8 Novel Terbaik yang Terinspirasi dari Mitologi

0
Share
8 Novel Terbaik yang Terinspirasi dari Mitos dan Legenda

Hai Bibliobesties! Apakah kamu adalah orang yang tertarik dengan kisah-kisah mitos yang penuh misteri dan keajaiban? Hingga saat ini, mitos selalu mempunyai daya tarik tersendiri. Kisah-kisah tentang dewa-dewi, makhluk mitologi, dan peristiwa supranatural telah menginspirasi manusia selama ribuan tahun. Tak heran jika banyak penulis yang tergoda untuk mengadaptasi mitos-mitos klasik ke dalam karya sastra modern. Nah, pada kesempatan kali ini Perimin akan membagikan rekomendasyik novel terbaik yang terisnpirasi dari mitologi.

Berikut delapan novel terbaik yang terinspirasi dari mitologi a la Perimin.

1. Darker by Four

Darker by Four oleh June Tan adalah duologi fantasi epik yang menggabungkan elemen dari *The Shadowhunter Chronicles* dengan cerita rakyat Tiongkok. Dalam cerita ini, Rui bertekad membalas dendam atas kematian ibunya, tetapi kehilangan kemampuannya ketika sihirnya berpindah ke Yiran, yang merasa tidak nyaman tanpa kekuatan tersebut. Rui kemudian menyadari bahwa dia mungkin memiliki kunci untuk menemukan dewa kematian yang hilang dan membuat kesepakatan berisiko dengan seorang Raja. Ketika nasib mereka saling terkait, mereka harus menghadapi ancaman kiamat yang akan datang.

2. Dragonfruit

Dalam novel fantasi romantis oleh Makiia Lucier yang terinspirasi oleh mitologi Kepulauan Pasifik, Hanalei, yang terasing setelah ayahnya mencuri telur naga laut, menemukan hiburan dalam mempelajari naga laut. Ketika seekor naga menawarkan kesempatan untuk kembali ke rumah dan memperbaiki kesalahan masa lalunya, Hanalei harus menjalani perjalanan berbahaya. Sementara itu, Samahtitamahenele (Sam), pangeran terakhir Tamarind, harus memilih antara menikah atau menemukan obat untuk ibunya yang sakit. Ketika Hanalei dan Sam mencari buah naga, mereka menghadapi musuh berbahaya yang terkait dengan buah tersebut.

3. We Shall Be Monsters

Dalam fantasi gelap yang memadukan Frankenstein dengan mitologi India ini, kengerian sesungguhnya adalah monster yang kita ciptakan. Kajal, yang tidak ingin membiarkan saudara perempuannya Lasya beristirahat dengan tenang, mempertaruhkan jiwanya untuk menghidupkannya kembali meskipun mengetahui bahaya dan keegoisan tindakannya.

4. The Encanto’s Daughter

Dalam novel fantasi romantis remaja oleh Melissa de la Cruz, MJ Rodriguez menghadapi tantangan besar setelah kematian mendadak ayahnya, Raja Vivencio dari Istana Sirena. Sebagai pewaris sah, MJ harus mengklaim takhta sambil menyembunyikan identitasnya sebagai penyihir setengah manusia. Dia berjuang melawan dewan yang menolak kepemimpinannya dan kutukan yang mengancam kerajaannya. Dalam prosesnya, dia bekerja sama dengan Sir Lucas dari Istana Sigbin yang misterius, dan menghadapi perasaan yang berkembang untuknya. Sementara itu, MJ harus mengatasi ancaman besar yang membayangi kerajaannya.

5. Of Jade and Dragons

Dalam fantasi silk punk yang terinspirasi oleh Mulan dan Iron Widow ini, Aihui Ying, seorang gadis berusia delapan belas tahun, menyamar sebagai laki-laki untuk bergabung dengan Engineer’s Guild dan mencari pembunuh ayahnya. Setelah ayahnya meninggal, Ying mengikuti petunjuk dari jurnal dan liontin giok milik ayahnya untuk menyusup ke ujian guild yang hanya untuk pria. Dengan bantuan pangeran kedelapan yang pendiam, Aogiya Ye-yang, Ying menghadapi pesaing yang berbahaya, ketua guild yang cemburu, dan seorang pembunuh yang mengincar rahasia ayahnya. Sambil mengungkap rahasia guild dan berjuang dengan perasaannya terhadap pangeran, Ying harus mengatasi berbagai bahaya untuk membalas dendam ayahnya dan melindungi tanah airnya.

6. Song of the Six Realms

Dalam novel tunggal *Song of the Six Realms* oleh Judy I. Lin, Xue, seorang musisi berbakat yang menjadi yatim piatu dan terperangkap dalam kontrak kerja paksa, ditawarkan kebebasan oleh Duke Meng yang misterius dengan syarat ia harus melayani di istananya selama satu tahun. Ternyata, Duke Meng adalah Duke of Dreams dari Alam Surgawi. Ketika Xue mengetahui ancaman bencana yang akan datang di alam tersebut, ia harus mengungkap rahasia masa lalunya untuk mencegah perang, sambil menghadapi monster dan dewa yang berbahaya.

7. A Drop of Venom

Dalam fantasi remaja feminis dari Rick Riordan Presents ini, Manisha, seorang pendeta naga berusia enam belas tahun, memperoleh kemampuan untuk mengubah orang menjadi batu setelah serangan brutal dan jatuh ke lubang ular berbisa. Pratyush, seorang pembunuh monster berusia tujuh belas tahun yang mencari kedamaian, diperintahkan oleh Raja untuk membunuh seekor nagin kuat tanpa mengetahui bahwa makhluk tersebut adalah Manisha. Ketika jalan mereka bertemu, keinginan dan takdir mereka saling bertabrakan dalam penceritaan ulang mitos Medusa yang berlatar belakang mitologi India.

8. It Waits in the Forest

Kisah ini, terinspirasi oleh mitologi Karibia, mengeksplorasi tema sihir dan pembunuhan. Selina Da Silva, yang dulu skeptis terhadap sihir, kini terperangkap di pulau asalnya setelah serangan brutal yang menewaskan ayahnya dan membuat ibunya koma. Sambil menipu wisatawan dengan ritual palsu, Selina menghadapi ancaman nyata saat serangkaian pembunuhan mengguncang pulau. Bersama mantan pacarnya Gabriel, yang kini menjadi reporter lokal, ia berusaha mengungkap kebenaran dan menghadapi rahasia gelap serta bahaya tersembunyi di hutan.

***

Demikianlah Rekomendasyik 8 Novel Terbaik yang Terinspirasi dari Mitologi. Semoga daftar buku di atas dapat membantu Bibliobesties sekalian menambah referensi bacaan sekaligus memperkaya wawasan mengenai mitologi.

Jika Bibliobesties hendak membaca rekomendasyik lainnya, temukan di sini!