Sastra Klasik Dunia – Editor’s Pick

Bagikan Artikel
Sastra Klasik Dunia - Editor's Pick

Karya sastra klasik dunia barangkali adalah artefak terbaik bagi kemanusiaan. Betapa tidak? Dalam sebuah kisah sastra klasik dunia, terdapat beragam pelajaran. Pertama, tentu ada aspek kesejarahan. Sebab, sebuah kisah sastra selalu memerlukan latar waktu dan sosio-antropologi tertentu. Kedua, yang juga tidak kalah penting, adalah aspek batiniah tokoh-tokohnya. Dunia batin ini dalam bahasa modern dikenal sebagai aspek psikologis sebuah karya sastra. Sebab, di dalam sebuah karya sastra, kita pasti akan menemukan pergulatan batin dan ide para tokoh yang ada di dalamnya. Nah, persoalan-persoalan yang diangkat dalam karya sastra inilah yang akan memperkaya kehidupan para pembacanya. Para pembaca sastra yang baik biasanya akan belajar tentang mana yang akan berguna bagi dirinya sendiri.

Nah, Perimin mencoba memilah dan memilih sembilan buku sastra klasik dunia. Di dalam daftar pendek ini, Perimin berharap para BiblioBestie semua dapat mengambil manfaat. Sebab, karya sastra selalu memuat dua aspek di dalamnya: keindahan sekaligus kegunaan. Semoga, membaca karya sastra dan menginsyafinya dalam hidup bisa membuat kita sebagai manusia yang sekaligus indah dan berguna.

1. Peter Pan (Minalima Edition)

9780062362223 Peter Pan Minalima

ISBN-13: 9780062362223

Buku cerita anak karya J.M. Barrie legendaris, Peter Pan, dihidupkan melalui sentuhan ajaib Studio MinaLima. Satu kalimat ini sebenarnya sudah mencukupi untuk menjelaskan betapa menariknya buku ini. Dalam petualangan Peter Pan, kita akan bertemu dengan karakter-karakter yang menawan, seperti Kapten Hook, Tiger Lily, juga Tinker Bell yang menggemaskan. Nah, MinaLima mengangkat lebih tinggi level keasyikan kisah petualangan Peter Pan melalui ilustrasi menawan yang penuh warna, fitur yang bisa digerak-gerakkan, atau jam berbentuk buaya yang tungkainya bisa diputar sebagai penunjuk angka, dan masih banyak lagi!

2. The Cathcer in the Rye

9780316769174 The Cathcer In The Rye

ISBN-13: 9780316769174

The Catcher in the Rye memberi satu tempat bagi J.D. Salinger dalam konstelasi sastra kontemporer Amerika Serika, atau malah sastra dunia. Salinger berkisah tentang seorang bocah laki-laki enam belas tahun asli New York bernama Holden Caufield. Karena masalah di sekolah yang dihadapinya, Holden kabur dari sekolahnya di Pennsylvania dan berkelana hingga ke dunia bawah tanah New York. Karakter ini, lengkap dengan kenaifannya menyambut pintu gerbang kedewasaan, sempat menjadi tokoh fiksi remaja paling dicintai pembaca sastra.

Baca Juga :  12 Buku Pilihan untuk Ruang Tamu dan Ruang Santai Anda

3. The Adventures of Huckleberry Finn

9781847496027 The Adventures of Huckleberry Finn

ISBN-13: 9781847496027

Mark Twain mengajak kita masuk ke petualangan seorang bocah lelaki, Huck. Ia berusaha untuk keluar dari kungkungan orang-orang dewasa brengsek yang ada di sekitarnya. Huck memulai petualangannya bersama dengan Jim. Mereka berdua berhadapan dengan dunia orang dewasa. Antara persahabatan, perbudakan, dan nilai-nilai masyarakat yang korup petualangan Huck dan Jim terbentang begitu luas.

4. Anne of Green Gables

9781840227840 Anne of Green Gables

ISBN-13: 9781840227840

Lucy Maud Montgomery membawa kita ke akhir abad ke-19, tepatnya ke dalam dunia Anne Shirley, gadis muda yatim-piatu yang tinggal di panti asuhan di Bolingbroke, Nova Scotia. Kisah hidup Anne berubah saat pasangan kakak beradik yang tidak menikah, Matthew dan Marilla Cuthbert, mengadopsinya. Mengadopsi Anne sebenarnya adalah kekeliruan karena Cuthbert bersaudara menghendaki seorang anak lelaki untuk diadopsi demi mengurus pekerjaan di pertenakan mereka. Anne of Green Gables adalah kisah hidup dan petualangan gadis remaja berambut merah yang imajinatif dan pandai bicara menemukan “rumah” sejati.

5. Little Women

9780147514011 Little Women

ISBN-13: 9780147514011

Little Women berkisah tentang kakak-beradik March, empat saudari—Meg, Jo, Beth, dan Amy—yang hidup dalam sebuah komunitas kecil di wilayah New England. Melalui kisah ini, Luisa Marie Alcott mengajak kita ke akhir abad ke-19 dan megikuti petualangan empat kakak-beradik ini sebagai keluarga: berjuang meningkatkan pendapatan, bersahabat dengan keluarga Laurence, dan tumbuh bersama sebagai wanita dewasa. Khusus edisi ini, Little Women hadir sebagai edisi yang layak dikoleksi, dengan sampul indah dan huruf timbul berwarna emas.

6. The Secret Garden

9780241411162 The Secret Garden

ISBN-13: 9780241411162

Mari kita menyimak kisah tentang Mary Lennox. Ia adalah gadis berumur 10 tahun yang tak diinginkan oleh orang tuanya. Mary lalu tumbuh menjadi gadis manja yang egois dan kurang kasih sayang. Karena wabah kolera yang merenggut nyawa kedua orang tuanya, Mary lalu dibawa ke Yorkshire untuk tinggal bersama pamannya, Archibald Craven, yang bungkuk. Perubahan terjadi dalam diri Mary setelah ia menemukan dan merawat taman rahasia di rumah pamannya. Mary lalu belajar apa artinya cinta, persahabatan, dan keajaiban.

Baca Juga :  Ladybird Readers Level 5

7. The Picture of Dorian Gray

9781513263366 The Picture of Dorian Gray

ISBN-13: 9781513263366

Basil Hallward adalah seorang pelukis yang tergila-gila dengan ketampanan seorang kawannya, Dorian Gray. Maka, Basil lalu melukis Dorian. Lewat pertemanan dengan Basil, Dorian lalu terhubungan dengan Lord Henry Wotton. Dari sanalah Dorian lalu terpesona pada gaya hidup hedonis para aristokrat. Novel karya penyair, dramawan, dan penulis paling besar Irlandia, Oscar Wilde. Novel yang penuh muatan filosofi ini berkisah tentang tujuan hidup, moralitas, dan kehidupan yang fana.

8. War and Peace

9781400079988 War and Peace

ISBN-13: 9781400079988

Sastra Rusia telah memberi warna khas pada khasanah sastra dunia. Salah satu penulis terbesar Rusia adalah Leo Tolstoy. Dalam War and Peace, Tolstoy berkisah tentang peperangan yang di dalamnya terdapat nama besar tentang sejarah perang, Napoleon Bonaparte. Kisah epik gigantik yang melibatkan lima ratus karakter ini terjalin berkat tiga tokoh utamanya: Natasha Rostov, Andrew Bolkonsky, dan Pierre Bezukhov. Dalam novel terjemahan yang mendapat persetujuan langsung dari Tolstoy, kita dapat menemukan arti mendalam peperangan dan perdamaian.

9. People from Bloomington

9780143136606 People from Bloomington

ISBN-13: 9780143136606

People from Bloomington adalah kumpulan tujuh cerita pendek dari salah satu maestro penceritaan Indonesia, Budi Darma. Budi Darma yang biasanya menyematkan nuansa abstrak dan magis pada kisah-kisahnya, pada buku ini justru mengeksplorasi sisi realisnya. Karya yang ditulis saat Budi Darma menempuh pendidikan doktoral di Universitas Indiana, Bloomington, A.S pada 1979. Di dalam kumpulan cerpen ini, Budi Darma mengeksplorasi persoalan kemanusiaan, khususnya hubungan manusia dengan lingkungan sosialnya yang tidak jarang berakar pada keterasingan.

***

Nah, demikianlah rekomendasi sembilan rekomendasi buku sastra klasik dunia dari Perimin. Semoga bisa membantu BiblioBestie menjadi penuh sebagai manusia. Salam!