Wizarding World – Rekomendasi Buku Ilustrasi Harry Potter

0
Share
Buku Wizarding World Rekomendasi Buku Ilustrasi Harry Potter Buku Wizarding World

Alam fiksi Wizarding World yang berawal dari petualangan Harry Potter dan dua sahabatnya, Ron dan Hermione, menjelma menjadi salah satu pop culture yang dihidupi lintas generasi. Lebih dari dua dekade, segala hal yang merujuk pada karya J.K. Rowling ini dimanifestasi ke dalam beragam bentuk. Ada yang bertumbuh di dunia industri musik, fesyen, taman hiburan keluarga, film, gim, buku-buku tentang Harry Potter atau Buku Wizarding World, sampai ekosistem dalam beragam komunitas.

Pada 1997, Wizarding World dikenal luas lewat novel Harry Potter Dan Batu Bertuah. Fiksi fantasi ini mengawali 7 jilid petualangan Harry Potter di Sekolah Sihir Hogwarts. Sebagai sebuah akademia, Hogwarts bukan satu-satunya sekolah khusus. Ada Castelobruxo di Brazil, ada Mahoutokoro di Jepang, Uagadou di Afrika, Beauxbatons di Perancis, Durmstrang di Eropa bagian Utara, juga ada Ilvermony di Amerika Serikat yang diperkenalkan lewat narasi Fantastic Beasts.

Sebagai sebuah pop culture, cerita Harry Potter tidak berhenti hanya pada bentuk tulisan fiksi fantasi. Sang penulisnya, J.K. Rowling pun berkolaborasi bersama beragam seniman-seniman jenius untuk menghidupkan imajinasi Harry Potter dalam Wizarding World ke dalam dunia visual. Di sini, Miraphora Mina dan Eduardo Lima dari House of MinaLima merangkai keajaiban melalui teknologi dan arsitektur kertas. Ada Jim Kay yang menyajikan ilustrasi dua dimensi kaya warna yang berkarakter. Melalui tulisan ini, Perimin mau berbagi rekomendasyik buku-buku ilustrasi Harry Potter yang bakal menjadi pilihan tepat untuk semakin membuat rak bukumu bak Wizarding World.

1. Harry Potter and the Order of the Phoenix: The Illustrated Edition

Buku Wizarding World Periplus Blog 9780545791434 Harry Potter and the Order of the Phoenix_ The Illustrated Edition Buku Wizarding World

ISBN-13: 9780545791434

Edisi ilustrasi dari buku ke-5 Harry Potter dan Ordo Phoenix buah goresan Jim Kay ini memperkuat alur cerita dan penokohan di dalamnya. Bersama Neil Packer, buku ilustrasi ini menjadi semakin kaya warna dan ikonik, terlebih bagaimana kedua seniman ini menghidupkan karakter Nymphadora Tonks, Luna Lovegood, sampai Thestral. Dengan format yang besar, kualitas, dan ketebalan kertas yang elegan, buku ini bisa menjadi edisi yang sempurna bagi para Potterhead lintas generasi.

2. A Movie Scrapbook: Hogwarts

Periplus Blog 9781526605412 A Movie Scrapbook_ Hogwarts

ISBN-13: 9781526605412

Jody Revenson turut berpartisipasi dalam menghidupkan visualisasi film serial Harry Potter melalui A Movie Scrapbook buatannya. Dari tangannya, terlahir desain-desain scrapbook yang membantu para Potterhead memahami fantasi Harry Potter, mulai dari satwa gaib, karakter-karakter yang kuat, mantra dan ramuan, sampai tempat-tempat historik. Melalui scrapbook Hogwarts ini, Jody memperkenalkan sudut-sudut Hogwarts yang ditampilkan dalam film Harry Potter secara detil.

3. Destroy the Horcruxes

Periplus Blog 9781338767636 Destroy the Horcruxes

ISBN-13: 9781338767636

Buku aktivitas Destroy the Horcruxes ini menggambarkan pertarungan antara Harry Potter dan Tom Marvolo Riddle atau yang lebih dikenal sebagai I Am Lord Voldemort. Horcrux sendiri adalah barang atau mahkluk hidup sebagai wadah di mana seorang penyihir menyembunyikan bagian dari jiwanya agar tetap abadi. Di dalam cerita Harry Potter, ada 7 Horcrux yang dimiliki oleh Voldemort. Ada Buku Harian Tom Riddle, Cincin Marvolo Gaunt, Liontin Salazar Slytherin, Piala Helga Hufflepuff, Mahkota Rowena Ravenclaw, Nagini, dan … Harry Potter sendiri. Di dalam buku ini, kamu diajak untuk menghancurkan setiap Horcrux dengan beragam cara. Rupanya, buku ini membantu Potterhead juga untuk menghadapi stres.

4. Harry Potter and the Chamber of Secrets: MinaLima Edition

Periplus Blog 9781526637888 Harry Potter and the Chamber of Secrets_ MinaLima Edition

ISBN-13: 9781526637888

Miraphora Mina dan Eduardo Lima dari House of MinaLima kembali memenuhi kerinduan imajinasi visual para Potterhead dengan menghadirkan keajaiban teknologi konstruksi kertas. Keduanya adalah salah satu desainer grafis asli merampungkan karya visual dari serial film Harry Potter™ dan Fantastic Beasts. Penataan ulang versi ilustrasi yang benar-benar baru ini memberikan perspektif baru dalam dunia sihir. Dengan seni rekayasa kertas interaktif, para Potterhead bisa melakukan perjalanan melalui Jaringan Floo, menemukan Dedalu Perkasa, membuka tangga spiral ke kantor Dumbledore dan bahkan menarik Mandrake dari pot! Di dalamnya, terdapat 150 ilustrasi kaya warna dalam balutan 8 seni kertas yang interaktif.

5. Quidditch Through the Ages – Illustrated Edition

Periplus Blog 9781526608123 Quidditch Through the Ages - Illustrated Edition

ISBN-13: 9781526608123

Emily Gravett hadir dan menemani J. K. Rowling dalam misinya memperkenalkan olahraga atau permainan Quidditch yang sedemikian digandrungi di Wizarding World kepada kita, para Muggle. Goresan Gravett dalam menggambarkan detil Quidditch, termasuk di dalamnya sejarah, perlengkapan, aturan, atlet, sampai jenis-jenis sapu terbang yang digunakan. Dengan beragam gaya artistik, mulai dari model permadani abad medieval sampai aliran modern, Gravett membuat buku ini menjadi lebih hidup dan layak dikoleksi, sebagai sebuah buku, sekaligus ornamen dekorasi rumah.

6. Harry Potter: A Magical Year

Buku Wizarding World Periplus Blog 9781526640871 Harry Potter_ A Magical Year Buku Wizarding World

ISBN-13: 9781526640871

Bagi mereka yang sempat terpikat oleh pesona Wizarding World dan kisah hidup The Boy Who Lived, buku ini adalah buku yang wajib ada di rak. Bagaimana tidak, buku ini merangkum hari-hari penting dan bermakna dalam semesta novel Harry Potter? Belum lagi kalau bicara soal ilustrasi yang ditorehkan Jim Kay yang memesona. Harry Potter Magical Year akan menemani hari-hari para Potterhead yang penuh sihir dan keajaiban.

7. Marauder’s Map Guide to Hogwarts

Buku Wizarding World Periplus Blog 9781338252804 Marauder's Map Guide to Hogwarts

ISBN-13: 9781338252804

Semua Potterhead sudah pasti berharap Peta Perampok ini nyata bak Google Maps yang bisa menunjukkan kondisi di sekitar. “Saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya bermaksud tidak baik,” inilah kalimat sakti sebelum kita mengawali perjalanan dengan bimbingan Peta Perampok. Melalui buku ini, para pembaca bisa merasakan serunya menjelajah lorong-lorong dan menemukan titik-titik buta sekaligus rahasia di dalam Hogwarts. Dengan bentuk yang mirip perkamen tua, pengalaman beraktivitas dengan buku ini bakal nampak dan terasa nyata. Akhirnya, berani berucap, “Mischief managed!”

8. The Tales of Beedle the Bard – Illustrated Edition: A Magical Companion to the Harry Potter Stories

Periplus Blog 9781526637895 The Tales of Beedle the Bard – Illustrated Edition_ A Magical Companion to the Harry Potter Stories Buku Wizarding World

ISBN-13: 9781526637895

The Tales of Beedle the Bard adalah kumpulan dongeng dari dunia sihir dengan tambahan cerita dan polesan dari Albus Dumbledore. Cerita Beedle the Bard sendiri adalah bacaan yang merangkum cerita tradisional yang menggambarkan tentang kebaikan sekaligus kerakusan para penyihir.

9. Harry Potter: Hedwig Pop-Up Advent Calendar

Periplus Blog 9781647227609 Hedwig Pop-Up Advent Calendar

ISBN-13: 9781647227609

Matthew Reinhart, salah seorang seniman seni kertas memukau para Potterhead dengan menghadirkan Hedwig ke dalam suasana hari raya sekaligus liburan. Para kolektor kalender adven ini diajak untuk mempersiapkan Natal selama 25 hari dengan hadiah eksklusif bertema Harry Potter dengan pohon pop-up yang indah! Terdapat juga di dalamnya, fakta-fakta tentang film serial Harry Potter. Meriah dan interaktif! Harry Potter: Hedwig Pop-Up Advent Calendar menjadi salah satu cara untuk merayakan liburan bersama salah satu bestis magis yang paling dikangenin di Wizarding World!

***

Inilah 9 rekomendasi buku ilustrasi Harry Potter, Buku Wizarding World, yang layak BiblioBestie koleksi guna semakin menyemarakkan ruang Me Time’mu!