Melihat Dinamika Politik Global Lebih Dekat

0
Share

Pergolakan politik global belakangan ini telah menjadi sorotan bagi masyarakat dunia. Mulai dari dinamika kekuatan yang rumit antara China dan Amerika Serikat hingga ketegangan yang semakin meningkat melibatkan Iran, pergerakan geopolitik ini memiliki implikasi yang mendalam bagi tatanan dunia. Untuk memahami dinamika ini, diperlukan pengamatan yang tajam dan telaah mendalam terhadap konteks sejarah, nuansa budaya, serta perhitungan strategis yang mempengaruhi manuver geopolitik ini. Melihat kompleksitas ini, membaca literatur yang berwawasan menjadi suatu keharusan. Nah, kali ini Perimin bertujuan menyajikan sederetan buku yang menawarkan sudut pandang untuk memahami jalinan yang rumit dari dinamika politik global dan mengungkapkan kekuatan yang membentuk dunia kita saat ini.

Berikut Rekomendasyik tujuh buku untuk melihat dinamika politik internasional lebih dekat.

1. End of History and the Last Man

Buku ini adalah salah satu opus magnum Francis Fukuyama, pemikir politik-ekonomi Amerika Serikat. Fukuyama merefleksikan situasi zamannya, yang berada di ujung abad ke-20, dan ditandai dengan dua peristiwa penting: situasi Perang Dingin dan runtuhnya Tembok Berlin. Dunia seolah berada dalam ketidakpastian yang menjelang di depan mata. Fukuyama seolah membawa ramalan, lengkap dengan tantangan dan persoalan, tentang zaman baru yang akan datang terhadap negara-negara modern berasas demokrasi liberal. Kini hadir degan kata penutup baru, The End of History and the Last Man menyajikan perkara besar yang masih relevan dan tetap provokatif, meskipun buku ini terbit untuk pertama kali pada 32 tahun silam.

2. The New Cold War

Dalam buku ini, Robin Niblett membahas kompetisi global antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang dianggap sebagai bentuk baru dari Perang Dingin. Niblett menjelaskan bahwa pertarungan antara kedua negara ini mencakup semua instrumen kekuatan negara, termasuk diplomasi, teknologi, kekuatan militer, intelijen, perdagangan, hingga investasi. Taiwan disebutkan sebagai titik panas potensial dalam konflik ini. Niblett menyoroti sepuluh perbedaan utama antara Perang Dingin baru ini dengan yang terjadi antara AS dan Uni Soviet di abad ke-20, serta menawarkan lima aturan untuk menavigasi konflik ini. Buku ini menekankan pentingnya mempelajari pelajaran dari sejarah untuk menghindari perang besar yang dapat menghancurkan dunia.

3. How to Lose a War

How to Lose a War: The Story of America’s Intervention in Afghanistan mengulas sejarah intervensi Amerika Serikat di Afghanistan dari peristiwa 9/11 hingga penarikan pasukan NATO baru-baru ini. Amin Saikal, seorang ahli terkemuka dalam hubungan internasional dan politik Timur Tengah, menyelami kegagalan dan kesalahan strategis yang menandai keterlibatan AS di Afghanistan. Dia memberikan uraian rinci tentang mengapa intervensi ini akhirnya gagal dengan menekankan ketidaksesuaian antara ambisi AS dan realitas lapangan, yang diperparah oleh ketidakmampuan serta korupsi politik lokal.

4. Iranian Revolutionary Guard Corps

The Iranian Revolutionary Guard Corps: Defining Iran’s Military Doctrine  mengeksplorasi Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) dan pasukan Qudsnya. Buku ini berfokus pada perkembangan IRGC setelah Revolusi Iram dan keterampilan mereka mengubah doktrin pertahanan iran untuk berperang tidak konvensional yang menentang AS dan Barat. Bab-bab dalam buku ini membahas tentang kelahiran IRGC, perkembangan politik dan pengaruhnya di dalam Iran, hubungannya dengan milisi dan organisasi teroris seperti Hizbullah, dan keterlibatannya di Yaman dan Irak. Keshavarz menghadirkan pengetahuan langsung tentang apa yang dicari oleh lembaga-lembaga pemerintah sehubungan dengan IRGC, menguraikan kemampuan perang hibrida Iran yang sering disalahpahami atau dilewatkan begitu saja oleh AS dan Barat, untuk memberikan analisis kebijakan luar negeri yang mengidentifikasi tantangan kemampuan tidak teratur Iran dan langkah-langkah yang diperlukan untuk memeranginya.

5. China’s World

Dalam dekade mendatang, tindakan Tiongkok di panggung dunia akan memiliki dampak yang signifikan bagi masyarakat global. Sebagai negara dengan populasi dan PDB terbesar di dunia, terdapat kekhawatiran akan meningkatnya ketegasan Tiongkok dalam kebijakan-kebijakan luar negerinya. Dalam konteks ini, Kerry Brown melakukan penelitian tentang kebijakan luar negeri Tiongkok yang mencakup berbagai aspek, termasuk persaingan dengan Angkatan Laut AS di Laut Cina Selatan serta konflik militer yang melibatkan Tiongkok, disertai dengan investasi besar dalam bidang perang cyber. Selain itu, Brown juga mengevaluasi rencana ambisius Tiongkok dalam menciptakan ‘Jalur Sutra Baru’ di Asia Tengah, yang merupakan salah satu proyek infrastruktur terbesar dalam sejarah modern.

6. Iran and the West

Buku ini mencoba memetakan hubungan yang penuh konflik dan kompleks antara Iran dan Barat dengan mengkaji berbagai cara kedua belah pihak saling memandang selama berabad-abad. Dalam membahas hubungan ini, David Bagot dan Margaux Whiskin mempertimbangkan representasi sastra, imajinatif, mitis, visual, filmik, politik, dan sejarah tentang ‘yang lain’, serta bagaimana representasi tersebut dibentuk dalam konteks sejarah tertentu, dan seringkali di luar konteks tersebut. Narasi-narasi ini, yang sering kali berasal dari jaman kuno, telah diubah, didaur ulang, dan dimanipulasi untuk memenuhi agenda tertentu di sepanjang sejarah. 

7. The Republic: The Essential Philosophical Dialogue

The Republic bisa dikatakan sebagai salah satu buku paling berpengaruh dalam sejarah peradaban umat manusia. Buku ini adalah susunan dialog-dialog Platon tentang bagaimana manusia bisa hidup dalam tatanan organisasi. Secara khusus, dialog-dialog ini mengarah pada penyelidikan gagasan tentang politik, etika, keadilan, hingga hakikat dalam bernegara. Edisi ini menjadi menarik karena hadir dalam versi ringkas dan diedit untuk alam pemikiran para pembaca modern.

***

Demikianlah rekomendasyik tujuh buku untuk melihat dinamika politik yang tengah terjadi panggung internasional. Semoga melalui buku-buku di atas kita mendapat sedikit pencerahan dari dinamika politik internasional yang kian hari kian tidak menentu.

Jika Biblioesties hendak membaca rekomendasyik lainnya, temukan di sini!