Mengapa Studio Ghibli Begitu Populer?

Bagikan Artikel
Pendiri Studio Ghibli, Hayao Miyazaki, dan tokoh-tokoh rekaannya.

Hai, Periplusetiawati dan Periplusetiawan! Kalian sudah menyiapkan templat ucapan lebaran? Kalau belum, Perimin punya rekomendasi kartu pos dari Studio Ghibli, lho! Illustrasinya diambil dari karakter-karakter dalam film produksi Studio Ghiblis. Gambar-gambarnya keren, estetis, dan penuh fantasi!

Masih awam dengan Studio Ghibli? Ada yang pernah menonton anime berjudul My Neighbour Totoro (1988), Spirited Away (2001), Howl’s Moving Castle (2004), atau Ponyo (2008)? Kalau sudah, kalian sudah beberapa langkah lebih maju mengenal Studio Gibli. Ditambah lagi, jika ingat dengan tokoh roh pelindung pohon berbentuk perpaduan antara kucing-rakun-beruang-tikus raksasa berwarna abu-abu yang juga menggemaskan dan enak untuk dipeluk, langkah kalian pasti lebih jauh.

Betul! Makhluk gaib pelindung pohon itu dinamai oleh seorang tokoh utama dalam film itu sebagai Totoro. My Neighbour Totoro juga ditayangkan ulang oleh Disney pada 2006 yang lalu. Sungguh, Totoro tak dimungkiri adalah maskot abadi Studio Ghibli.

Dua penggawa utama Studio Ghibli adalah Hayao Miyazaki dan Isao Takahata. Mereka adalah sepasang animator dan sutradari film kartun. Pada 1985, mereka mendirikan sebuah studio animasi yang berbasis di daerah Kogaeni, Tokyo. Mereka berdua memilih nama Ghibli (dalam lafal Jepang dibaca “Jiburi”) karena terinspirasi fenomena angin yang melintasi Mediterania, dari Gurun Sahara ke Eropa sisi selatan. Angin yang berhembus ini dinamai “scirocco“, atau dalam Bahasa Libya, “ghibli“.

Duo Ghibli ini berharap studio kreatif mereka mampu membawa angin baru nan segar bagi dunia kartun Jepang yang sempat kurang greget pada medio 1980-an. Hingga kini, Miyazaki mempertahankan visual dua dimensi melalui tatanan desain, adegan, latar lokasi, dan karakter hasil tarian ujung pensil di tangan mereka. Hasil karya Studio Ghibli sungguh memanjakan, menyentuh, sekaligus khas banget.

Baca Juga :  Marketing 5.0: Technology for Humanity

Tipikal animasi Ghibli cenderung ke ranah petualangan yang sarat nilai moral, kemanusiaan, dan juga edukatif. Tak ayal, goresan gambar dan nilai yang ditawarkan menjadikan Ghibli naik daun sejajar dengan dua studio animasi lain yang juga tenar di jagat film, Disney dan Pixar.

Dari semua seriesnya, Perimin menobatkan Chihiro, tokoh utama dari film Spirited Away sebagai poros Gibhli. Menurut kalian, film dan karakter mana yang jadi favorit? Domo arigatou!