15 Buku Terlaris di Periplus.com Sepanjang Maret 2024

0
Share
15-Buku-Terlaris-Sepanjang-Maret-2024

Hai Bibliobesties, kali ini Perimin akan membagikan Rekomendasyik 15 buku terlaris sepanjang Maret 2024. Jika melihat daftar ini, ada beberapa buku yang terangkat kembali setelah filmnya sempat ramai dibicarakan di berbagai platform. Selain fiksi, ada juga beberapa buku sejarah yang melihat pergulatan revolusi indonesia. Ada juga buku yang memperkenalkan anak-anak pada budaya Idul Fitri. Sungguh sangat fariatif dan tentunya buku-buku ini sangat menggairahkan untuk di baca. Penasaran buku apa saja yang masuk kategori terlaris di Periplus.com?

Berikut 15 buku terlaris di Periplus.com sepanjang Maret 2024.

1. Dune

Konon, di antara jutaan planet di alam semesta, terdapat sebuah planet tandus yang tersusun oleh hamparan pasir. Di sana, air menjadi barang yang lebih berharga daripada uang. Itulah Planet Arrakis atau sering dikenal sebagai Dune. Arrakis menjadi rebutan karena mengandung rempah-rempah langka bernama melange, yang memiliki banyak khasiat dan menjadi bahan bakar penting dalam semesta Dune. Keluarga Atreides ditugaskan untuk mengelola tambang melange di Arrakis, menggantikan Harkonnens yang kejam. Dalam masa pergantian kekuasaan ini, Atreides mengalami pengkhianatan dan hampir musnah. Paul dan Lady Jessica, ibunya, harus bertahan hidup di gurun bersama Fremen, penduduk asli Arrakis.

2. Dune Messiah

Dune Messiah melanjutkan kisah Paul Atreides, yang naik ke tampuk kekuasaan sebagai Muad’Dib, mesias yang dinubuatkan oleh kaum Fremen di planet gurun Arrakis. Kini Paul telah menjadi Kaisar di alam semesta. Dalam kepemimpinanya ini, Paul bergulat dengan beban kekuasaan yang sangat besar dan pengabdian fanatik yang diilhami olehnya.

3. The Woke Salaryman Crash Course on Capitalism & Money

The Woke Salaryman Crash Course on Capitalism & Money adalah sebuah buku yang menyelidiki berbagai aspek, dari keuangan pribadi, ekonomi, sosiologi, hingga psikologi guna menyampaikan konsep uang dan kapitalisme secara jelas dan singkat. Buku ini dirancang khusus untuk lulusan baru yang sedang menghadapi tantangan pertama mereka dalam memahami dunia keuangan.

4. Ramadan: A Holy Month

Ramadan: A Holy Month (Little Golden Book) adalah buku cerita bergambar yang memperkenalkan anak-anak pada bulan suci Ramadhan. Buku ini bercerita tentang seorang gadis muda bernama Amira saat dia mengalami Ramadhan untuk pertama kalinya. Amira belajar tentang arti bulan suci Ramadhan, bagaimana berpuasa dan shalat Tarawih. Dia juga belajar tentang pentingnya keluarga, komunitas, dan memberi kembali. Buku ini disajikan dengan warna serta ilustrasi yang menarik, bahasa yang digunakan pun sederhana, sehingga akan mudah dipahami oleh anak-anak.

5. Avatar, the Last Airbender: The Kyoshi Novels

Avatar, the Last Airbender: The Kyoshi Novels terdiri dari dua novel, The Rise of Kyoshi dan The Shadow of Kyoshi. Dalam The Rise of Kyoshi, diceritakan mengenai asal-usul Kyoshi, Avatar yang lahir di Kerajaan Bumi. Sebagai Avatar yang memiliki umur terpanjang dalam sejarah dunia, Kyoshi dikenal karena membentuk Prajurit Kyoshi. Selain itu, Kyoshi juga mendirikan Dai Li yang membuat kekacauan bahkan menjadi penyebab kejatuhan bangsanya sendiri. Dalam The Shadow of Kyoshi, kita akan melihat posisi Kyoshi sebagai Avatar yang sejati akhirnya dikukuhkan, meski dengan pengorbanan yang besar.

6. The Book You Wish Your Parents Had Read

Singkat, padat, namun mengena. Anak-anak adalah peniru yang sempurna. Apa yang mereka lakukan, sepenuhnya cermin dari apa yang orang tua mereka lakukan. Masalahnya, berapa banyak orang tua yang sungguh memedulikan cara parenting mereka? Mereka bersikap acuh tak acuh pada apa yang mereka lakukan sebagai orang tua, karena tidak punya banyak waktu memikirkannya. Beragam alasan lain bisa disodorkan. Yang paling jamak, mungkin, karena mereka sangat sibuk dengan pekerjaan dan aktivitasnya.

7. The Qur’an

The Qur’an adalah terjemahan Al-Qur’an yang diterjemahkan oleh Oxford World’s Classics. Terjemahan ini dinilai akurat dan terbebas dari kekunoan, ketidaksesuaian serta struktur asing yang dapat merusak makna terjemahan. Dengan demikian, The Qur’an menjadi kali pertama bagi pembaca berbahasa Inggris untuk memiliki akses pada teks Al-Qur’an yang mudah dipahami. Terjemahan ini juga dilengkapi dengan catatan-catatan yang menjelaskan konteks geografis, sejarah, dan personal, serta indeks untuk memudahkan rujukan. Pengantar menyajikan sejarah Al-Qur’an, menganalisis struktur dan ciri stilistiknya, serta mempertimbangkan isu-isu seperti militansi, intoleransi, dan penindasan terhadap perempuan.

8. Busy Eid

Busy Eid adalah sebuah buku papan yang dirancang khusus untuk anak-anak balita dan prasekolah. Buku ini memanfaatkan elemen-elemen interaktif seperti tab dorong, tarik, dan geser untuk menarik perhatian pembaca muda terhadap kisah tentang keluarga yang merayakan Idul Fitri. Busy Eid media yang baik untuk memperkenalkan anak-anak kecil pada tradisi dan budaya Idul Fitri. Selain itu, buku ini juga mengajarkan mereka nilai-nilai tentang keluarga, komunitas, dan pentingnya merayakan momen-momen istimewa.

9. I Hope This Doesn’t Find You

Novel karya Ann Liang ini menceritakan Sadie yang tampak frustasi menjadi kehidupannya sebagai siswi terkenal di Akademi Woodvale yang sangat bergengsi. Layaknya remaja pada umumnya, Sadie selalu berusaha tampil dengan senyum yang merekah. Dia tuliskan semua frustasinya pada sebuah draft email dengan tujuan agar tersembunyi, soal guru matematika yang menolak membulatkan nilai 89nya menjadi 90nya, siswi lain yang mendapatkan pujian pada memplagiat tugas sains Sadie, keangkuhan seseorang bernama Julius Gong, dan beberapa kejadian lain. Maksud hati menyembunyikan draft pesan surelnya, malah email ini pun … terkirim! Seluruh hidupnya pun berubah.

10. Children of Dune

Children of Dune adalah buku ketiga dalam saga Dune, novel fiksi ilmiah karya Frank Herbert. Novel ini menceritakan kisah Leto dan Ghanima Atreides, anak kembar Paul Muad’Dib. Leto dan Ghanima, yang memiliki kemampuan unik, menjadi pion dalam perebutan kekuasaan. Cengkeraman Alia Atreides pada kekaisaran melemah saat dia semakin bergantung pada visi kenabian anak kembar itu. Ancaman muncul dari dalam dinasti Atreides dan dari kekuatan luar yang berusaha untuk menggulingkan rezim.

11. The Orange and Other Poems

Kumpulan puisi karya Wendy Cope ini banyak membilang soal cinta. Wendy yang dikenal sebagai penyair paling jenaka di Inggris ini bicara soal cinta dengan bahasa poetik yang dijamin membuat para pembacanya berhasil menertawakan refleksi tentang cinta dan kehidupan. Bak cogito ergo sum miliki Descartes, Wendy hendak merangkumnya dalam satu pesan filosofis: Aku mencintaimu, maka aku ada! 

12. Breasts and Eggs

Lewat Breasts and Eggs, Mieko Kawakami seolah mengajukan gugatan, sekaligus merangsek pada gagasan tentang tubuh melalui sepasang metafora: payudara dan telur. Buku yang tersusun dari dua novela yang tetap memelihara pergulatan hidup tiga tokohnya—ketiganya wanita—berdinamika dengan persoalan kontemporer para wanita Negeri Matahari Terbit. Novel yang intim ini mengungkap kerinduan sekaligus ketakberdayaan wanita di zaman yang menggelinding begitu saja, entah ke mana.

13. A Tempest of Tea

Satu lagi novel remaja dari penulis buku terlaris New York Times, We Hunt the Flame, yang mengisahkan seorang gadis yatim piatu yang siap melakukan apapun untuk menyelamatkan “kerajaan” yang didirikannya sendiri. Arthie Casimir adalah seorang pencuri  terampil yang menyimpan banyak informasi dan rahasia. Kedai teh bergengsi miliknya berubah bersimbah darah ilegal pada malam hari karena melayani pelanggan khusus: para vampir. Saat usahanya terancam, Arthie terpaksa melakukan perjanjian dengan kompetitor. Arthie menyusun rencana untuk menyusup ke dalam Anthereum, koloni vampir jahat. Arthie mendapati dirinya berada di tengah konspirasi yang akan mengancam dunianya.

14. Omniscient Reader’s Viewpoint, Vol. 2

Omniscient Reader’s Viewpoint adalah manhwa dengan narasi fiksi apokaliptik bernuansa fantasi. Manhwa ini ditulis oleh penulis Korea dengan nama pena Sing Shong dengan tokoh utama seorang pemuda bernama Kim Dokja. Sebagai lelaki28 tahun karyawan medioker bin nolep, Kim Dokja telah membaca novel daring berjudul Ways of Survival sampai tuntas selama 14 tahun! Secara tiba-tiba, dunia Kim Dokja berubah menjadi persis seperti yang ada dalam Ways of Survival yang dibacanya, lengkap dengan beragam makhluk mengerikan dan kekuatan ajaib.

15. Revolusi

Buku ini bercerita tentang periode pergolakan dan kekerasan di Indonesia setelah Perang Dunia II. Ketika Jepang terpontang-panting karena serangan sekutu pada 1945, para nasionalis Indonesia mendesak untuk mendeklarasikan kemerdekaan. Namun, Belanda yang telah memerintah Indonesia selama lebih dari 300 tahun, tidak bisa menerima Indonesia menjadi negara yang merdeka. Hasilnya, perang berdarah berlangsung selama empat tahun dan merenggut nyawa lebih dari 100.000 orang.

***

Demikianlah Rekomendasyik 15 buku terlaris di Periplus.com sepanjang Maret 2023. Semoga daftar buku terlaris ini bisa membantu Bibliobestis menambah daftar bacaan selama sebulan ke depan.

Jika Bibliobesties hendak membaca Rekomendasyik lainnya, temukan di sini!