BACK TO SCHOOL: Webinar Series for Teachers from Macmillan #2

Bagikan Artikel

Sudah sebulan lebih Tahun Akademik 2021-2022 berjalan. Kalau bisa meringkas pengalaman batin selama beberapa pekan proses belajar mengajar dalam satu kata saja, kata apa yang spontan muncul dalam hati Anda?

Coba lihat apakah dari antara kata-kata berikut ini ada yang sama atau senada dengan satu kata tersebut:

Semangat, gembira, asyik, seru, beryukur, kreatif, supportif, termotivasi  

Letih, buntu, bingung, ruwet, prihatin, sedih, ter-demotivasi

Syukurlah apabila satu kata yang muncul dalam hati tadi lebih bernada positip dan optimistik. Karena vibrasinya akan dirasakan oleh anak-didik kita. Lain kata, apabila kita sulit mendapatkan atau merumuskan suasana batin kita dalam satu kata tersebut, lihatlah anak-anak di kelas. Mereka menjadi cermin yang cukup jujur atas diri kita sebagai pendidik.

Serial Webinar “Back to School”

Dalam serial webinar bertajuk “Back to School”, Macmillan Education merancang model-model yang ber-vibrasi positip. Intinya, apabila sesuatu itu seru dan mengasyikkan (pertama-tama bagi guru) maka hampir pasti juga akan seru dan mengasyikkan bagi  murid. Pada gilirannya kelas menjadi hidup, proses belajar-mengajar menjadi lebih menyenangkan, efektif dan efisien.

Ada 3 (tiga) webinar yang ditawarkan kali ini. Mari kita lihat satu per satu.

Hasper

Motivating Learning Online for all Students

Sebagian besar guru sekarang lebih percaya diri mengajar dengan teknologi dan online. Tetapi juga tidak sedikit guru yang masih berjuang keras untuk membiasakan diri dengan teknologi.

Mari kita belajar dari Anna Hasper, guru Primary yang berasal dari New Zealand dan sekarang tinggal di Dubai. Anna cukup dikenal secara internasional. Minat khususnya adalah pengembangan profesi guru, psikologi pendidikan dan meningkatkan pembelajaran yang efektif

Dalam webinar interaktif ini, Anna mengeksplorasi konsep motivasi. Anna juga akan menyoroti betapa pentingnya beralih dari guru-yang-memotivasi-siswa menjadi motivasi-yang-dihasilkan-siswa. Anna pun akan berbagi tips bagaimana secara kreatif menemukan cara-cara untuk mengobarkan api (motivasi) di dalam diri murid.

Baca Juga :  Seni Parenting di Era Digital (4 Mei 2021)

Designing and Organising Project Work Online

Lukasz Olesiak

Murid yang berhasil tidak cukup bila hanya mengetahui kosa kata dan tata bahasa yang tepat. Dia juga mesti bisa mengerjakan tugas maupun proyek secara konkrit.

Bagaimana kita bisa menemukan cara merancang dan mengatur tugas proyek secara online? Ya, agar mereka melatih keterampilan bahasa, meningkatkan kreativitas, meningkatkan kolaborasi, mengembangkan pemikiran kritis, dan keterampilan komunikasi.

Mari kita belajar dari Lukasz Olesiak. Dia adalah seorang guru ELT dan CALL yang berpengalaman di Institute of Modern Languages at the Pedagogical University of Cracow (Polandia). Minat profesionalnya berfokus pada penggunaan teknologi digital dalam pengajaran Bahasa Inggris dan metode ELT.

Lukasz akan menjelaskan cara menyiapkan, melakukan, dan mengevaluasi tugas dan proyek online yang menarik. Dia juga akan menawarkan pilihan aplikasi dan solusi yang penting untuk mendukung guru maupun murid.

How to Assess Project Work

Joanne Mitten

Membuat assesment tugas proyek tidaklah selalu mudah, terlebih ketika proses belajar-mengajar dilakukan secara online/virtual. Jadi, bagaimana kita dapat memastikan bahwa hasil tugas proyek serta keterampilan yang butuh dikembangkan bisa dinilai secara tepat, baik secara online maupun offline?

Webinar ini bertujuan untuk mengeksplorasi baik hasil-akhir maupun keterampilan yang berkembang ketika tugas proyek dalam proses dikerjakan. Kita akan memeroleh beberapa saran praktis yang bisa kita terapkan dalam konteks kelas kita.

Narasumber kita adalah Joanne Mitten, yang telah bekerja di Post Primary Sector di UK dan sektor Pengajaran Bahasa Inggris Irlandia sejak 2009. Ia biasa memberikan pelatihan di bidang Pendidikan Berkebutuhan Khusus pada Anak Usia Dini serta Penggunaan Media Secara Efektif dalam Pembelajaran.

Kata apa yang sekarang muncul?

Nah, setelah mengikuti salah satu (atau malah ketiga) webinar tersebut di atas, satu kata apa yang muncul dalam hati Anda? Apakah masih sama dengan kata yang muncul sebelumnya tadi? Kami akan berterima kasih apabila Anda berkenan berbagi dalam kolom komentar di bawah artikel ini.

Baca Juga :  Ethos pada Usia Pendidikan Awal Anak

Kiranya setiap niat baik dan kesungguhan ikhtiar kita turut “mencerdaskan kehidupan bangsa” pun membuat Ibu Pertiwi tersenyum bangga pada Guru Indonesia.

Salam