Buku Tentang Albus Dumbledore

0
Share
Buku tentang Dumbledore

Professor Albus Percival Wulfric Brian Dumbledore, O.M., Grand Sorc. D.Wiz, X.J., S. of Mag. Q., atau yang lebih dikenal dengan Albus Dumbledore adalah penyihir terhebat dalam Wizarding World. Dumbledore lahir pada musim panas tahun 1881. Pada awal karirnya, dia bekerja sebagai guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam. Selain itu, dia juga pernah mengajar Transfigurasi sebelum menjadi Kepala Sekolah Sihir Hogwarts. Diceritakan dalam Harry Potter dan Pangeran Berdarah Campuran, dia terbunuh pada 30 Juni 1007 oleh tongkat sihir Severus Snape.

Memang sangat disayangkan, dengan kekuataan dan penguasan ilmu sihir dan berbagai mantra, Dumbledore tidak mengambil jejak karir sebagai seorang Auror atau Menteri Sihir. Kecintaannya pada panggilan dan identitasnya sebagai seorang penyihir diwujudkan dalam pengabdian di dalam lembaga pendidikan sekolah sihir: Hogwarts.

Kebijaksanaan yang nampak dari raut wajah, sikap, dan tutur katanya terbentuk dari pengolahan hidup terus menerus mengingat masa lalu yang cukup kelam. Ayahnya, Percival, dikirim ke penjara Azkaban akibat secara sengaja menggunakan sihir di dunia muggles. Tentunya saja ini melanggar ketentuan Statuta Kerahasiaan International. Dan, dia meninggal di Azkaban ketika Dumbledore masih muda. Tak salah jika pertemuan dan persahabatannya dengan Gellert Grindewald mendorongnya menjadi sosok yang kala itu begitu ingin menguasai dunia para muggles.

Hubungan bromancenya dengan Grindewald sebenarnya boleh dikata misterius. Konon, diceritakan mereka hanya dekat sebagai sahabat. Namun, ada sumber lain yang mengatakan bahwa hubungan di antaranya lebih dari seorang sahabat. Pun, sebenarnya masih tersimpan misteri atas meninggalnya sang adik, Ariana, akibat dari duel besar antara Dumbledore dan Grindelwald.

Di bawah ini, Perimin rekomendasikan buku-buku yang membantumu untuk membaca lebih lanjut, siapa sebenarnya Penyihir Nomor Wahid se-Wizarding Wizard.

1. The Secrets of Dumbledore: Movie Magic

9781526654755-The-Secrets-of-Dumbledore-Movie-Magic

ISBN-13: 9781526654755

Albus tahu benar bahwa Gellert Grindelwald terus berupaya untuk menguasai dunia sihir. Karena tidak mungkin menghentikannya sendirian, dia meminta tolong pada seorang Magizoologist, Newt Scamander, untuk memimpin tim pemberani yang terdiri dari penyihir, guru, dan seorang Muggle pembuat roti yang pemberani dalam misi berbahaya, di mana mereka bertemu dengan binatang-binatang unik dalam duelnya dengan Grindelwald dan para pengikutnya.

2. Dumbledore: The Life and Lies of Hogwart’s Renowned Headmaster

9781948174787-Dumbledore

ISBN-13: 9781948174787

Kepala Sekolah Hogwarts ini adalah salah satu tokoh yang paling dikenal dan sekaligus misterius. Apakah sungguh dia mahatahu atau sebaliknya? Apakah dia baik hati atau sejujurnya menyimpan sisi jahat?

3. The Tales of Beedle the Bard – Illustrated Edition : A Magical Companion to the Harry Potter Stories

9781526637895-The-Tales-of-Beedle-the-Bar

ISBN-13: 9781526637895

The Tales of Beedle the Bard adalah kumpulan dongeng dari dunia sihir dengan tambahan cerita dan polesan dari Albus Dumbledore. Cerita Beedle the Bard sendiri adalah bacaan yang merangkum cerita tradisional yang menggambarkan tentang kebaikan sekaligus kerakusan para penyihir.