Buku Islam – Editor’s Pick

0
Share
Editors Pick Islamic Books

Islam adalah agama yang sangat dekat dengan buku. Betapa tidak? Wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad S.A.W. oleh Allah S.W.T. berbunyi iqra, yang berarti perintah untuk membaca.

Namun demikian, kata yang merupakan ayat pertama surat Al Alaq tersebut, menurut M. Quraish Shihab, diambil dari akar kata yang artinya “menghimpun”. Dari sini, muncullah ragam makna lain dari kata “iqra” yang berarti “menyampaikan”, “menelaah”, “mendalami”, “meneliti”, “mengetahui ciri sesuatu”, dan “membaca teks”; baik tertulis maupun tidak tertulis.

Artinya, Islam adalah ajaran agama yang sangat menghargai keluasan cakrawala pengetahuan, baik pengetahuan ilmiah maupun spiritual. Dalam rangka inilah Perimin merekomendasikan Sembilan buku bertema Islami. Buku-buku yang Perimin tawarkan meliputi doa, pengalaman spiritual, pengetahuan sejarah, hingga aspek psikologis-spirtual.

1. Healing Verses of Holy Quran & Hadith

9781938058127 Healing Verses of Holy Quran & Hadith

ISBN-13: 9781938058127

Doa adalah sumber kekuatan orang-orang beriman. Ungkapan iman inilah yang rasanya digaungkan oleh Muhammad Hisham Kabbani, seorang guru Sufisme. Dalam buku ini, kita bisa menemukan doa-doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad S.A.W. sendiri. Rumusan-rumusan doa-doa tersebut diyakini mampu menguatkan orang-orang beriman dalam menghadapi rintangan, masalah kesehatan, halangan di bidang keuangan, dan persoalan pribadi lain. Ringkasnya, rumusan doa-doa dalam buku ini mampu membawa kedamaian di hati setiap orang beriman.

2. Heart, Self, & Soul: The Sufi Approach to Growth, Balance, and Harmony

9780835607780 Heart, Self, & Soul_ The Sufi Approach to Growth, Balance, and Harmony

ISBN-13: 9780835607780

Kita bisa membaca buku sebagai jalan untuk mengantar masuk ke dalam aliran Sufisme. Meskipun demikian, kita bisa juga melihat kekhasan lain buku ini. Robert Frager, seorang psikolog sekaligus seorang murid dalam jalan Sufisme, mencoba memadukan antara disiplin psikologi dan kebijaksanaan spiritual yang berakar pada tradisi tasawuf. Psikoterapi akan membantu kita mengenali dan “mengendalikan” aspek-aspek neurotik, sementara tradisi tasawuf akan membantu kita mencapai keseimbangan spiritual. Buku ini dipenuhi dengan kisah, puisi, latihan meditasi, dan menulis jurnal harian.

3. Angels in Your Presence

9781847741509 Angels in Your Presence

ISBN-13: 9781847741509

Buku karya Imam pemengaruh dalam dunia Islam di Amerika Serikat, Omar Suleiman, ini mengupas segala hal dari aspek spiritual tentang malaikat-malaikat Allah. Para malaikat Allah ini adalah sosok yang selalu menyertai jiwa kita sepanjang perjalanan hidup kita. Jika iblis terus-menerus mencobai kita agar jatuh dalam kejahatan, maka para malaikatlah yang akan memanggil dan menjaga kita untuk setia dalam jalan kebaikan. Tiga puluh refleksi iman tentang malaikat dalam buku ini akan membuat Anda menemukan peneguhan-peneguhan dalam menghidupi iman sehari-hari sebagai Muslim yang taat.

4. The Sacred Path to Islam: A Guide to Seeking Allah (God) & Building a Relationship

9781733213912 The Sacred Path Of Islam

ISBN-13: 9781733213912

Jika Islam diibaratkan sebagai jalan untuk mencapai Allah S.W.T., maka para Muslim yang taat adalah para peziarah yang sedang melakukan perjalanan dalam mencari Allah S.W.T. Buku ini adalah salah satu rekomendasi terbaik bagi Anda, para pencari Allah S.W.T. Tema-tema yang ditawarkan oleh buku ini adalah tema-tema fundamental. Melalui tema-tema itu, kita akan diajak untuk memahami alasan terdalam kita berada di dunia dan bagaimana kaitan kita sebagai pribadi dengan Sang Pencipta, Allah yang Maha Pengasih.

5. Banquet for the Soul

9781930409569 Banquet for the Soul

ISBN-13: 9781930409569

Buku kumpulan ceramah Muhammad Hisyam Khabbani selama bulan suci Ramadan ini bisa digunakan sebagai oase spiritual kapan pun Anda menjalani puasa Ramadan. Syekh Hisyam sendiri, seperti kita kenal, adalah tokoh Tarekat Naqsyabandi Haqqani, yang ada di Amerika Serikat. Tarekat ini memberi penekanan pada pengembangan spiritualitas dengan cara membentuk karakter positif manusia. Buku ini akan membawa Anda mengalami proses pemurnian hati untuk mencapai pencerahan spiritual dan kedekatan langsung dengan Allah S.W.T.

6. The Heart of Islam: Enduring Values for Humanity

9780060730642 The Heart of Islam

ISBN-13: 9780060730642

Karya Seyyed Hossein Nasr, seorang pengajar studi Islam di Goerge Washington University ini mencoba mengungkap “sisi lain” dunia Islam. Melalui buku ini, Nasr mencoba menggambarkan “jantung” Islam yang berpusat pada nilai perdamaian, cinta kasih, keadilan sosial, dan penghormatan. Selain itu, Nasr juga mengajak kita untuk menjelajahi nilai-nilai Islam dan menunjukkan landasan bersama dengan tradisi Yahudi dan Kristen yang memiliki akar pada tradisi iman Abrahamik yang sama.

7. Liberating the Soul: A Guide for Spiritual Growth, Volume One

9781930409149 Liberating the Soul

ISBN-13: 9781930409149

Ini adalah buku pertama dari seri Liberating the Soul, karya Syaikh Nazim Adil Al-Haqqani. Ulama dari Tarekat Sufi Naqsyabandi Haqqani ini memiliki garis keturunan langsung dari penyair dan mistikus Muslim, Jalaluddin Rumi, dari sisi ibunya. Dalam buku ini, kita akan menemukan ajaran-ajaran bagaimana menjaga diri dari kecemburuan, rasa iri dan keserakahan, mengelola stres dan rasa marah, hingga langkah-langkah terbaik mencapai kedamaian batin.

8. The Alchemy of Happiness

9781684221660 The Alchemy of Happiness

ISBN-13: 9781684221660

The Alchemy of Happiness ini adalah edisi cetak ulang dari karya Al-Ghazzali, seorang teolog, filsuf, dan tokoh Muslim aliran Suni paling produktif. Tokoh kelahiran Persia ini juga dikenal sebagai salah satu pemikir Muslim paling terkenal. Dalam karya ini, Al-Ghazzali memberi tekanan betapa pentingnya mematuhi persyaratan ritual Islam. Selain itu, juga ditekankan bagaimana melakukan tindakan yang mengarah pada kebaikan dan bagaimana menghindari tindakan yang membuat jatuh dalam dosa.

9. Call on Me: Powerful Supplications for Healing, Protection & Fulfillment of Needs

9781938058516 Call on Me_ Powerful Supplications for Healing, Protection & Fulfillment of Needs

ISBN-13: 9781938058516

Barangkali, Anda pernah merasa bahwa doa-doa yang dipanjatkan tidak mendapatkan “jawaban” dari Allah. Atau, di lain waktu Anda merasa berserah diri dalam doa namun juga merasa patah arang karena merasa Allah tidak mendengar doa Anda. Syeikh Hisyam Kabbani memberi penjelasan panjang lebar dan penuh kesejukan bagaimana seharusnya kita berdoa. Di dalam buku ini, bisa ditemukan doa-doa untuk tujuan khusus, seperti meminta kesembuhan, bertahan dalam situasi sulit, hingga memohon perlindungan. Kepada kita disediakan teks bahasa Arab dengan transliterasi dalam bahasa Inggris.

10. Rekomendasi Buku Islami

***

Nah, demikianlah rekomendasi Sembilan buku bertemakan spiritual Islam dari Perimin. Semoga bisa membantu pencarian spiritual Periplusian semua. Salam!