Buku untuk Sehat Seluruhnya

0
Share
Rekomendasyik Buku untuk Sehat Seluruhnya

Badan dan jiwa yang sehat seluruhnya dipercaya banyak orang berharga melebihi segala macam emas dan permata. Mungkin pula, kesehatan melebihi nominal tabungan saham dan uang kripto. Kesehatan yang menyeluruh—populer dengan kata holistik—meliputi kesehatan jiwa dan raga. Nah, sejauh pengetahuan Perimin yang terbatas, semakin ke sini, kesadaran dan perhatian pada kesehatan jiwa semakin pula menguat. Maka, dari situlah, Perimin memilih lima buku untuk sehat seluruhnya.

Setelah menikmati libur Lebaran yang syahdu dan penuh maaf-memaafkan—selain juga makanan lezat bersantan sarang kolesterol jahat dan pertanyaan horor: “Kapan kawin?”—inilah saat yang tepat untuk meyakini bahwa merawat kesehatan, baik mental maupun spiritual adalah perwujudan iman. Perimin tentu saja sudah memilihkan bacaan untuk Bibliobesties kesayangan untuk diselami dan dicecap ilmunya. Nah, pada kesempatan ini Perimin mencoba memilah dan memilih lima buku tentang merawat jiwa dan badan yang sehat seluruhnya. Yuk, mari!

1. Set Boundaries, Find Peace

Kesehatan mental sering kali dipengaruhi oleh hubungan dengan orang lain. Sayangnya, tidak jarang hubungan orang lain bersifat toksik. Maka, Nedra Glover Tawwab menyajikan gagasan bagaimana kita menjalin hubungan dengan orang lain secara sehat dengan cara menetapkan batasan-batasan. Lewat buku ini, kepada kita disajikan berbagai teknik untuk menanggulangi persoalan saling ketergantungan, kekuasaan, kecemasan, depresi, dan kelelahan dalam hubungan dengan orang lain.

2. Drama Free

Nedra Glover Tawwab sebelumnya menghadirkan gagasan yang lebih sehat dalam menjalin hubungan dalam Set Boundaries, Find Peace (2021). Kini, melalui Drama Free (2023), ia hadir dengan gagasan bagaimana caranya untuk berdamai dengan trauma psikologis dalam hubungan keluarga. Di dalam buku terbaru Tawwab, kepada kita ditawarkan cara hidup tanpa “drama keluarga”, seperti absennya peran orang tua hingga menjalin hubungan emosional yang sehat dengan saudara sekandung.

3. Karma

Dalam Karma (2021), Sadhguru berusaha untuk menempatkan Anda kembali di kursi pengemudi, mengubah kita dari penumpang yang dilanda teror menjadi pengemudi yang percaya diri. Dengan hidup secara sadar dan sepenuhnya menghuni setiap saat, kita dapat membebaskan diri dari siklus penderitaan. Buku bisa dijadikan manual sekaligus jalan eksplorasi untuk mengembalikan pemahaman kita tentang karma ke potensi aslinya, untuk mencecap kebebasan dan pemberdayaan.

4. Change Your Brain Every Day

Banyak ahli yang meyakini bahwa otak adalah organ manusia yang paling misterius. Daniel Amen membagikan pengalamannya sebagai dokter spesialis gangguan otak sekaligus psikiater dalam Change Your Brain Every Day. Buku ini akan memberi wawasan tentang bagimana memperkaya kehidupan sehari-hari dengan mengelola pikiran demi kebahagiaan, kedamaian batin, dan kesuksesan dalam hidup.

5. The Body Keeps the Score

Trauma bisa jadi adalah hal yang tak terhindarkan di dalam hidup kita. Untuk itulah Dr. Bessel van der Kolk yang merupakan pakar trauma terkemuka menulis buku ini. Ia telah menghabiskan waktu selama lebih dari tiga decade melakukan penelitian dan membantu hidup para penyintas trauma. Buku ini menyingkap berbagai macam metode dan eksplorasi untuk meretas jalan baru dalam memulihkan hidup para penyintas trauma.

***

Nah, demikianlah rekomendasi buku-buku untuk sehat seluruhnya dari Perimin. Semoga, rekomendasi buku-buku ini bisa membantu Bibliobesties semua mencari kepenuhan jiwa dan raga. Sebab, harta yang paling berharga selain keluarga adalah kesehatan jiwa dan raga.

Salam!