Puan-puan Pemimpin – Rekomendasi Buku Penulis Perempuan

Bagikan Artikel
Puan-puan Pemimpin

Para perempuan dan kepemimpinan, dua kata yang sering kali dikaburkan kaitannya. Dalam budaya yang sudah telanjur basah kuyup dengan ideologi yang mengedepankan peranan para lelaki, posisi perempuan sebagai pemimpin dirasa aneh, kalau tidak boleh dibilang nyeleneh. Padahal, dunia kita banyak berutang pada para perempuan hebat. Sebut saja beberapa nama puan-puan pemimpin yang muncul dalam dunia kontemporer, seperti Angela Merkel, Kanselir Jerman; Sheryl Sandberg, COO Facebook; Christine Lagarde, Presiden Bank Sentral Eropa; hingga almarhum Ratu Elizabeth II—Ratu Kerajaan Britania Raya—yang baru saja mangkat.

Kepemimpinan sejatinya adalah kemampuan yang dimiliki seseorang atau sekelompok orang untuk memberikan pengaruh dan tuntunan kepada para pengikut sebuah institusi atau oranisasi tertentu. Seorang pemimpin harus mampu mengambil keputusan yang bagus—meskipun tidak jarang hal ini amatlah sulit. Selain itu, para pemimpin wajib memiliki kemampuan untuk menciptakan visi yang jelas, merancang tujuan yang dapat diraih, dan menyediakan pengetahuan dan sarana untuk meraih tujuan sebuah organisasi. Dan, yang paling penting, kemampuan ini tidak eksklusif dimiliki gender tertentu. Baik laki-laki maupun perempuan bisa mengembangkan kualitas dan kemampuan mereka dalam memimpin.

Nah, pada kesempatan ini Perimin mencoba memilah dan memilih sembilan buku dari puan-puan pemimpin. Di dalam daftar pendek ini, Perimin tidak ingin membatasi gagasan tentang kepemimpinan dalam konteks organisasi belaka. Sebab, Perimin meyakini bahwa pelajaran pertama—dan paling berat—dari seorang pemimpin adalah memimpin dirinya sendiri. Tema sembilan buku tawaran Perimin ini cukup luas, mulai dari bisnis, organisasi, kesehatan mental, hingga pada memoir. Yang jelas, semua buku ini ditulis oleh puan-puan pemimpin yang hendak membagikan inspirasi dan cara pandang mereka untuk membuat hidup mereka lebih baik. Sebab, bukankah setiap orang adalah setidak-tidaknya patut menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri?

1. #Girlboss

9780241217931 GirlBoss

ISBN-13: 9780241217931

Siapa sangka jika seorang gadis yang pada remaja hingga umur 20-an putus sekolah, tak punya uang, dan tak jelas masa depannya, berubah menjadi perempuan yang memimpin perusahaan? Inilah kisah Sophia Amoruso. Berawal dari berjualan pakaian di eBay, ia membangun tangga kesuksesan dari kristalisasi keringat. #Girlboss hendak berkisah bahwa sukses bukan tergantung tempat kuliah atau popularitas semasa SMA. Sukses adalah soal memercayai naluri dan mengikutinya.

Baca Juga :  How to Live a Good Life

2. How to Be a Creative Thinker

9781743797198 How To Be A Creative Thinker

ISBN-13: 9781743797198

Mungkin, sebagian besar orang memercayai bahwa kreativitas  adalah anugerah dari Yang Mahakuasa. Jika Anda termasuk orang yang beranggapan demikian, maka ini adalah buku yang wajib Anda baca. Dalam How to Be a Creative Thinker, Roya Azadi, seorang profesional di bidang desain kreatif dan strategis, membentangkan peta untuk membebaskan sisi kreatif diri kita. Kreativitas dapat diasah dan dipelajari. Dan, melalui buku ini, sekaranglah saat terbaik untuk menjadi semakin kreatif.

3. The Secret to Love, Health, and Money

9781398512399 The Secret To Love, Health, and Money

ISBN-13: 9781398512399

Rhonda Byrne mengungkap rahasia untuk mencapai kebahagiaan, kesejahteraan, dan kesuksesan pribadi. Di dalam buku ini, Rhonda menjelaskan bagaimana hukum tarik-menarik juga bisa diterapkan dalam tiga bidang kehidupan yang utama: hubungan, kesehatan, dan finansial. Singkatnya, Rhonda mengungkapkan peta jalan untuk meraih sukses sebagai seorang pribadi maupun sebagai profesional.

4. Savvy: Dealing with People, Power and Politics at Work

9780749465261 Savvy

ISBN-13: 9780749465261

Kehidupan profesional para pekerja kantoran bisa jadi bukan situasi yang kondusif ketika berurusan dengan “politik” kantor yang sering membuat mual. Savvy memberikan banyak contoh dan studi kasus untuk menghadapi perilaku rekan kerja dan dinamika kekuasaan di tempat kerja. Dengan demikian, Anda sebagai profesional bisa bekerja dengan penuh dedikasi tanpa mengorbankan nilai dan integritas pribadi.

5. Mindset: The New Psychology of Success

9780345472328 Mindset

ISBN-13: 9780345472328

Karya besar Carol S. Dweck ini adalah hasil dari penelitian selama beberapa dekade. Psikolog Universitas Stanford ini mengemukan ide sederhana namun inovatif, yaitu bahwa kesuksesan setiap orang ditentukan oleh kekuatan pola pikir (mindset). Dweck membedakan pola pikir menjadi dua, pola pikir tetap (fixed mindset) dan pola pikir berkembang(growth mindset). Dengan gagasan tentang pola pikir ini, harapannya ada banyak kesuksesan bisa diraih untuk sebanyak mungkin orang.

6. Black Box

9781911284598 Black Box

ISBN-13: 9781911284598

Black Box adalah memoar Shiori Ito. Pada 2015, ia adalah seorang calon jurnalis muda yang mengalami kekerasan seksual yang dilakukan oleh seorang jurnalis senior. Ito tidak bungkam dengan kasus yang dialaminya, meskipun ia sadar bahwa kasusnya adalah “kotak hitam”. Artinya, kasus yang menimpa dirinya tak tersentuh. Pelakunya tak dapat dikenai hukuman. Setelah berjuang selama empat tahun, pada akhirnya Ito memenangkan kasus melawan orang yang melecehkannya.

Baca Juga :  Bersiap Meraung di Belantara 2022

7. I Am That Girl: How to Speak Your Truth, Discover Your Purpose, and #bethatgirl

9780989322287 I Am That Girl

ISBN-13: 9780989322287

Alexis Jones, aktivis dan pembicara kenamaan ini, membangun karirnya dengan mendengarkan para gadis hampir di seluruh muka bumi. Ia menuntun para gadis itu melalui pertanyaan-pertanyaan yang membuat mereka berani berpikir sendiri dan berbicara tentang kebenaran yang mereka yakini. Dalam buku ini, Alexis mengumpulkan kisah dari tiga puluh perempuan dan merangkumnya menjadi panduan untuk kampanye #bethatgirl yang memotivasi banyak gadis lain untuk menjalani hidup yang mereka dambakan.

8. Why Has Nobody Told Me This Before?

9780241529720 Why Has No Body Told Me This Before

ISBN-13: 9780241529720

Kesehatan mental dan kesehatan fisik haruslah dalam keadaan yang berimbang. Sementara itu, di zaman yang semakin toksik, banyak persoalan bisa meruntuhkan kesehatan mental kita. Nah, dalam buku ini, kita akan menemukan bantuan dan teknik dari ahli psikologi klinis, dr. Julie Smith. Harapannya, dengan buku ini kita bisa menangani masalah-masalah psikologi praktis dalam hidup sehari-hari dengan bimbingan dari seorang profesional di bidangnya.

9. The Book of Healing: Selected Poetry and Prose

9781524867355 The Book of Healing

ISBN-13: 9781524867355

Puisi dan prosa bisa menjadi sarana untuk berproses dalam mencapai kedewasaan dan kematangan diri. Dalam The Book of Healing, Najwa Zebian menghadirkan kumpulan puisi dan prosa yang akan mengajak kita lebih dalam masuk ke dalam tema-tema seperti pelepasan, menghargai diri, dan berpegang pada kekuatan di dalam diri. Dikemas dengan rasa estetis yang tinggi, buku ini layak dimiliki siapa pun yang ingin merawat dan menumbuhkan ketahanan emosional.

***

Nah, demikianlah rekomendasi sembilan buku tentang puan-puan pemimpin dari Perimin.  Semoga, rekomendasi buku-buku dari Perimin ini bisa membantu Bibliobesties semua menginsyafi sisi kepemimpinan dalam diri masing-masing. Sebab, manusia dapat berguna bagi orang lain adalah mereka yang setidaknya bisa memimpin dirinya sendiri untuk menjadi semakin lebih baik dari hari ke hari.

Salam!