-masing  individu adalah tempat kerja yang sukses dan menyenangkan. Scott menyajikan sebuah kerangka kerja praktis yang bertujuan untuk membantu kita mengenali hambatan-hambatan terhadap terciptanya rasa hormat, serta memberikan saran-saran taktis tentang cara mengembalikan kondisi tersebut ke jalur yang diinginkan.

9. Advice Trap

Melalui buku ini, Michael Bungay Stanier membahas tentang kepemimpinan dan bagaimana memaksimalkan potensi tim. Stanier berfokus pada kecenderungan pemimpin untuk mudah memberikan saran yang dapat menghambat kreativitas dan inisiatif tim. Stanier berpendapat bahwa pemimpin harus fokus pada mengajukan pertanyaan yang membantu tim mereka berpikir mandiri dan menemukan solusi mereka sendiri.

***

Demikianlah Rekomendasyik buku tentang karir bagian pertama. Semoga melalui buku-buku di atas kita dapat meraih kesuksesan atas apa yang kita kerjakan.

Jika Bibliobesties hendak membaca Rekomendasyik Buku tentang karir bagian 2, baca di sini!

Jika kalian hendak membaca Rekomendasyik lainnya, temukan di sini!