Sekolah Basis 2.0: Filsafat Pendidikan

14
Share
Sekolah Basis

Non scholae, sed vitae discimus

Kita belajar bukan untuk sekolah, tetapi untuk hidup

Tahun lalu, dalam rangka 70 Tahun Majalah Basis, Majalah Basis, KPG, dan Komunitas Utan Kayu mengadakan “Sekolah Basis” dari tanggal 1 – 10 Juli 2021. Tanpa disangka, sambutan masyarakat sangat membanggakan. Sepanjang sepuluh hari, para peserta zoominar mencapai antara 480 – 1.300 peserta. Meski tema-tema yang ditawarkan berat, para peserta antusias dengan acara ini. Dari polling sederhana yang kami lakukan, para peserta mengharapkan adanya “Sekolah Basis” lagi di tahun-tahun berikutnya. Untuk itu, kami hendak mengadakan lagi model diskusi dengan format yang kurang lebih sama. Temanya pun lebih membumi dan relate: Filsafat Pendidikan.

‘Sekolah Basis – Season Two‘ hendak menembusi fakta pendidikan guna mencari buah-buah reflektif yang bisa disumbangkan bagi kita semua sebagai anggota masyarakat yang concern dan ingin supaya bangsa Indonesia membaik dari hari ke hari. Posisi “Sekolah Basis” dalam soal pendidikan adalah jelas: mengajak masyarakat berpikir mendalam, mencari dasar-dasar pemikiran di seputar Pendidikan, dan bukan hanya berkutat dengan teknis praktis Pendidikan.

Lewat ‘Sekolah Basis’, kita akan membahas pemikir-pemikir besar (atau ide-ide besar yang menajdi fokus kajian nara sumber), termasuk di dalamnya membahas tawaran kedalaman si pemikir atau ide-ide tersebut sampai pada soal ‘implikasi’.

Kali ini dengan menggandeng Periplus dan Perkumpulan Strada, baik Majalah Basis, Kepustakaan Populer Gramedia, dan Komunitas Utan Kayu mengajak Anda semua untuk turut bergabung dalam 7 diskusi. Dalam diskusi, kita akan ditemani tokoh dan pakar yang sungguh menaruh hati dan budi pada tema Filsafat Pendidikan.

1. Pierre Bourdieu: Habitus, Kapital Budaya, dan Pendidikan

Sekolah Basis Musim Kedua Pierre Bourdieu _ Habitus

Selasa, 3 Januari 2023

Dr. J. Haryatmoko & Dr. Risa Permana Deli

2. Jürgen Habermas dan Komunikasi

Sekolah Basis Musim Kedua Jürgen Habermas dan Komunikasi

Rabu, 4 Januari 2023

O. Bei Witono SJ & Prof. Dr. F. Budi Hardiman

3. Agama Di Ruang Publik

Sekolah Basis Musim Kedua Agama di Ruang Publik

Kamis, 5 Januari 2023

Dr. A. Bagus Laksana & Dr. Zainal Abidin Bagir

4. Stoikisme: Pendidikan sebagai Askesis

Sekolah Basis Musim Kedua Stoikisme_ Pendidikan sebagai Askesis

Jumat, 6 Januari 2023

Dr. A. Setyo Wibowo & Henry Manampiring

5. Paolo Freire: Pendidikan Orang Tertindas

Sekolah Basis Musim Kedua Paolo Freire_ Pendidikan Edit Orang Tertindas

Sabtu, 7 Januari 2023

Dr. C.B. Mulyatno & Ibu Sri Wahyaningsih  

6. Estetika Adorno: Musik, Masyarakat, dan Pendidikan

Sekolah Basis Musim Kedua Estetika Adorno

Minggu, 8 Januari 2023

Karina Andjani & Sri Hanuraga

7. Rabindranath Tagore & Kemerdekaan Belajar

Sekolah Basis Musim Kedua Rabindranath Tagore

Senin 9 Januari 2023

Prof. Dr. Sudiarja & Prof. Dr. Anita Lie

Para peserta yang mengikuti semua diskusi slot88 Sekolah Basis 2.0 ini akan mendapatkan sertifikat dari Sekolah Basis sebagai bentuk dari apresiasi terhadap antusiasme insan pembelajar. Diskusi akan dilakukan secara daring dengan platform Zoom Webinar. Narasumber akan hadir juga dalam bentuk video yang ditanggapi oleh penanggap tertunjuk. Harapannya, semua materi yang disampaikan melalui Sekolah Basis 2.0 ini akan menjadi naskah yang diterbitkan oleh Majalah Basis.