K-pop adalah Proses, maka Ikutilah!

Bagikan Artikel
K-pop adalah Proses, maka Ikutilah!

K-pop saat ini bisa dibilang sebagai salah satu puncak budaya pop dan BTS adalah lakonnya.

Las Vegas jadi “ungu” selama kurang lebih dua minggu. Atas kejadian ini, kita bisa menunjuk kehadiran tujuh pemuda enerjik berkulit terang yang datang dari Timur jauh. Ketujuh pemuda itu adalah para “Pramuka Antipeluru”, Bangtan Boys, yang kondang sebagai BTS.

BTS manggung pada 8—9 dan 15—16 April 2022 di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas. Deretan lagu seperti “ON”, “Burning Up (FIRE)”, “DOPE”, “DNA”, “Blue & Grey”, “Black Swan”, “Blood Sweat & Tears”, “Fake Love”, “Life Goes On”, “Boy With Luv”, “Dynamite”, “Butter”, “Telepathy”, dan “IDOL” berkumandang. Tambah lagi dua lagu encore mereka “Anpanman” dan “Go Go” turut melengkapi tur dunia boys band paling mashyur di dunia ini.

Di venue tempat perhelatan musik dunia sering berlangsung inilah 200 ribu lebih penggemar BTS “menggila” dalam Permission to Dance Concert. Jika menghitung pula para penonton daring yang mencapai 402 ribu penonton dari 182 negara di seluruh dunia, maka total penonton Permission to Dance Concert mencapai lebih dari 624 ribu orang. Gilak!

Permission Dance on Stage
Foto: (Big Hit via CBI Pictures)

Namun, jangan pernah salah sangka, “kegilaan” yang sekarang mengalir dalam sel-sel darah para ARMY tidak jatuh dari langit. “Kegilaan” itu bukan pula kerja jin dalam semalam, tapi benar-benar kerja “maraton” selama tiga dekade. Tulisan ini akan secara ringkas menampilkan tiga eksponen yang rasanya bisa menggambarkan perjalanan sukses K-pop sebagai sebuah paket hiburan. Ketiga orang itu adalah Seo Taiji and Boys, PSY, dan Bang Si-hyuk.

Baca Juga :  L’art de la Simplicité
Pages: 1 2 3 4 5 6