ELTea Time: yang lokal, yang global

Bagikan Artikel

Berkat internet dan perkembangan teknologi, kita hidup dalam situasi glocal. Sejak memasuki Milenium Ketiga (Masehi), orang kadang mengutip adagium ini: Think globally, act locally. Berpikirlah secara menyeluruh, bertindaklah konkrit dalam konteks yang di depan mata. Inilah kunci untuk selalu relevan. Kita sekaligus warga lokal dan warga global. Voila!

Kata glocal jamak digunakan orang akhir-akhir ini.

Tapi, tahukah Anda apa arti kata glocal?

Yup! Tebakan Anda benar. Secara sederhana, bisa dikatakan bahwa glocal berarti sifat yang mengandung unsur global sekaligus local.

Menurut Oxford Languages, penyedia Google English Dictionary, kata “glocal” berarti “mencerminkan atau dicirikan oleh hal-hal lokal dan global.”

Bagaimana contohnya? Ketika memesan “gudeg” atau “mendoan” melalui aplikasi daring, kita mencerminkan sisi glokalisasi itu. Gawai canggih kita adalah sarana komunikasi global, selera lidah kita masih kental dengan yang lokal.

Dalam konteks pendidikan, bagaimana kita bisa melihat karakteristik glocal ini? Apakah ketika kita melakukan pembelajaran daring dengan mengenakan pakaian adat? Atau, ketika kita mengadakan pembelajaran sinkronus ternyata kita tidak tepat waktu memulai dan/atau mengakhiri juga termasuk di dalamnya? Atau yang bagaimana?

Mari bergabung pada acara ELTea Time! Hanya 30 menit saja. Obrolan ringan para Trainers Macmillan ini akan diselenggarakan pada:

Berdasarkan data dari penelitian terbaru Macmillan, TEAm akan memandu kita melalui diskusi tentang wawasan glocal yang akan meliputi:

Apa itu tren global?

Bagaimana guru beradaptasi?

Apa tantangan yang masih ada di Asia?

Bagaimana solusi untuk tantangan praktis?

Di mana sumber (resources) untuk keperluan proses pembelajaran bisa kita peroleh? Dan lain-lain.

Bagi yang ingin terlibat dalam diskusi santai bersama para pembicara, silahkan klik tombol di bawah ini:

Baca Juga :  Do Nothing

Mari ambil secangkir teh atau kopi favorit dan camilan sebagai penyerta. Kita ikuti obrolan ringan, cerdas dan bernas a la ELTea Time ini.

Sampai jumpa secara virtual!

Salam,

Periplus-Education-Team