Rekomendasi Buku Digital Marketing

Bagikan Artikel

Di zaman internet ini, ada banyak hal yang bergeser. Salah satunya adalah kegiatan marketing. Kehadiran teknologi digital yang semakin canggih juga mendorong kegiatan pemasaran merespon proses digitalisasi ini. Dengan demikian, digital marketing adalah sebuah keharusan bagi mereka yang terjun dalam dunia bisnis dan perniagaan.

Namun, sebelum menukik pada gagasan-gagasan digital marketing secara khusus, atau ide-ide tentang perkembangan dunia digital secara umum, layaklah mengingat apa yang dikatakan Seth Godin soal marketing. Menurutnya, kita dewasa ini sudah telanjur “nyemplung” dalam marketing. Marketing ada di sekeliling kita. Dari mulai membuka mata saat bangun pagi hingga sebelum menutup mata saat tidur malam, marketing ada di hadapan kita. Kata Godin, marketing “bukan sekadar sebuah danau atau hutan, tetapi lebih seperti lanskap kehidupan modern”. (Godin, 2018:xi)

Nah, setelah kita semua tahu betapa mendasarnya peran marketing dewasa ini, ada baiknya Perimin menawarkan beberapa judul bacaan yang layak. Perimin telah mencoba memilah dan memilih sembilan buku tentang marketing yang bisa memberi inspirasi bagi siapa saja yang bergelut dalam dunia digital marketing. Di dalam daftar pendek ini, Perimin juga memasukkan beberapa judul yang membahas dunia digital secara umum. Harapannya, Bibliobesties bisa semakin memahami seluk-beluk dunia digital dewasa ini.

1. Dark Social

ISBN-13: 9781472983121

Dark Social menyajikan dua hal penting soal media sosial dewasa ini. Pertama, buku ini merupakan panduan aplikatif tentang sisi gelap media sosial yang membawa marabahaya. Kedua, langkah-langkah yang bisa diambil untuk menghindari konsekuensi negatif—dari sudut pandang bisnis—yang muncul dari aktivitas media sosial. Studi-studi kasus yang ditampikan buku ini juga dilengkapi oleh wawasan psikologi organisasi. Buku ini merupakan pilihan tepat untuk memahami sisi gelap media sosial.

2. Epic Content Marketing

ISBN-13: 9780071819893

Di dalam semesta digital marketing, konten adalah pokok intinya. Tanpa konten, rasanya mustahil roda-roda mesin digital marketing dapat bergerak. Nah, di dalam buku ini, seorang pakar marketing konten terkemuka, Joe Pulizzi, menyingkap rahasia memproduksi konten digital marketing yang akan membuat para pelanggan mau terlibat. Sebab, begitu pelanggan mau terlibat melalui konten yang dibuat, mereka akan menghadiahkan, kepada para marketer, nilai penjualan yang melimpah.

Baca Juga :  Vaxxers

3. Loved: How to Rethink Marketing for Tech Products

ISBN-13: 9781119703648

Mungkin, terkait soal marketing, kita pernah mengajukan satu pertanyaan: mengapa produk terbaik di pasar masih bisa tidak laku? Menurut Martina Lauchengco, produk terbaik di pasar akan kalah laku oleh produk yang kuat pemasarannya. Loved adalah bagian dari dua buku laris lainnya, Inspired dan Empowered. Di dalamnya, kita akan menemukan penjelasan atas dasar-dasar pemasaran berdasarkan pengalaman Martina menyaring pelajaran dari kerja sama dengan berbagai perusahaan selama puluhan tahun di bidang marketing.

4. Oversubscribed

ISBN-13: 9780857088253

Kita pasti mengenal tempat makan yang calon pelanggannya harus mengantre hingga berjam-jam untuk makan. Lalu, ada pula jam tangan atau sepatu yang harus dibeli dengan inden. Atau, ribuan tiket konser yang habis dalam hitungan menit. Dalam kasus tersebut, kita berhadapan dengan produk-produk yang dikejar oleh para pelanggan. Dan, dalam Oversubscribed, Daniel Priestley mengungkap rahasia bagaimana memasarkan produk yang diburu pelanggan secara masif.

5. Permission Marketing

ISBN-13: 9780684856360

Pemasaran produk umumnya dilakukan hingga ke sela-sela waktu calon pelanggan. Iklan televisi yang hadir dalam program favorit atau makan siang direcoki panggilan telemarketing adalah dua contoh yang bisa diangkat. Seth Godin, marketing guru-penulis-pengusaha, menyebutnya sebagai “interruption marketing”. Gagasan marketing yang sudah aus itu dikontraskan dengan “permission marketing”, tawaran Godin. Ide-ide segar inilah yang ditawarkan Godin dalam Permission Marketing.

6. Social Media Unplugged

ISBN-13: 9781496190833

Buku tipis ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mempelajari ragam platform media sosial. Namun, tidak hanya itu, kita akan dipandu oleh pelatih media sosial dan para profesional pelaku bisnis untuk memanfaatkan beragam media sosial. Buku ini adalah panduan bisnis menggunakan berbagai platform, seperti LinkedIn, Facebook, Twitter, YouTube, dan seterusnya.

Baca Juga :  The Man Who Died Twice

7. The Chaos Machine

ISBN-13: 9780316703321

Max Fisher, seorang reporter investigasi untuk New York Times, membawa kepada kita sebuah karya yang memaparkan bagaimana dampak merusak yang bisa ditimbulkan oleh media sosial. Fisher menjelajah dunia untuk mengumpulkan beragam sumber. Dari proses tersebut, ia menemukan bahwa dunia sekarang ini telah mengalami pergeseran budaya. Orang-orang terpolarisasi bukan karena kepercayaan berdasarkan fakta, namun justru oleh informasi yang keliru, kemarahan, dan rasa takut.

8. The Innovation Stack

ISBN-13: 9780593086735

The Innovation Stack adalah kisah yang ditulis oleh Jim McKelvey, salah satu pendiri Square. Square sendiri adalah perusahaan rintisan yang menyediakan platform pembayaran yang brfokus pada bisnis skala kecil dan menengah. Sebagai seorang innovator, Jim bergulat dengan persoalan baru, mempertanyakan asumsi dasar industri bisnis, berinovasi di hadapan tantangan-tantangan awal, hingga gagasannya diadopsi oleh banyak orang. Semua kisah tentang masa-masa awal Square termaktub dalam buku ini.

9. The Persuasion Code

ISBN-13: 9781119440703

Jika selama ini kita merasa produk atau jasa yang kita tawarkan belum efektif, buku ini akan membawa inspirasi yang bisa jadi solusi. Gagasan sederhananya, bujukan yang dilakukan ketika memasarkan produk atau jasa bisa jadi tidak menarik karena otak calon pelanggan kita menolak pesan yang disampaikan. Pendekatan yang dilakukan dalam buku ini didasarkan pada metode ilmiah yang dikenal dengan NeuroMap™. Dalam The Persuasion Code, seluk-beluk neuromarketing, persuasi ilmiah, konversi situs daring, strategi marketing, hingga presentasi tim penjualan coba dibongkar melalui buku ini.

***

Nah, demikianlah rekomendasi sembilan buku tentang digital marketing dari Perimin.  Semoga, rekomendasi buku-buku dari Perimin ini bisa membantu Bibliobesties semua menggali inspirasi dalam dunia bisnis, khususnya pada era digital ini. Semoga membawa manfaat.

Salam!