Transportasi dalam Wizarding World (Bagian 2)

Bagikan Artikel
image: transportasi dalam serial Harry Potter

Setelah mengingat-ingat lagi enam alat transportasi sihir dalam serial Harry Potter, Potterhead tentunya masih belum puas, dong! Nah, masih ada enam lagi alat transportasi yang akan diulas. Masih penasaran? Nih, ulasannya.

7. Hippogriff

Hippogriff merupakan seekor binatang berbadan kuda dengan abu-abu. Ajaibnya, binatang ini mempunyai kepala menyerupai elang berukuran raksasa. Binatang ini juga memiliki sayap seekor elang berukuran besar. Binatang ini pertama kali diperkenalkan oleh Hagrid pada murid-muridnya pada tahun ketiga Harry di Hogwarts, sebagaimana dikisahkan dalam Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Hippogriff itu oleh Hagrid diberi nama “Buckbeak”. Buckbeak sejatinya hewan buas, namun bisa dijinakkan oleh Hagrid. Sifat alami Buckbeack sebenarnya menyenangkan dan sangat tenang. Hanya saja, Buckbeak memiliki sifat sensitif dan mudah tersinggung. Orang harus menaruh hormat dulu hingga Buckbeak mengeluarkan keramahannya. Harry berhasil membuat Buckbeak jinak setelah ia membungkukkan badan menghadap Buckbeak dan mendekatinya secara perlahan. Akhirnya, Harry berhasil mengendarai Buckbeak dan terbang mengitari Hogwarts.

8. Thestral

Thestral memiliki bentuk yang bisa digambarkan seperti kuda hitam bersayap kelelawar dengan tulang belulang yang nampak jelas seolah tersisa kulit pembalut tulang. Bentuk wajahnya seperti reptil, dengan mata berwarna putih bersinar. Thestral memiliki taring tajam mereka digunakan untuk menangkap dan memotong mangsanya. Maklum saja, hewan ini adalah karnivora. Thestral berasal dari Kepulauan Inggris dan Irlandia, namun mereka juga terlihat di beberapa bagian Prancis dan semenanjung Iberia. Thestral yang tinggal di dalam halaman Hogwarts maupun di Hutan Terlarang, mereka diberi makan dan juga dilatih dengan baik. Mereka tidak akan menyerang makhluk maupun siswa lain terkecuali jika benar-benar mengganggu. Tidak semua penyihir juga bisa melihatnya, karena hanya penyihir yang pernah menyaksikan secara langsung kematian yang dapat melihat Thestral ini. Dalam serial Harry Potter and the Order of Phoenix, Thestral nampak digunakan sebagai transportasi sihir oleh Harry Potter dan kawan-kawannya untuk bepergian ke Kementerian Sihir. Selain itu, dalam Harry Potter and the Deathly Hallow, Bill Weasley dan Fleur Delacour menaiki seekor Thestral untuk mengecoh para Pelahap Maut yang ingin membunuh Harry Potter. Saat itu, Fleur menyamar menjadi Harry untuk mengecoh para Pelahap Maut.

Baca Juga :  7 Lagu BTS Terbaek Versi Perimin

9. Sepeda motor Sirius Black

images: transportasi dalam Harry Potter

Sepeda motor terbang yang dipakai Hagrid ini adalah kepunyaan bapak baptis Harry Potter, Sirius Black. Sejak remaja, Sirius sudah mulai tertarik dengan sepeda motor, bahkan ia mengoleksi berbagai macam gambar motor di kamar tidurnya di Grimmauld Place. Ketika berumumr enam belas tahun, ia mencoba memisahkan diri dari keluarganya. Setelah mendapatkan sepeda motornya, Sirius melarikan diri dari rumah. Sepeda motor ini lalu diberikan ke Rubeus Hagrid. Hagrid sendiri menggunakan sepeda motor ini untuk mengambil bayi Potter dan mengantarnya ke Dumbledore untuk kemudian dititipkan kepada keluarga Dursley. Kekuatan mantra sihir membuat motor itu mampu terbang cukup cepat bahkan menyaingi sapu sihir. Sepeda motor itu pun dilengkapi sespan di sisi kirinya.

10. Kereta api Hogwarts Express 5972

Hogwarts Express 5972 adalah kereta yang digunakan untuk mengangkut siswa-siswa Hogwarts dari Stasiun King’s Cross ke stasiun Hogsmeade, atau dikenal peron 9 ¾ di London, setiap awal dan akhir semester. Kereta itu juga mengangkut siswa yang ingin pulang saat libur Natal tiba. Saat tidak digunakan, Hogwarts Express akan diam di stasiun Hogsmeade. Untuk menaiki Hogwarts Express yang berada di peron 9 ¾ siswa harus menembus dinding pemisah antara 2 rel kereta peron 9 dan 10 karena itu hanya satu-satunya akses supaya mereka bisa menemukan peron tersebut. Harry dan Ron sempat terlambat untuk memasuki peron 9 ¾, seperti diceritakan pada seri Harry Potter and the Chamber of Secret. Ron lalu terpaksa mencuri mobil ayahnya dan mengendarainya sampai Hogwarts.

11. Jaringan Toilet (Toilet Network)

Saat Kementerian Sihir jatuh ke kekuasaan rezim Pelahap Maut, toilet bawah tanah di Whitehall ini digunakan sebagai pintu masuk untu para pegawai Kementerian Sihir. Lokasi toilet bawah tanah dapat diakses melalui dua tangga yang diapit oleh pagar besi hitam runcing. Satu tangga untuk pria dan satunya luntuk wanita. Toiletnya berlantai hitam dan putih, dengan cahaya yang redup. Para pegawai kementerian mengantri satu persatu disetiap pintu, kemudian mereka hanya perlu berdiri pada lubang water closet dan menyiram diri sendiri dengan tombol siram (flush botton). Lalu, mereka akan memasuki saluran kecil ke perapian di Atrium Markas Besar Kementerian Sihir. Merekanya masuk ke bilik tersebut memerlukan token khusus yang dikeluarkan Kementerian Sihir. Jaringan toilet ini sempat digunakan Harry Potter, Hermione Granger, dan Ron Weasley saat menyusup Kementerian Sihir untuk mengambil Liontin Salazar Slytherin dari Dolores Umbridge.

Baca Juga :  Kisah Kasih Hari Kasih Sayang

12. Karpet terbang

Karpet terbang sangat populer di Asia dan Timur Tengah selain di India, Pakistan, Bangladesh, Iran, dan Mongolia. Karpet terbang adalah permadani yang telah dimantrai sihir agar dapat terbang. Karpet memiliki keuntungan lebih jika dibandingkan dengan sapu, karena karpet dapat menampung banyak orang juga barang bawaan dengan mudah. Karpet terbang ini pernah digunakan secara legal di Inggris dan menjadi media untuk perjalanan yang digunakan oleh komunitas sihir Inggris. Sayangnya, penggunaan karpet terbang telah dilarang karena termasuk Daftar Objek Mantra Terlarang (Register of Proscribed Charmable Objects) oleh Kementerian Sihir. Benda ini juga dikategorikan sebagai artefak Muggle. Para penyihir di Inggris dilarang secara hukum untuk memodifikasi maupun memantrai karpet terbang. Walau demikian, di negara-negara lain masih dilegalkan. Arthur Weasley yang bekerja pada bidang Penyalahgunaan Artefak Muggle di Kementerian Sihir adalah tokoh yang mengembargo karpet terbang. Ia juga melarang import karpet terbang yang dilakukan oleh Ali Bashir, juragan barang-barang sihir yang mengekspor karpet terbang. Larangan penggunaan karpet terbang termasuk aturan baru. Barty Crouch ingat bahwa kakeknya pernah memiliki karpet terbang Axminster yang memiliki 12 tempat duduk. Dia pernah melihat dan diizinkan terbang diatasnya saat usianya muda, sebelum akhirnya karpet itu dilarang.

***

Andai saja kita adalah bagian dari Wizarding World, kita tidak perlu naik pesawat untuk pergi ke tempat yang jauh, cukup dengan menaburkan bubuk Floo. Atau, kita tidak perlu macet-macetan di jalanan kota besar. Cukup mengucap “Accio Firebolt”, maka masalah kemacetan selesai! Para Potterhead boleh membagikan transportasi favorit di kolom komentar, lho! Ceritakan juga kenapa memilih itu dan di seri Harry Potter yang mana kalian membaca atau menonton kendaraan itu. Disapparate!