The Song Of Achilles

Bagikan Artikel
image : cover The Song Of Achilles

The Song of Achilles

Paperback – 21 September 2017
Miller, Madeline (Author)
ISBN-13 : 9781408891384

Banyak kisah yang kita baca, tonton atau dengar mengandung tema seorang pahlawan. Atau bahkan mungkin kita sendiri menyukai tema tentang superhero tersebut. Hal yang disukai dari superhero tersebut antara lain karena kekuatan, kepintaran, kehebatan dan keperkasaannya dalam menghadapi musuh. Kalau kita mau mengaku, sangat mungkin kita pernah membayangkan dan bergaya seperti superhero yang kita kagumi terutama di saat masa kecil kita.

Dari banyak kisah superhero yang bisa kita temukan, kadang ada satu tokoh di samping superhero tersebut yang mungkin dianggap figuran tak penting,bikin kekacauan atau malah dirasa merepotkan sang pahlawan dalam melaksanakan tugasnya. Contoh karakter ini antara lain Ron Weasley dalam kisah Harry Potter atau Obeliks dalam kisah Asterik and Obeliks.

Madeline Miller dalam karyanya, The Song of Achilles menampilkan sosok yang dianggap “tak penting” tersebut justru sebagai tokoh utama alih-alih Achilles, sang pahlawan. Patroclus, anak yang dianggap gagal oleh ayahnya sendiri bahkan sampai diasingkan ke polis lain menjadi sudut pandang penulis bercerita mengenai kepahlawanan Achilles.
Berawal dari pertemuan tak disengaja antara mereka berdua, Patroclus si anak buangan menjadi sosok teman, sahabat bahkan “kekasih” sang pahlawan, Achilles.

Miller, melalui Patroclus dengan sangat baik merangkai kisah sang legenda, Achilles, menjadi kisah sarat emosi. Pembaca diajak untuk menyadari bahwa sehebat-hebatnya pahlawan pasti memiliki kelemahan & kekurangan entah dalam fisik maupun mentalnya. Bukan hanya kelemahan, mereka pun memiliki perasaan dan emosi yang umum dimiliki oleh orang lain. Membuktikan bahwa superhero juga manusia biasa.

Rekomendasyik lainnya…

Baca Juga :  Building a Story Brand