Deretean Manga Fenomenal dari Kodhansha

0
Share
Deretan Manga Fenomenal Kodansha

Kodansha adalah perusahan penerbitan swasta di Jepang tepatnya di Bunkyō, Tokyo, yang didirkan oleh Seiji Noma pada 1909. Saat itu, majalah sastra, Yuben, adalah terbitan pertamanya. Saat ini, Kodansha menerbitkan beberapa majalah manga, seperti Nakayoshi, Afternoon, Weekly Shonen Magazine, Monthly Shonen Magazine, Monthly Shonen Magazine Special, Seasonal Shonen Magazine Wonder. Kodansha juga menerbitkan majalah-majalah sastra seperti Gunzō, Gendai, serta Shūkan Gendai, dan kamus bahasa Jepang, Nihongo Daijiten.

Sebagai salah satu penerbit manga terbesar di Jepang, Kodansha turut meramaikan konstelasi manga dengan menjadi sponsor untuk Penghargaan Manga Kodansha sejak tahun 1977. Penghargaan ini bisa dibilang salah satu penghargaan manga paling prestisius di Jepang. Kodansha memberikan apresiasi terhadap bakat-bakat baru serta karya-karya inovatif dalam industri manga, bahkan dalam skala internasional.

Sebagai penerbit terkemuka, Kodansha telah memberikan sumbangsih yang cukup besar dalam industri manga dengan menerbitkan deretan manga fenomenal dan memiliki banyak pengarang terkemuka. Salah satu manga paling moncer adalah serial manga Attack on Titan,karya Hajime Isayama. Sampai sekarang, manga ini masih menjadi pembicaraan yang hangat di kalangan pecinta manga. Nah, agar tidak terlewat, kali ini Perimin telah menyiapkan deretan manga fenomenal dari Kodansha yang wajib Bibliobesties koleksi.

Inilah deretan manga terbitan Kodansha paling fenomenal a la Perimin.

1. Attack on Titan

Kemanusiaan telah dihancurkan oleh raksasa yang disebut sebagai Titan. Informasi tentang alasan mengapa mereka memakan manusia sangat sedikit, bahkan hampir tidak ada. Selama beberapa abad,  manusia yang tersisa bertahan hidup dalam sebuah tembok yang melindungi mereka dari ancaman Titan. Sebelumnya, kehidupan mereka terasa damai sampai Collosal Titan datang menghancurkan tembok pertahanan terakhir umat manusia.

2. Vinland Saga

Vinland Saga merupakan kisah sejarah Viking yang di adaptasi menjadi manga dan anime. Ditulis dan digarap ilustrasinya oleh Makoto Yukimura, Vinland Saga pertama kali rilis pada April—Oktober 2005 di majalah Weekly Shonen milik Kodansha. Setelah berhenti selama dua bulan, serial Vinland Saga kembali dirilis pada akhir Desember 2005 di majalah Seinen Monthly Afternoon yang juga dimiliki oleh Kodansa.

3. Akira

Akira, manga legendaris 6 edisi yang lahir dari tangan Katsuhiro Otomo dari Desember 1982 hingga Juni 1990. Pada 1988, manga ini diangkat menjadi sebuah anime, yang menginspirasi sekaligus menjadi tonggak anime modern. Akira adalah kisah distopia yang menggambarkan neo-Tokyo 2019 dengan Shotaro Kaneda, seorang pimpinan geng motor yang menjadi karakter utama. Neo-Tokyo adalah kota metropolitan yang akhirnya berhasil dibangun setelah serangan termonuklir. Geng motor merajai semua lini kehidupan sebagai penguasa. Juga, orang-orang berduit yang selalu berambisi melakukan hal-hal berbahaya yang cenderung merusak. Pada 2021, Akira kembali dilahirkan serempak dalam 1 set kotak karton tebal dengan gaya Jepang. Pecinta manga harus membacanya dari kanan ke kiri, dengan iliustrasi yang ikonik.

4. Blue Period

Yaguci Yatora jatuh cinta pada pandangan pertama pada sebuah lukisan. Ini adalah pertemuan awal yang akan mengubah jalan hidupnya. Bermodal dukungan dari orang-orang terdekatnya, Yatora mulai memantapkan dirinya untuk menempuh jalan seni di hidupnya. Dalam perjalanannya di dunia seni, ia benar-benar bergelut dengan impiannya dan menghadapi berbagai siklus yang klise namun sekaligus kompleks.

5. Blue lock

Tersingkirnya Jepang dari Piala Dunia FIFA 2018 membuat Asosiasi Sepak Bola Jepang memulai program untuk menciptakan pemain sepak bola berposisi penyerang yang hebat. Program ini disebut sebagai Blue Lock. Blue Lock merupakan sebuah proyek Asosiasi Sepak Bola Jepang untuk menciptakan penyerang terbaik. Program ini mengundang 300 pemain level sekolah menengah di seluruh Jepang. Siapa pun yang dapat lolos dalam program ini, mereka akan berkesempatan bergabung menjadi tim nasional Jepang. Namun, mereka yang gugur dalam program ini tidak akan mempunyai masa depan lagi di dunia sepak bola.

6. PTSD Radio

PTSD Radio sebuah manga horor besutan mangaka Masaaki Nakayama. Sebagai sebuah manga horor, PTSD Radio tidak hanya mengerikan melalui visualnya saja, kita juga akan merasakan kengerian melalui narasi yang dibawakan oleh Masaaki. Manga ini bercerita tentang makhluk dari legenda kuno yang dikenal sebagai Ogushi, atau Dewa Rambut. Ogushi menghantui dan menyiksa manusia tanpa terkecuali, baik wanita maupun laki-laki. Tidak banyak informasi yang diketahui tentang monster ini, hanya saja Ogushi akan berada pada tempat yang tak terduga, rambut manusia.

7. Tokyo Revenger

Setelah dua belas tahun, Hanagaki Takemichi lulus dari sekolah menengah Tokyo Manji. Ia lalu mendirikan Toman, sebuah geng yang paling ditakuti di Jepang. Pada suatu kejadian, perselisihan geng Toman menyebabkan mantan kekasih Hanagaki, Hina, meninggal dunia. Tidak lama setelah mengetahui berita tentang Hinda, Hanagaki terdorong ke rel di Stasiun Shinjuku. Beberapa detik kemudian, secara mengejutkan dia berada di dua belas tahun silam, tepat pada saat dia duduk di bangku sekolah menengah. Mulai dari sini Hanagaki hendak mencoba menyelematkan Hina, teman-temannya, dan mengubah wajah geng Toman dengan mengubah masa lalu.

8. Sailor V Eternal Edition

Di usia yang menginjak tiga belas tahun, Minako bertemu dengan seekor kucing yang bisa berbicara. Pada pertemuan ini, seketika mimpi minako berubah drastis. Ternyata, kucing yang ditemui Minako adalah Solider of Justice, Sailor V. Dari pertemuannya dengan kucing itu kini Minako menyadari, sihir gelap telah kembali ke Tokyo. Dia harus menggunakan kekuatannya untuk menghentikan Dark Agency yang berusaha memanipulasi industri hiburan dan memperbudak penduduk Jepang

9. Fire Force

Setelah melewati sebuah bencana The Great Disaster, kini manusia memasuki sebuah zaman yang disebut Solar Era. Pada masa ini, manusia harus menghadapi ancaman spontaneous human combustion yang membuat manusia termakan oleh kobaran api. Di sisi lain, terdapat orang-orang yang mempunyai kemampuan pyrokinetic yang dapat menjinakkan orang-orang yang termakan oleh kobaran api. Shinra Kusakabe adalah salah satu orang yang mempunyai kemampuan pyrokinetic di kakinya sehingga membuatnya di Si Jejak Kaki Iblis. Shinra saat ini bergabung berasama Brigade 8 Fire Force Tokyo untuk menghadapi fenomena infernal,atau situasi ketika manusia termakan oleh kobaran api.

10. Wotakoi: Love Is Hard for Otaku

Narumi Momose terlambat pada hari pertamanya bekerja. Pada kondisi tergesa-gesa ketika mengejar kereta, Narumi berjanji pada dirinya sendiri agar menyembunyikan jati dirinya sebagai otaku dan fujoshu. Namun tidak seperti yang di harapkan, di kantor Narumi bertemu dengan teman masa sekolahnya dulu. Karena lama tidak berjumpa, Hirotaka Nifuji mengajaknya untuk mampir minum selepas kerja. Setelah Narumi bercerita banyak tentang mantan kekasihnya, Hirotaka membuat perjanjian yang unik. Tertarik dengan perjanjian yang dibuat oleh Hirotaka, Narumi langsung menyetujuinya. Mulai dari sinilah kisah cinta mereka yang manis sekaligus malu-malu dimulai.

Demikianlah Rekomendasyik manga paling fenomenal terbitan Kodansha. Semua manga di atas memang menggoda untuk dimiliki. Tapi, menurut kalian manga mana yang paling menarik untuk dikoleksi?

Jika Bibliobesties ingin membaca Rekomendasyik lainnya, temukan di sini.