Rekomendasyik Busy Board untuk Balita (Bagian 1)

Bagikan Artikel
Board Book untuk Balita 1 Buku Anak Murah

Jika Anda membutuhkan buku sebagai media belajar bagi putra-putri Anda di bawah lima tahun (balita), kami merekomendasikan salah satu jenis buku anak, Board Book. Board Book ini merupakan buku bergambar yang terbuat dari kertas tebal. Kami merekomendasikan bahan dari kertas karton lebih untuk soal awetnya. Biasanya, balita lebih senang membolak-balik dari halaman ke halaman sebagai bentuk aktivitas motorik halus mereka. Di sini, ananda tercinta belajar pincer grip dan pincer grasp untuk melatih kekuatan otot jari sebelum nantinya mereka belajar memegang benda lain, seperti pensil, crayon, botol minum, sampai sendok. Selain itu, ilustrasi yang menarik di dalam Board Book dirancang memang untuk menarik perhatian balita agar betah berlama-lama. Tujuannya, ilustrasi yang menarik menjadi media belajar pengenalan warna, bentuk, dan kosakata. Meskipun gambar dua dimensi, objek-objek ilustrasi pada Board Book ini membantu pengembangan daya imajinasi si kecil. Karena bahan utamanya adalah kertas karton tebal, tak jarang buku ini nampaknya mahal. Padahal, kami punya rekomendasi buku anak Board Book murah.

Kami rekomendasikan Board Book dengan karakter yang lucu-lucu dalam bentuk buku dengan narasi yang kuat untuk membantu orangtua mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi sang buah hati. Tentu, lewat Periplus, kamu bisa mendapatkan rekomendasi buku anak murah, seperti di bawah ini.

1. Busy Board Frozen

Bersama Olaf, kita diajak berpetualang naik kereta luncur untuk mengirimkan hadiah kepada penduduk kota Arendelle. Tentu, bakal seru dan interaktif karena dilengkapi dengan mainan Olaf yang bisa berjalan di atas trek yang ada di dalam buku.

2. Busy Board Toy Story

To infinity and beyond!” ungkap Woddy dan Buzz saat asyik balapan dengan teman-teman mainan mereka. Kisahnya tidak kalah seru apalagi dengan trek yang bisa kita perluas karena didesain ‘fold-out’.

Baca Juga :  10 Kutipan tentang Kasih Sayang

3. Good Morning Superman

Buku ini merupakan cerita seorang anak yang melakukan beberapa persiapan “Bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi. Habis mandi …” bak seorang Superman dengan kostum keren dan petualangannya berhadapan dengan para rival dan kelemahan utama, Kriptonit.

4. Bedtime for Batman

Buku ini merupakan cerita seorang anak yang akan segera tidur. Tidur dijadikan sebagai pengalaman sempurna untuk menutup harinya. Maka, diimajinasikan seperti Batman yang bersiap memberantas kejahatan di kota Gotham. Tentu, sangat cocok untuk membiasakan orangtua dan anak untuk mengucapkan selamat tidur.

5. Fisher Price: Lost Lion

Petualangan si Singa yang berniat untuk berkunjung ke rumah si Gajah menjadi menarik dan seru karena dia tersesat di tengah-tengah perjalanannya. Di saat tersesat, dia dibantu oleh beberapa binatang lain yang siap sedia memberikan petunjuk dan menemani sampai tiba di rumah si Gajah. Lucu!

6. Fisher Price: Busy Town

Bayangkan para binatang rimba sedang jalan-jalan ke sebuah kota yang padat. Setiap binatang mempersiapkan diri dan barang-barang yang akan dibawa. Di setiap halaman yang kita balik, kita bakal menemukan keseruan dari persiapan setiap binatang.

7. Nursery Wheels On The Bus

Sambil membuka dari halaman ke halaman, kita bisa melihat para penumpang di dalam bus dan gambar-gambar lucu untuk membantu berimajinasi saat bernyanyi, “The Wheels On The Bus … go round and round!”

8. 3D Counting Ten Little Unicorns

Buku ini membantu kita mengajarkan berhitung mundur kepada balita usia 3 tahun ke atas. Setiap unicorn akan berkurang dari halaman ke halaman. Menjadi menarik karena dilengkapi dengan syair-syair lagu sebagai media pembelajaran yang bernuansa musikal.

Baca Juga :  Buku-Buku Anak Soleh

9. I Count To 100

Sebelum belajar angka abstrak, buku ini menunjukkan pengelompokan persepuluhan dengan pendeketan “concrete dan pictorial” gaya Singapura. Contohnya, ada 100 anjing, 100 kue, 100 dinosaurus, sampai 100 mobil. Di setiap 100 mobil, ada 10 kelompok mobil dengan warna-warni yang berbeda.

10. Baby Touch: Happy Eid!

Dengan teks sederhana, ilustrasi penuh warna, dan sentuhan-dan-rasa yang menarik di setiap halaman, buku cantik ini membantu merangsang indera bayi sekaligus memperkenalkannya pada Idul Fitri.

11. I Say Alhamdulillah

Umat Muslim mengucapkan “Alhamdulillah” berkali-kali dalam sehari. ‘Alhamdulillah’ dalam bahasa Arab berarti ‘Segala Puji bagi Allah’. Nabil dan Noura belajar mengucapkan alhamdulillah setelah menyelesaikan sesuatu. Akankah mereka ingat untuk mengucapkan ‘Alhamdulillah’, atau akankah mereka lupa?

12. I Say Bismillah

Umat Muslim diajarkan untuk mengucapkan Bismillah berkali-kali dalam sehari. Bismillah dalam bahasa Arab artinya ‘Dalam Nama Tuhan’. Ibu Nabil dan Noura baru saja membuat kue mangkuk. Akankah mereka ingat untuk mengucapkan Bismillah terlebih dahulu, atau akankah lebih tergoda untuk menyantabnya dulu?

***

Periplus masih punya rekomendasi buku anak murah lainnya yang tentunya cocok dan tepat untuk membantu anak belajar banyak hal.