Buku Bocah Cilik – Editor’s Picks

Bagikan Artikel
Editor's Picks Buku Bocah Cilik

Bicara soal buku untuk bocah cilik, beragam pengalaman terkisahkan dan terdengar saat harapan mulia orangtua soal minat baca ini rupanya tidak berlangsung mulus pada praktiknya. Ada anak yang akhirnya lebih suka menonton daripada mengeja alfabet. Ada yang akhirnya kebingungan harus menyimpan koleksi buku yang mulai menumpuk. Ada yang malah merasa gagal karena sang buah hati lebih suka berlari-lari ketimbang duduk manis. Bahkan, ada yang menyalahkan pihak sekolah karena dirasa tidak menyediakan kurikulum yang benar dalam hal literasi.

Problematika semacam itulah yang kerap muncul hampir di setiap pengalaman menjadi #orangtuapenggerak untuk mendukung kemampuan, minat, dan kecintaan pada kegiatan membaca. Jeanne S. Chall, dalam salah satu bukunya, Stages of Reading Development, menjelaskan soal 6 tahapan anak dalam membaca. Tahapan ini didasarkan pada kemampuan setiap jenjang usia yang memang unik, mulai dari proses mengenal bentuk huruf, fasih membaca tanpa mengeja, sampai soal motivasi utama dalam membaca: mencari hal baru.

Perimin rasa memahami 6 tahap kemampuan membaca ini setidaknya jadi salah satu hal yang perlu mimi dan pipi pahami terkait menanamkan kebiasaan membaca, syukur-syukur melahirkan kecintaan akan dunia buku. Di bawah ini, Perimin pilihan beragam bacaan bocah kecil atau bocil yang selain beneran lejen, memang punya nilai lain, baik itu nilai warisan budaya bangsa, pun falsadah kehidupan. Langsung cuzz!

1. Ladybird Readers

Pilihan pertama buku bocah cilik Perimin sudah pasti jatuh pada seri Ladybird. Ladybird Readers ini adalah buku cerita untuk anak usia 5 – 12 tahun. yang didesain secara khusus untuk meningkatkan kemampuan dalam bahasa Inggris, mulai dari soal membaca, mendengar, berbicara, menulis, sampai berpikir kritis. Setiap buku sudah ditata sedemikian rupa agar memudahkan setiap anak untuk belajar bahasa Inggris sesuai dengan level yang dimulai dengan kata-kata pendek sampai kosakata yang lebih rumit dalam bentuk kalimat dan paragraf. Ide utama dalam Ladybird Readers ini menghadirkan cerita-cerita dari banyak karakter terkenal. Dengan motto utama Enthuse, Motivate and Encourage a Love of Learning,  Ladybird Leaders menghadirkan 4 pilar utamanya: Graded ELT Readers dengan bacaan dalam bahasa Inggris yang disusun bertingkat sesuai dengan usia anak-anak. Kedua, Favourite Characters and Topics Tema yang menghadirkan beragam karakter yang sudah akrab di telingat kita, seperti Peter Rabbit, My Little Pony, Peppa Pig, Ferrari, bahkan sampai BBC News yang menyajikan informasi dan pengetahun menarik tentang alam dan kehidupan margasatwa. Ketiga, CEFR & Cambridge Young Learners guna memberi arah akademis yang rapi dan terstruktur sesuai dengan Kerangka Acuan Bahasa-Bahasa Eropa, khususnya Bahasa Inggris dan standard silabus kemampuan bahasa Inggris model Cambridge Young Learners, seperti tahap Starters, Movers, Flyers, sampai KET. Terakhir, Referensi Digital yang membantu guru dan orangtua dengan memberikan tambahan sumber ajar yang bisa diunduh secara gratis lewat website resminya, www.ladybirdeducation.co.uk, berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau lesson plans. Juga disediakan Kartu Bergambar atau Flash Cards, naskah drama, audio versi AmE (American English), dan audio versi BrE (British English). Selain itu, terdapat pula lagu-lagu seperti theme song yang disesuaikan dengan judul buku, sampai kunci jawaban untuk lembar aktivitas.

2. Family Is SuperPower

9781684460359 Family Is Superpower

ISBN-13: 9781684460359

Batman, Superman, dan Wonder Woman punya banyak kemampuan luar biasa, tetapi tahukah kamu apa kekuatan super terbesar mereka? Keluarga! Dalam edisi baru ini, pohon keluarga dari para Pahlawan Super ini mencerminkan kehidupan anak-anak dalam kehidupan nyata dan keluarga mereka yang sama-sama beragam.

Baca Juga :  Inflasi - Rekomendasi Buku Ekonomi Populer

3. The Proudest Blue: A Story of Hijab and Famil

9780316519007 The Proudest Blue

ISBN-13: 9780316519007

The Proudest Blue menjadi salah satu buku pilihan New York Times dan juga Amazon. Buku bergambar ini banyak menarasikan hal-hal out of the box terkait identitas, jati diri, dan persaudaraan dalam kerangka agama. Dengan tata artistik yang apik, tak salah bila Waterstones menobatkannya sebagai salah satu buku bergambar terbaik tahun 2020. Alurnya kurang lebih mengisahkan Asiya dan Faizah yang sama-sama punya pengalaman perdana; hari pertama sekolah Faiza dan hari pertama Asiya berhijab. Hijab biru indah yang melambangkan perdamaian milik Asyik rupanya tidak berhasil membawa pesan kedamaian pada awalnya. Dengan berbekal keyakinan bahwa toleransi pasti akan terwujud, narasi ini akan menuntun para pembaca untuk melihat ikatan indah yang mendorong masing-masing dari kita yang sedang mengalami kesusahan dan dihujam kata-kata yang menyakitkan, bakal menemukan cara baru untuk menjadi lebih kuat. Buku ini bicara soal ketangguhan dalam konteks intoleran.

4. Indonesian Children’s Favorite Stories: Fables, Myths and Fairy Tales

9780804851503 Indonesian Children's Favourite Stories

ISBN-13: 9780804851503

Buku anak penuh warna dan gambar ini menyajikan dongeng Indonesia dan cerita rakyat lainnya tentang wawasan budaya lisan yang kaya. Terbentang di antara hutan hujan tropis, di pantai yang menawan, dan dataran tinggi terpencil di pulau-pulau Indonesia, cerita-cerita di dalamnya menawarkan pesan nilai-nilai tentang keberanian, kepandaian, cinta sejati, kebaikan dan kesetiaan diajarkan kepada anak-anak Indonesia. Kita bisa bertemu dengan para putri yang cerdik nan bijak, warga desa yang cerdas nan kritis, dan para penjelajah yang penuh tekad dan keberanian. Dengan ilustrasi indah dan khas Indonesia, kisah-kisah di dalamnya juga cocok untuk anak-anak WNA. Terselip wawasan tentang budaya, moral, dan lingkungan tradisional Indonesia. Meski buku ini ditujukan untuk anak-anak dalam kelompok usia 5 hingga 12 tahun, tetapi pembaca dari segala usia, tua dan muda pun dijamin akan menemukan keasyikannya tersendiri.

5. Little Prince

9781405288125 Little Prince

ISBN-13: 9781405288125

Buku anak penuh warna dan gambar ini menyajikan dongeng Indonesia dan cerita rakyat lainnya tentang wawasan budaya lisan yang kaya. Terbentang di antara hutan hujan tropis, di pantai yang menawan, dan dataran tinggi terpencil di pulau-pulau Indonesia, cerita-cerita di dalamnya menawarkan pesan nilai-nilai tentang keberanian, kepandaian, cinta sejati, kebaikan dan kesetiaan diajarkan kepada anak-anak Indonesia. Kita bisa bertemu dengan para putri yang cerdik nan bijak, warga desa yang cerdas nan kritis, dan para penjelajah yang penuh tekad dan keberanian. Dengan ilustrasi indah dan khas Indonesia, kisah-kisah di dalamnya juga cocok untuk anak-anak WNA. Terselip wawasan tentang budaya, moral, dan lingkungan tradisional Indonesia. Meski buku ini ditujukan untuk anak-anak dalam kelompok usia 5 hingga 12 tahun, tetapi pembaca dari segala usia, tua dan muda pun dijamin akan menemukan keasyikannya tersendiri.

6. The Jungle Book

9780241359907 Jungle Book

ISBN-13: 9780241359907

9780241253830 The Jungle Book

ISBN-13: 9780241253830

Ruyard Kipling mengisahkan Mowgli sebagai sosok anak laki-laki kecil dengan rambut sebahu, seorang anak rimba yang harus melawan harimau benggala demi membalaskan kematian ‘orangtua’ serigala-nya. Mogwli dibesarkan oleh Raksha, seekor serigala betina yang merawatnya seperti anaknya sendiri. Bahkan, Akela, seekor pemimpin kawanan serigala, selalu melindungi Mowgli dari buasnya para binatang di hutan. Saat datang musim kemarau panjang hingga sumber air di hutan mulai mengering, para binatang membuat perjanjian untuk menggunakan mata air tersebut bersama-sama dan tidak saling memangsa antar binatang. Shere Khan, seekor harimau benggala yang hadir, tak sengaja melihat Mowgli. Shere Khan yang memiliki dendam pada manusia kemudian berniat membunuh Mowgli usai gencatan senjata ini berakhir. Sampai akhir cerita, kita bakal diajak untuk melihat perjalanan Mowgli bertemu beragam jenis karakter binatang, mulai dari Bagheera si macan kumbang, Kaa si sanca, juga Baloo si beruang, termasuk menjawab pertanyaan, “Akankah Mowgli berhasil meredam amarah dan dendam Shere Khan?”

Baca Juga :  24 Buku Pilihan Obama

7. Gecko’s Complaint: A Balinese Folktale

9780794604844 Gecko's Complaint

ISBN-13: 9780794604844

Melalui buku penuh ilustrasi dan warna ini, kita bisa membaca kembali dongeng-dongeng klasik dari tanah Dewata, baik dalam tradisi lisan yang kaya. Gecko’s Complaint sendiri bercerita tentang Tokek tinggal di pulau cantik menawan. Karena tidurnya terganggu oleh ratusan kunang-kunang, dia mengadu kepada Raden, pemimpin singa hutan. Bisakah Raden membantu Gecko dan binatang lainnya menyelesaikan masalah mereka? Bisakah kedamaian dan kebahagiaan kembali ke hutan Bali? Buku pilihan TravelForKids.com ini cocok untuk anak-anak yang ingin mengenal Indonesia dalam keragamannya lewat kekuatan narasi pulau Bali, dengan seni adi luhung dan tradisi mendongeng diturunkan dari generasi ke generasi

8. Geronimo Stilton Fantasy 14: The Keepers of The Empire

9781338756920 Geronimo

ISBN-13: 9781338756920

Geronimo adalah tikus yang lucu dan memiliki sifat yang menarik ini kembali mengajak kita untuk berpetulangan di Kerajaan Fantasi. Pada seri ke-14 ini, Geronimo menolong sang permaisuri Kerajaan Fantasi untuk mendapatkan kedamaiannya kembali setelah diancam oleh bayangan gelap.Geronimo Stilton sendiri adalah seekor tikus memiliki rasa keingintahuan yang kuat dan karakter. Meski kerap kali nampak sebagai seekor tikus yang penakut, namun nilai-nilai etika dan moralitas yang sudah melekat pada diri Geronimo selalu meyakinannya untuk berbuat benar sebagaimana apa yang diajarkan oleh keluarganya, keluarga Stilton. Untuk menyelamatkan kekaisaran Kerajaan Fantasi pun, Geronimo harus memberanikan diri berhadapan dengan para peri, naga, dan juga penyihir.

9. Karen’s Witch: A Graphic Novel (Baby-Sitters Little Sister #1)

9781338315196 Karen's Witch

ISBN-13: 9781338315196

Karen bermimpi untuk memiliki dan mengorganisir sebuah komunitas. Tepat sekali, seorang sahabatnya, Hannie, baru saja mendapatkan anak kucing baru yang menggemaskan. Juga, tetangga mereka Amanda juga memiliki seekor kucing. Persis, Karen memiliki Boo-Boo yang sudah cukup usia dan agak tempramental. Sekarang setelah mereka semua memiliki kucing piaraan. Karen datang dengan ide bagus. Dia ingin memulai Klub Kittycat! Apa saja yang dilakukan komunitas ini? Meski Karen tidak bisa mengasuh bayi seperti Kristy, kakak perempuannya, tapi dia bisa mengasuh kucing! Pertanyaannya, “Adakah yang mau mempekerjakan Karen dan teman-temannya?” Jika ada, “Bakal seriuh apakah?”

10. Grimm’s Fairy Tales

9781841355054 Grimm's Fairy Tales Buku Bocah Cilik

ISBN-13: 9781841355054

9780241254462 Red Riding Hood

ISBN-13: 9780241254462

9780241298619 Hansel Gretel

ISBN-13: 9780241298619

9780241319550 Snow White

ISBN-13: 9780241319550

9780241283943 Rapunzel

ISBN-13: 9780241283943

9780241253786 Pied Piper

ISBN-13: 9780241253786

Dunia beruntung memiliki dongeng-dongeng terbaik sebagai buku untuk bocah cilik dari Grimm bersaudara, Jakob Grimm dan Wilhelm Grimm, mulai dari Hansel dan Gretel, Putri Salju dan 7 Kurcaci, Rapunzel, Si Kerudung Merah, Pangeran Kodok, Peniup Seruling dari Hamelin, Peri Kecil dan Pengrajin Sepatu, Musisi Bremen, Serigala dan 7 Bocah, sampai Periuk Bubur Ajaib. Cerita-cerita Grimm bersaudara ini begitu menginspirasi kehidupan anak-anak pada jamannya. Bahkan, sampai saat ini, setiap dongeng dikemas kembali dalam tampilan-tampilan yang lebih mengikuti perkembangan jaman. Tak luput juga, dibuatkan skenario dan masuk ke daftar film Box Office sepanjang masa.

***

Demikian rekomendasi buku bacaan bocah cilik pilihan Perimin. Semoga sungguh menginspirasimu ya! Salam #orangtuapenggerak #satuharisatubuku buku bocah cilik!