Buku-Buku Tentang Perempuan dan Karir

0
Share
Buku-Buku Tentang Pencapaian Perempuan dalam Dunia Karir

Adakah yang hanya ingin bekerja yang itu-itu saja dengan jenjang karir yang begini-begitu saja? Rasanya, memiliki masa depan dengan karir yang cerah adalah dambaan hampir semua orang. Boleh dikata, semua. Kesempatan dalam karir bisa datang melalui 2 hal: Keberuntungan sebagai keturunan sultan atau kenalan sultan; dan usaha cerdas: klise sekali, nampaknya. Perimin menghimpun buku-buku yang mengisahkan dan menginspirasikan cerita nyata tentang peran dan kesempatan perempuan dalam dunia karir. Di bawah ini, kamu bisa melihat buku-buku tentang pencapaian perempuan dalam dunia karir. Karena diangkat dari kisah nyata, tak sekedar motivasi semata, tentunya isinya pasti menarik. Mari kita lihat buku-buku tentang perempuan dan karir.

1. The Skills: How To Win At Work oleh Mishal Husain

Boleh dibilang, Mishal Husain memberikan panduan karir nan pamungkas bagi fresh graduate, mereka yang sedang mencari dan berpindah lapangan kerja, mbak-mbak kantoran, sampai ibu-ibu yang sempat mengambil jeda selang beberapa saat untuk tidak bekerja secara formal. Di dalam buku ini, disajikan keterampilan dasar mulai dari persiapan, perencanaan, dan cara memulainya, baik soal gesture. Ya, soal bagaimana berdiri, berbicara, juga menatap alias tentang impresi pada pertemuan pertama. Apa yang dituliskan oleh Mishal terbuka bagi perempuan dari segala usia yang mendambakan kesuksesan karir di segala bidang yang dipilih, apapun itu.

2. 100 Million Hair Ties and a Vodka Tonic : An entrepreneur’s story oleh Sophie Trelles-Tvede

Berawal dari the power of kepepet saat membuat ikat rambut dari kabel telepon usang sebelum menghadiri sebuah pesta, Shopie pun menyadari hal penting: tidak ada rasa sakit pada kepalanya akibat ikatan rambut, tidak seperti biasanya. Menjelang usia 18 tahun, Sophie mulai membangun kerajaan bisnis ikat rambut revolusionernya. Temuannya begitu menggemparkan jagad industri perawatan rambut. Buku ini secara jujur berupaya memilah-milah ide-ide gila yang seringkali mampir di kepala, tiba-tiba saja. Refleksi hidup yang dikemas dalam narasi yang jenaka bakal membuat kamu untuk berpikir dan bertanya, “Kok ga kepikira ide itu ya?” Inilah sisi menarik buku ini.

3. Outspoken: 50 Speeches by Incredible Women from Boudicca to Michelle Obama oleh Deborah Coughlin

Sekalipun fakta sejarah tidak menampakkan keberpihakannya terhadap kaum perempuan, namu hal ini tidak serta merta membungkam kaum perempuan untuk bersuara. Deborah Coughlin mengumpulkan 50 pidato, ide-ide, ujaran-ujaran, sampai motivasi dadakan dari banyak tokoh perempuan luar biasa; dari Joan of Arc, Virginia Woolf, Oprah Winfrey, sampai adik Greta Thunberg. Di dalam buku ini, kamu bakalan melihat suatu perayaan berbalut kebanggaan bahwa dunia ini memiliki kaum perempuan luar biasa yang begitu blak-blakan di segala sisi.

4. The Moment of Lift: How Empowering Women Changes the World oleh Melinda Gates

Gagasan utama yang disampaikan oleh Melinda nampak jelas melalui judul bukunya: “Jika kamu hendak meningkatkan kualitas kesejahteraan hidup, bukalah lebar-lebar bagi para perempuan untuk berperan.” Dengan membawa keyakinan bahwa semua perempuan memiliki kebebasan yang sama untuk mengambil pilihan, termasuk mengambil langkah dalam dunia karir, Melinda memastikan pentingnya perempuan memiliki akses ke semua jenis pekerjaan. Dari sinilah, bias gender terhapuskan. Data dan cerita yang dikompilasi dari obrolan Melinda dengan para perempuan di seluruh penjuru akan membuat terkejut. Dunia selalu membutuhkan pahlawan dalam gerakan menuju kesetaraan. Sebab, ekuitas adalah tuas yang mengangkat segalanya.

5. Accidental Office Lady: An American Woman in Corporate Japan oleh Laura Kriska

Berbekal gelar strata dan idealisme kekinian, seorang perempuan muda bekerja sebagai karyawati Amerika pertama di markas besar Honda di Tokyo. Dengan gaya humoris dan kalimat prosaik yang mudah dipahami, Laura Kriska menceritakan perjalanannya di perusahaan, mulai dari menyajikan teh, membersihkan meja bos hingga mengembangkan kelas pelatihan khusus bagi karyawan Jepang yang hendak pergi ke Amerika. Buku ini memuat tentang ketidaksetaraan gender di dalam perusahaan. Dan, upaya-upaya untuk memahami batas-batas budaya yang justru malah berdampak pada nilai yang dihidupi oleh semua awak perusahaan.

6. No One Can Change Your Life Except For You oleh Laura Whitmore

Laura Whitmore yakin betul bahwa keberuntungan datang kepada mereka yang siap untuk melangkah ke dalam kekuatan mereka sendiri, bahkan ketika mereka merasa sangat gugup tentang hal itu. Buku ini berbicara tentang pengalamannya mengatasi patah hati, kekhawatiran citra dan pesona tubuh, keraguan diri, dan rasa tidak aman. Ditawarkan bagaimana menghidupi optimisme, kepercayaan diri, dan penerimaan diri seutuhnya. Pengalaman memperbaiki kualitas diri ini dikemas dalam alur yang mengalir lucu dan apa adanya untuk mengingatkan bahwa pahlawan yang kamu cari adalah KAMU sendiri.

7. Boss Up!: This Ain’t Your Mama’s Business Book oleh Lindsay Teague Moreno

Memiliki ambisi bukanlah melulu hal yang negatif. Melalui Boss Up! Lindsay mengetahui bahwa memiliki ambisi tidak akan membuatmu menjadi ibu atau istri yang buruk. Artinya, sah-sah saja untuk memiliki keinginan dan mimpi. Apa pun pendidikan atau pengalaman yang dimiliki, semuanya dapat dimanfaatkan untuk peningkatan fleksibilitas, pemenuhan, dan keamanan finansial. Lindsay berbagi prinsip bisnis yang nyata dan solid dengan sepuluh filosofi, khususnya bagi calon pengusaha; soal Pikirkan Jangka Panjang, Jadilah Dirimu Sendiri, Pahami Alasan Anda, dan lain-lain.

8. Quiet Is a Superpower: The Secret Strengths of Introverts in the Workplace oleh Jill Chang

Jill Chang menunjukkan bahwa mereka dengan karakter introvert memiliki potensi sukses yang luar biasa yang belum dimanfaatkan. Chang menjelaskan bagaimana dirinya berhasil meraih prestasi di sebuah bidang yang dipenuhi oleh orang-orang ekstrovert. Alih-alih mengubah dirinya agar sesuai dengan karakter insan ekstrovert, dia belajar untuk merangkul introversinya. Hal ini mengubahnya menjadi semakin mampu mencapai tujuan besar dan unggul dalam tugas-tugas yang dilewatkan oleh rekan-rekan ekstrovertnya. Tak lupa, Chang juga menawarkan saran tentang pekerjaan terbaik untuk para introvert, mengatasi kesulitan tambahan yang dapat ditimbulkan oleh hambatan bahasa dan budaya, nampak waaah! di acara-acara sosial dan presentasi bisnis, memanfaatkan ciri-ciri kepemimpinan khusus para introvert, dan banyak lagi. Buku ini membuka paradigma baru para introvert, suatu alat untuk memahami bagaimana mereka dapat membentuk hubungan, berkembang di dalam karier, unggul di tempat kerja aneka-lintas-budaya, dan beradaptasi di lingkungan ekstrovert dengan tetap merasa nyaman.

9. Everything Is Figureoutable oleh Marie Forleo

Everything is Figureoutable punya misi utama: melatih otak untuk berpikir lebih kreatif dan positif untuk mengatasi kemunduran. Buku ini cocok bagi mereka yang” bingung saat berhadapa dengan ketakutan, atau tiba-tiba kehabisan ide demi memenuhi impian. Jangan-jangan saat kita kesulitan memecahkan masalah atau mencapai mimpi, masalah sejatinya bukan kita. Namun, karena belum ada keyakinan yang mengubah segalanya. Melalui buku ini, kita bisa belajar kebiasaan yang membuat 42% lebih orang mencapai tujuan, soal bagaimana mengatasi kekurangan waktu dan uang, pun juga bagaimana menghadapi kritik dan sindrom penipu. Buku ini menggambarkan filosofi optimisme tanpa henti. Sebuah pola pikir. Sebuah mantra. Sebuah keyakinan.

10. I Am My Brand: How to Build Your Brand Without Apology oleh Kubi Springer

I Am My Brand adalah bukti kekuatan menjadi seorang perempuan dan menggambarkan apa yang diperlukan untuk membangun jenama girly yang kuat di dunia bisnis yang didominasi oleh pria dan unsur maskulinitasnya. Di dalam buku ini, Kubi menawarkan elaborasi dan eksplorasi teknis yang digunakan oleh para perempuan yang berkerja di lingkup lintas budaya untuk membangun jenama serta tantangan yang mereka hadapi dan jalan mereka untuk mengatasinya.

Nah, inilah 10 buku tentang perempuan dan karir. Semoga membantumu untuk menemukan bacaan terbaik. Kamu bisa mendapatkan buku-buku ini dengan harga spesial. Silahkan kamu tekan button di bawah ini.

Periplus International Women Day