Buku Islami: Buku Pas Dibaca Pas Nunggu Buka

0
BUKU Pas Dibaca Pas Nunggu BUKA

Cukup sering kita mendengar ajakan “Berbuka dengan yang manis-manis.” Berkat kak Kanaya Sophia @possessivereader dan kak @podluckpodcast yang sangat kreatif dan inspiratif menghadirkan program BOOK-BER, Perimin jadi terinspirasi untuk merekomendasikan buku-buku yang dirasa pas dan cocok dibaca pas menjelang berbuka: Buka Buku Islami yang Pas Dibaca Pas Nunggu Buka.

Setidaknya, ada 7 pilihan dari Perimin yang Perimin yakin bahwa tujuh-tujuhnya memuat pesan religi dan nilai kehidupan yang mendalam. Paling utama tentunya, Daily Wisdom: Sayings of the Prophet Muhammad yang dijamin bakal membuatmu menangis tersedu dan haru setelah menyadari begitu sayang dan cintanya Allah Swt. terhadap kita. Diperkuat lagi dengan tuntunan dari A. Helwa @a.helwa_ lewat refleksi tentang Cinta Abadi yang menggambarkan betapa Allah mencintai manusia sebagai mahkluk ciptaan-Nya tanpa pandang bulu, selama kita bersedia membuka diri dan memohon ampunan. Cinta dan Ampunan-Nya luas.

Ada pula beberapa novel pilihan yang berlatarbelakangkan narasi perempuan-perempuan tangguh nan kreatif yang menjadi kuat karena punya pegangan iman dan hidup religius yang mendalam. Di sinilah, kunci kehidupan: Menjadi Semakin Kuat Di Hadapan Cobaan. Kamu bisa baca-baca buku Islami untuk melihat-lihat rekomendasyik asyik dari Perimin. Tetap kuat menahan diri dan menahan lapar yaaa. Jangan hanya karena tidak bisa mengendalikan diri selama bulan puasa, kamu hanya dapat laparnya, bukan pahalanya.

1. Daily Wisdom Sayings of the Prophet Muhammad

Buku Islami 9781847740182 Daily Wisdom Sayings of the Prophet Muhammad

ISBN-13: 9781847740182

Daily Wisdom ini mengupas dan menampilkan dalam visualisasi yang indah, tentang akhlak dan budi pekerti Islam dalam segala aspek kehidupan sehari-hari yang terinspirasi dari ajaran Nabi Muhammad SAW. Setiap halaman berisi 1 paragraf atau kalimat pendek berupa renungan, dengan total 365 renungan yang bisa kita kecap dan renungkan untuk semakin memperkuat aspek religiositas.

2. Secrets of Divine Love

Buku Islami 9781734231205 Secrets of Divine Love

ISBN-13: 9781734231205

Harus sesuci apakah kita agar Allah mencintai kita? Apakah harus bersih tanpa kesalahan setitik nila? Pernahkah Anda merasa jauh sekali dari Allah dan merasa kering karena beranggapan Allah tidak lagi memberikan rahmat yang melimpah? A. Helwa menghadirkan bagi kita permenungan yang terinpirasi dari narasi spiritual Al-Qur’an, puisi religi para pujangga, dan cerita dari para nabi, serta para guru dan pujangga spiritual. Melalui buku ini, kita diajak untuk memahami Rahasia Cinta Ilahi dalam sebuah perjalanan spiritual.

3. Hana Khan Carries On

9780593336366 Hana Khan Carries On

ISBN-13: 9780593336366

Hana punya keinginan menjadi penyiar radio. Namun, tidak mudah meniti karir menjadi seorang penyiar. Perlu bersaing. Sementara itu, Hana bekerja paruh waktu di sebuah restoran HALAL di Toronto. Sesekali, Hana menuangkan pikiran dan mimpinya ke dalam podcast. Rupanya, tanpa disangka, Hana punya hubungan spesial dengan salah satu pendengarnya. Sampai suatu kali, Hana menyadari sebuah rahasia keluarga yang membuatnya dikuasai kebencian. Sebagai jalan keluar, Hana memanfaatkan suara dan kekuatan komunitasnya untuk menyelesaikan pelbagai problematika.

4. A Thousand Splendid Suns

9781526604767 A Thousand Splendid Suns

ISBN-13: 9781526604767

Hubungan antara Mariam dan Laila semakin kuat karena keduanya sama-sama besar dalam situasi perang dan kehilangan di Kabul, Afganistan. Mereka berjuang bersama demi kelayakan hidup generasi setelah mereka. Khaled Hosseini menunjukkan bagaimana cinta seorang wanita untuk keluarganya mendorong keberanian untuk pengorbanan diri dengan cara yang heroik. Dan, pada akhirnya, cinta menjadi kunci untuk bertahan hidup.

5. Welcome Home

9780593231753 Welcome Home

ISBN-13: 9780593231753

Najwa Zebian, setidaknya, mengajak para pembaca untuk merenungkan 6 nilai kehidupan yang diyakini menjadi pemantik yang apik untuk proses penyembuhan luka batin: Cinta Diri, Pengampunan, Belas Kasih, Keterbukaan Diri, Pasrah Diri, Menghidupi Mimpi. Melalui renungan yang ditawarkan, Najwa menawarkan cara baru untuk memaknai diri kita sendiri sebagai sebuah rumah, tempat yang selalu menerima kita apa adanya. Dan, tempat ‘rehabilitasi’ paling bersahabat dalam proses healing.

6. The Sun and Her Flower

9781449486792 The Sun and Her Flower

ISBN-13: 9781449486792

Koleksi kedua dari Rupi Kaur ini bercerita banyak tentang perjalanan hidupnya yang dipenuhi semangat dan transenden tentang pertumbuhan dan penyembuhan dalam bahasa puitik. Metafora matahari dan bunga dipilih oleh Rupi karena refleksi pribadinya melihat proses bertumbuh, layu, gugur, memperkuat akar, terbit, dan mekar merekah: menjadi sebuah perayaan cinta dalam segala bentuk kehidupan.

7. A Very Large Expanse of Sea

Buku Islami 9781405292603 A Very Large Expanse of Sea

ISBN-13: 9781405292603

Koleksi kedua dari Rupi Kaur ini bercerita banyak tentang perjalanan hidupnya yang dipenuhi semangat dan transenden tentang pertumbuhan dan penyembuhan dalam bahasa puitik. Metafora matahari dan bunga dipilih oleh Rupi karena refleksi pribadinya melihat proses bertumbuh, layu, gugur, memperkuat akar, terbit, dan mekar merekah: menjadi sebuah perayaan cinta dalam segala bentuk kehidupan.

8. Editor’s Picks: Buku Tentang Keislaman

Islam adalah agama yang sangat dekat dengan buku. Betapa tidak? Wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad S.A.W. oleh Allah S.W.T. berbunyi iqra, yang berarti perintah untuk membaca. Namun demikian, kata yang merupakan ayat pertama surat Al Alaq tersebut, menurut M. Quraish Shihab, diambil dari akar kata yang artinya “menghimpun”. Dari sini, muncullah ragam makna lain dari kata “iqra” yang berarti “menyampaikan”, “menelaah”, “mendalami”, “meneliti”, “mengetahui ciri sesuatu”, dan “membaca teks”; baik tertulis maupun tidak tertulis.

***

Demikian rekomendasyik pilihan buku-buku Islami dari Perimin. Semoga membantu dalam pencarianmu.