Buku tentang Kesehatan Paling Dicari

0
Share

Dalam era yang penuh dengan kesibukan dan berjalan begitu cepat, kesehatan mental menjadi aspek yang semakin penting untuk diperhatikan. Salah satu cara yang efektif untuk memahami, merawat, dan mendorong pertumbuhan kesehatan mental adalah melalui literatur. Buku-buku tentang kesehatan mental tidak hanya menjadi sebuah panduan berharga bagi yang ingin menggali lebih dalam tentang kehidupan batin, tetapi juga menyajikan solusi dan inspirasi bagi mereka yang tengah menghadapi persoalan dalam hidup.

Nah, kali ini, Perimin akan membagikan delapan buku tentang kesehatan mental yang paling Dicari. Di dalamnya, ada buku yang menawarkan cara agar kita dapat menggunakan kesadaran penuh untuk mengubah cara berpikir tentang tubuh. Ada juga yang hendak mengajak kita belajar dari dongeng seekor kucing tua yang mencari keibjaksanaan tak terbatas.

How to Smile

Senyuman adalah ungkapan universal yang mampu mencerminkan beragam emosi, termasuk kegembiraan, kebahagiaan, empati, dan penerimaan. Lebih dari sekadar ekspresi, senyuman juga memiliki dampak positif pada kesehatan fisik dan kesejahteraan mental kita, seperti mengurangi stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta memperbaiki mood. Dalam buku ini,Thich Nhat Hanh mengajak kita untuk belajar senyum secara sadar. Senyuman yang dihasilkan dari hati yang tenang dan pikiran yang penuh kesadaran adalah senyuman yang memungkinkan kita untuk lebih hadir dalam setiap momen dan menghargai diri sendiri dan orang lain dengan lebih mendalam.

Same as Ever

Same as Ever karya Morgan Housel mengisahkan pelajaran yang tidak berubah dari waktu ke waktu melalui 24 cerita pendek. Salah satu contohnya, kita yang sering terlalu fokus pada hal-hal yang dinamis, seperti teknologi dan tren terbaru. Akibatnya, kita seringkali malah mengabaikan hal-hal yang tidak berubah, seperti sifat dasar manusia dan prinsip-prinsip dasar dari kesuksesan. Sama halnya dengan buku pertamanya yang menjadi buku terlaris, The Psychology of Money, buku ini hendak berbagi cerita reflektif yang membantu kita tidak terjebak pada kemasan atau hal-hal yang nampak baru.

Managing Your Emotions

Buku Managing Your Emotions yang ditulis oleh Joyce Meyer adalah buku yang membahas tentang cara mengelola emosi dengan baik. Dalam buku ini, Meyer berpendapat bahwa emosi adalah bagian penting dari diri kita, tetapi kita perlu belajar mengelolanya dengan baik agar tidak menguasai kita. Meyer memberikan banyak contoh dan ilustrasi dalam buku ini untuk membantu kita memahami materi yang dibahas. Dia juga menyediakan sejumlah latihan dan meditasi yang dapat membantu kita menerapkan keterampilan pengelolaan emosi dalam kehidupan sehari-hari.

On Purpose

Melalui buku ini, Ben Hutchinson hendak mengajarkan kita tentang bagaimana membaca dan menulis dapat membantu kita menjalani hidup yang lebih bermakna. Hutchinson berpendapat bahwa karya-karya sastra dapat membantu kita untuk menemukan makna dan tujuan dalam hidup kita. Dalam buku ini Hutchinson menggunakan contoh dari karya-karya penulis besar seperti T.S. Eliot, Virginia Woolf, dan Rilke untuk menjelaskan pemahamannya.

How Not to Kill Yourself

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi Martin, yang telah mengalami lima kali percobaan bunuh diri. Dalam buku ini, Martin menggambarkan rasa depresinya dan pemikiran untuk terus bunuh diri; tentang bagaimana rasanya berada di titik terendah hidup, dan bagaimana dia berpikir bahwa bunuh diri adalah satu-satunya jalan keluar. Sampai akhirnya, dia menemukan cara mengelola emosi, membangun dukungan, dan menemukan kembali makna dalam hidup.

Mindful Body

Buku Mindful Body: Thinking Our Way to Chronic Health yang ditulis oleh Ellen J. Langer ini menjelaskan bagaimana pikiran kita dapat mempengaruhi kesehatan fisik kita. Sebagai seorang psikolog dan penulis yang terkenal dengan teori mindfulness, Langer berpendapat bahwa kita dapat menggunakan mindfulness atau kesadaran penuh untuk mengubah cara kita berpikir tentang tubuh kita. Selain itu, hal ini mampu meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

Finding Your Way

Sharon berbagi pengalaman tentang meditasi, pemikiran, dan kebijaksanaan untuk membantu kita menjalani hidup yang autentik. Salzberg, yang adalah seorang guru meditasi telah mengajar meditasi selama lebih dari 40 tahun. Beberapa hal menarik yang bisa kita petik dari buku ini adalah soal pentingnya menjadi diri sendiri dan menerima diri kita sendiri apa adanya. Juga, dipaparkan betapa dibutuhkannya rasa belas kasih adalah kunci untuk hidup yang bahagia dan bermakna. Selain itu, kita diajak untuk menemukan kegembiraan dalam segala hal yang kita lakukan jika kita memilih untuk melakukannya.

The Cat Who Taught Zen

Setelah sukses dengan bukunya Big Panda and Tiny Dragon, James Norbury kembali hadir dengan Cat Who Taught Zen yang diilustrasikan dengan indah. Cat Who Taught Zen adalah sebuah dongen tentang perjalanan seekor kucing tua mencari kebijaksanaan yang tak terbatas. Awalnya, kucing itu merasa bahwa ia sudah memiliki semua jawaban yang ia butuhkan. Namun, seiring perjalanannya, ia mulai belajar bahwa ada banyak hal yang tidak ia ketahui. Ia belajar tentang pentingnya cinta, belas kasih, dan penerimaan. Ia juga belajar tentang pentingnya hidup di saat ini dan menghargai setiap momen.

Demikianlah rekomendasyik 8 buku tentang kesehatan mental. Semoga, rekomendasi buku-buku ini Ddapat menjadi sarana menuju pemahaman diri dan langkah awal menuju kehidupan yang lebih sehat secara mental.Sebab, siapa lagi yang akan peduli pada kesehatan jiwa raga kita kalau bukan kita sendiri?