Manfaat Bermain Jigsaw Puzzle (Bagian 1)

Bagikan Artikel

Sekarang, saatnya kita melihat beberapa manfaat bermain jigsaw puzzle. Sebab, kita sudah melihat kilas sejarah terciptanya permainan ini pada tulisan sebelumnya. Berikut ini lima manfaat yang bisa kita dapatkan dari bermain jigsaw puzzle. So, chech them out!

1. Mengurangi stres

image: Periplus Jigsaw

Menyusun jigsaw puzzle membutuhkan fokus. Dengan berfokus pada permainan, pikiran dan jiwa kita seolah-olah terserap penuh. Karena pikiran kita berfokus pada satu hal, ini membuat kita serupa seperti saat sedang bermeditasi. Oleh karenanya, pikiran kita akan terbantu dalam mengatasi kecemasan dan tekanan dari luar. Harapannya, pikiran kita akan menjadi lebih tenang dan tenteram.

2. Menangkal rasa kesepian

image: Periplus Jigsaw

Berdasarkan riset yang dilansir oleh The National Center for Biotechnolgy Information (2018), dengan bermain jigsaw puzzle kita bisa meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, permainan ini juga mendorong motivasi dari dalam diri sendiri. Apalagi, keseruan bermain jigsaw puzzle akan meningkat saat dilakukan secara bersama-sama. Hal ini tentu saja dapat menangkal rasa sepi yang dapat menyebabkan penurunan kesehatan mental.

3. Menjauhkan dari gawai

image: Periplus Jigsaw

Hasil penelitian yang diprakarsai The Royal Society of Public Health (2017) membuktikan bahwa gawai pintar dan media sosial memberi pengaruh pada kesehatan mental. Salah satu poin kunci penelitian ini menyoroti penggunaan media sosial dengan meningkatnya kecemasan, depresi, dan kurang tidur. Bermain jigsaw puzzle dapat mencairkan ketergantungan terhadap gawai.

4. Meningkatkan kemampuan visual-spasial

image: Periplus Jigsaw

Keping-keping jigsaw puzzle berjumlah ratusan bahkan hingga ribuan. Ketika ratusan hingga ribuan keping ini disusun, maka terciptalah satu gambar yang utuh. Kemampuan kita untuk membayangkan gambar utuh dari keping-keping yang terserak-serak. Melalui inilah kita mengasah kemampuan visual-spasial.

Baca Juga :  Manfaat Bermain Jigsaw Puzzle (Bagian 2)

5. Lebih memberi perhatian pada detail

image: Periplus Jigsaw

Kepingan jigsaw puzzle yang sama dan sebangun membuat kita perlu memusatkan perhatian pada benda yang kecil. Apalagi, setiap keping permainan ini memiliki variasi yang sangat beraneka rupa dan warna. Ragam warna dan bentuk ini lalu disatukan demi membentuk sebuah gambar utuh. Keterampilan ini melatih kita untuk memberi perhatian pada hal-hal yang mendetail.

***

Inilah lima manfaat bermain jigsaw puzzle. Eits, tapi masih ada lima manfaat lain dari bermain permainan ini. Klik di sini untuk mencari tahu.

Anda juga dapat membelinya di sini.