Welcome to COLLINS DAY 2021!

Bagikan Artikel

Selamat datang bergabung pada event kita kali ini. Collins Day ini merupakan konferensi-virtual dan berbahasa-Inggris selama dua-hari dengan menghadirkan Narasumber bertaraf Internasional.

Tujuan

Melalui Collins Day 2021 kita akan diajak untuk ber-refleksi mengenai prinsip-prinsip pedagogis agar Pendidikan (Sekolah) kita senantiasa relevan di zaman sekarang. Ini mengandaikan keterbukaan pikiran (open minded) kita terhadap hal-hal baru maupun perkembangan zaman.

Konferensi ini dikemas dalam bentuk webinar tematik. Melalui even ini, diharapkan agar peserta:

semakin lihai dalam membantu Peserta Didik berkembang secara lebih optimal dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan

semakin cakap dalam menerapkan model-model  pengajaran yang lebih mengena, mengasyikkan dan berdaya-guna (entah secara daring, campuran atau tatap-muka)

Tema

Adapun tema-tema yang diangkat dalam Collins Day 2021 ini adalah sebagai berikut:

  1. The Ethos Behind Teaching Early Years (Arabella Koopman)
  2. Dictionary Skills (Dr. Elaine Higgleton)
  3. Introductions to Collins English as a 1st and 2nd Language courses (Claire Richardson & Kim Evans)
  4. Introductions to Collins Connect (Kim Evans) and eBooks (Claire Richardson)  

Tentu saja kita memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi di akhir setiap sesi.

Rundown

Alur acara Collins Day disusun sebagai berikut:

Hari Pertama

Rabu, 10 November 2021

Arabella mengangkat beberapa prinsip pedagogis yang mendasar terkait pendidikan pra-Sekolah maupun sampai dengan kelas-rendah.

Claire mengajak kita melihat apa saja yang relevan dengan kebutuhan anak (SD & SMP) manakala mereka menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa-pertama mereka.

Collins Connect adalah platform pembelajaran yang dikembangkan oleh Collins. Collins Connect sangat interaktif dan user friendly.

Hari Kedua

Kamis, 11 November 2021

Bahasa-kedua bukan berarti kualitas kelas yang lebih rendah. Bukan. Justru karena pemakai tidak memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa-ibu, ada keunikan-keunikan yang perlu diperhatikan. Buku harus disesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan yang ada. Kim akan menggaris-bawahi poin-poin tersebut.

Baca Juga :  INCLUSIVITY: ELTea Time - Episode 3

Dr. Elaine menyampaikan poin-poin pokok kenapa kita tetap perlu memergunakan kamus dalam belajar bahasa; juga plus-minus menggunakan kamus online. Kamus rupanya lebih dari sekedar ‘daftar terjemahan kata’. Ada konsep yang perlu dimengerti dengan lebih baik.

Ketika dunia semakin digital, Collins juga beradaptasi. Buku-bukunya juga banyak yang di-digital-kan. Claire berbagi secara bagaimana eBooks bisa dioptimalkan.

Sepintas mengenai Collins Education

Collins termasuk penerbit buku yang paling progresif dan mutakhir. Bahkan 200 tahun sejak berdirinya, Collins konsisten menerbitkan buku-buku bermutu. Collins Education, imprint yang dipergunakan oleh HarperCollins Publisher, termasuk tiga-besar dari penerbit buku-buku pendidikan di Inggris Raya.

Collins menerbitkan buku-buku cetak maupun digital-interaktif untuk sekolah. Komunitas Guru, baik di Inggris Raya maupun secara Internasional, mengakui bahwa Buku Guru (Teacher’s Guide) adalah buku pegangan guru yang sangat bermutu dan updated. Maka Collins pun meluncurkan Collins Connect, sebuah platform pembelajaran interaktif untuk memermudah proses belajar-mengajar.

Di Indonesia, Periplus adalah mitra eksklusif Collins sejak tanggal 1 Maret 2018.