Buku Metaverse Pilihan untuk Anda

Bagikan Artikel
Buku Metaverse Pilihan untuk Anda

Jika Anda adalah orang yang memiliki rasa penasaran cukup tinggi tentang Metaverse, kami suguhkan rekomendasi buku-buku tentang Metaverse. Kata “Metaverse” sendiri sebenarnya muncul dalam karya fiksi ilmiah Neal Stephenson, Snow Crash (1992). Lalu, hampir dua dekade kemudian, Mark Zuckerberg membikin heboh dengan mengumumkan perubahan branding perusahaan media sosialnya. Zuckerberg mengganti jenama Facebook menjadi Meta, yang nantinya akan menjadi platform bagi Metaverse.

Snow Crash kami masukkan ke dalam daftar ini karena fiksi ilmiah inilah yang pertama menggagas konsep Metaverse ke dalam bidang literatur. Dua karya fiksi ilmiah Ernest Cline, Ready Player One dan Ready Player Two ini masuk ke daftar karena mengusung konsep dunia virtual yang menjadi “tulang punggung” Metaverse. The Metaverse karya Terry Winters kami sajikan karena menurut kami inilah bacaan awal yang bisa menjadi panduan untuk memahami Metaverse.

Karena secara praktis semesta Metaverse sudah hadir di dalam gim-gim video, maka Master of Doom bisa menjadi cakrawala gagasan bagaimana sebuah gim video menjadi “semesta baru”. Dalam semesta gim video Doom, kita bisa berinteraksi dengan lingkungan virtual dan inilah gagasan dasar semesta Metaverse. Sementara itu, bagi Anda yang memiliki latar belakang akademis-teknik, Virtual Worlds and Metaverse Platforms adalah rekomendasi yang pas. Sebab, dalam buku ini akan diulas segela aspek, dari A sampai Z tentang Metaverse.

1. Ready Player One

Novel fiksi ilmiah ini akan membawa kita ke masa depan. Kondisi dunia di 2045 begitu karut-marut hingga satu-satunya tempat yang bisa membuat Wade Watts merasa hidup adalah OASIS. OASIS adalah dunia virtual tempat sebagian besar ­orang menghabiskan waktu, melalui avatar masing-masing tentunya. Hidup Watts berubah ketika pencipta OASIS meninggal dunia dan menyisakan teka-teki. Watts berhasil memecahkan petunjuk pertama dari teka-teki dan ia lalu dikejar para pembunuh yang ingin menguasai harta warisan pendiri OASIS.

Baca Juga :  Ladybird Readers Level 5

2. Ready Player Two

Setelah memenangi sayembara yang dibuat almarhum pendiri OASIS, James Halliday, Wade Watts menemukan apa yang mengubah banyak hal. Watts harus mencari jalan untuk menemukan “warisan” Halliday yang tersimpan di dalam brankasnya. Kabarnya, itu adalah teknologi yang akan mengubah dunia dan membuat OASIS seribu kali lebih menakjubkan! Watts akan menjalani petualangan baru yang bahkan mempertaruhkan hidupnya sendiri.

3. Snow Crash

Percayalah, istilah Metaverse yang sekarang sering kita dengar berasal dari fiksi ilmiah karangan Neal Stephenson ini. Dalam buku ini, kita akan dibawa dalam hidup dan petualangan Hiro Protagonist. Dalam kehidupan nyata ia “hanyalah” seorang pengantar piza di CosoNostra Pizza Inc. Namun, di dunia virtual, Hiro adalah penegak kebenaran. Dunia rekaan Stephenson ini melebur dunia virtual dan mitos-mitos Sumeria dan menenunnya menjadi dunia yang akan membuat kita terkesima.

4. The Metaverse: Prepare Now for the Next Big Thing!

Buku ini rasanya adalah “jalan setapak termudah” untuk memasuki konsep baru yang belakangan ini sering kita dengar: Metaverse. Melalui buku ini, Terry Winters yang memang memiliki latar belakang dari dunia fintech mengajak kita untuk masuk ke dalam model bisnis baru virtual. Buku ini memberi pula akses ke grup Discord untuk mendiskusikan peluang bisnis baru bersama penulis dan komunitasnya. Voila!

5. Masters of Doom: How Two Guys Created an Empire and Transformed Pop Culture

Buku ini adalah kisah luar biasa dari dunia gim video revolusioner pada masanya, Doom. Di dunia musik, kita mengenal kolaborasi dua jenius, John Lennon dan Paul McCartney yang menghasilkan album Rubber Soul. Maka, duet John Carmack dan John Romero adalah Lennon-dan-McCartney-dalam-dunia-gim-video. Buku karya David Kushner ini mencoba mengulik cerita dua jenius di balik gim video Doom dan bagaimana permainan video itu mengubah industri gim.  

Baca Juga :  12 Buku Pilihan untuk Ruang Tamu dan Ruang Santai Anda

6. Virtual Worlds and Metaverse Platforms: New Communication and Identity Paradigms

Buku ini sangat cocok dibaca oleh mereka yang memang ingin mendalami dunia virtual. Dalam buku ini, kepada kita disajikan penelitian dasar, model, studi kasus, dan hasil-hasil penelitian tentang platform Metaverse. Segala aspek teknis hingga filosofis terkait dunia virtual dan platform Metaverse akan dikupas habis dalam bab-bab buku ini.

***

Nah, itulah rekomendasi enam buku—tiga fiksi ilmiah dan tiga nonfiksi—bagi Anda yang tak ingin ketinggalan informasi dan segala seluk-beluk tenang Metaverse. Periplus juga mengadakan webinar dengan tema Metaverse: dalam Praktik Pendidikan Sehari-hari.