Petualangan Pancaindra dari Gretchen Rubin

0
Share

Life in Five Senses (2023) adalah proyek buku terbaru Gretchen Rubin, buku tentang pancaindra. Setelah sukses dengan The Happiness Project (2009), Rubin melanjutkan petualangan intelektualnya pada tema-tema kemanusiaan dan pencarian kebahagiaan. Belum lama ini, eksplorasi Rubin lewat bukunya sampai pada kemampuan pancaindra manusia, bagaimana masing-masing indra bekerja dan cara melakukan optimisasi untuk kelimanya demi kebahagiaan kita yang semakin penuh. Bagi Rubin, memberi perhatian lebih pada pancaindra akan membuat kita lebih bersyukur dan mengapresiasi momen-momen dalam hidup sepenuhnya. Lebih lagi, memberi perhatian pada pancaindra bisa membuat kita lebih mengenal diri sendiri, orang-orang terdekat, dan dunia yang kita tinggali.

Nah, melalui tulisan ini, Perimin hendak meng-highlight lima ide yang bisa menginspirasi kita dari Life in Five Senses, buku tentang pancaindra.

Pancaindra bisa menciptakan lebih banyak energi

Pelantang suara pasti terpasang di telinga memutar lagu kesukaan saat Bibliobesties melakukan latihan cardio, bukan? Lagu semacam Tomorrow dari BTS atau Five yang dinyanyikan A Pink bisa membuat mood kita melonjak. Musik membuat hati nyaman, bahkan meningkatkan level kesehatan. Rubin menyebutnya dengan “Audio Apothecary”, kumpulan lagu-lagu yang bisa meningkatkan level energi kita. Cara ini tidak hanya berlaku untuk indra pendengaran, Bibliobesties. Kita bisa bisa me-recharge energi dengan mencium wangi bunga atau buah tertentu, mencecap rasa makanan tertentu, atau meraba bahan pakaian yang kita gemari.

Pancaindra menuntun pada ketenangan dan membantu untuk fokus pada yang kita kerjakan

Apakah Bibliobesties ingat ketika masih kecil dulu, saat merasa kesal, marah, atau takut, kita mencari boneka kain atau bantal kesayangan untuk dipeluk? Nah, rupanya memang begitulah cara kerja indra kita, khususnya indra peraba. Untuk indra penglihat, kita bisa mengurangi distraksi dengan mengganti pengaturan layar ponsel menjadi grayscale. Dengan demikian, ponsel menjadi tidak semenarik biasanya, sehingga kita bisa memberi fokus lebih pada pekerjaan yang mengintai.

Pancaindra bisa diatur untuk hidup yang lebih menyenangkan

Makanan memang kadang menjadi mood booster buat orang-orang tertentu. Oleh karena itu, orang menggemari wisata kuliner, mencoba tempat makan baru, mencoba resep masakan, atau sekadar menonton food-vlogger makan di kanal videonya. Sayangnya, kita kadang tidak menyadari makanan dan rasa yang kita masukkan ke dalam tubuh. Akan tetapi, kesenangan yang ditimbulkan makanan tidak hanya ada dalam rasa, namun juga ingatan. Kita akan selalu merasa senang saat mengingat rasa dan aroma masakan favorit yang dimasak ibu, bukan?

Pancaindra dapat digunakan untuk merangsang kreativitas

Saat berhadapan dengan rutinitas, tidak jarang kita merasakan bahwa ketajaman insting kreatif menjadi tumpul. Namun, perasaan ini menurut Rubin bisa diatasi dengan menggunakan indra kita untuk membangkitkan kembali insting kreatif dengan “bersentuhan” dengan bahan mentah dan peralatan yang kita gunakan dalam bekerja. Seorang penulis sekaligus biksu Buddhis, Yoshida Kenkō, pernah berkata bahwa saat menggenggam pena, kita bisa merasa sedang menulis; atau saat memegang alat musik, kita seolah sedang bermusik.

Pancaindra membuat semakin dekat dengan orang-orang tersayang

Kadang, kita melewatkan petunjuk-petunjuk penting dari orang-orang terdekat kita karena kita tidak menggunakan indra dengan baik. Misalnya saja, kita membaca chat atau berbicaraterlalu cepat sehingga tidak menangkap ekspresi tertentu dari orang terdekat yang kita miliki. Membaca chat atau melihat ekspresi orang tersayang dengan lebih seksama dengan indra yang kita miliki, misalnya, bisa membuat hubungan kita dengan orang-orang tersayang naik ke level yang lebih tinggi.

***

Nah, itu tadi lima inspirasi yang bisa kita petik dari buku tentang pancaindra terbaru dari Gretchen Rubin, Life in Five Senses. Di dalam buku itu, Rubin juga memberikan langkah-langkah praktis yang bisa diaplikasikan ke dalam hidup sehari-hari. Jika Bibliobesties penasaran sejauh mana mengenal pancaindra, cek saja kuis ringkas di sini. Temukan rekomendasi buku bermutu yang lain di sini.

Buku tentang Pancaindra 9780593727201 Life in Five Senses; How Exploring the Senses Got_Rubin

Life in Five Senses