Buku tentang Keluarga, Cinta, dan Hubungan – Editor’s Pick

0
Share
Buku tentang Keluarga, Cinta, dan Hubungan - Editor's Pick

Harta yang paling berharga adalah keluarga/Istana yang paling indah adalah keluarga. Begitulah dua baris lirik awal serial tentang keluarga paling fenomenal tentang keluarga di Indonesia, Keluarga Cemara. Lagu ini sendiri diciptakan oleh Harry Tjahjono bersama si penulis novel Keluarga Cemara, almarhum Arswendo Atmowiloto. Lirik lagu “Harta Berharga” ini memang puitis. Bisa dijadikan ode untuk keluarga dengan aroma wangi yang semerbak. Hal ini sedikit berbeda dari lagu tentang keluarga dari The Cranberries, “Ode to My Family” yang berkisah tentang segala keterbatasan si vokalis/pencipta lagunya, almarhum Dolores O’Riordan. Dalam satu wawancara, Dolores pun mengakui bahwa masa kecilnya tidak mudah, keluarga menjadi satu hal yang penting baginya.

Pun, lirik lagu “Harta Berharga” yang banyak memakai sanjungan untuk menggambarkan kata “keluarga”, kisah film—apalagi jika kalian sempat mengikuti versi serialnya yang diputar di televisi swasta antara 1996 hingga 2005—Keluarga Cemara pun jauh dari gemerlap. Setiap keluarga selalu memiliki keruwetannya sendiri, tidak ada keluarga yang sempurna. Sebab, kesempurnaan hanya milik Tuhan semata.

Nah, Perimin mencoba memilah dan memilih sembilan buku tentang keluarga, cinta, dan hubungan. Betul, Perimin sengaja menyerempet-nyerempetkan tema buku-buku tentang keluarga dan seluk-beluknya ini dengan masa silaturahmi yang baru saja kita rayakan. Harapannya, masing-masing kita bisa bersyukur bahwa masih punya keluarga. Seburuk atau sebaik apa pun keluarga, kita perlu menginsyafi kata-kata Dolores O’Riordan: “sebab, kita dibesarkan supaya melihat hidup itu menyenangkan, merasakan kesenangan itu jika mampu…”

1. The 5 Love Languages

9780802412706 The 5 Love Languages

ISBN-13: 9780802412706

Hubungan yang mendalam, apa pun itu, terutama pernikahan selalu berlandaskan cinta, bukan? Namun, cinta bagaimanapun itu harus diwujudkan. Nah, dalam buku ini, Gary Chapman, penulis, pembawa acara radio, dan konselor keluarga membeberkan bagaimana cinta harus dibahasakan. Chapman menawarkan ide bagaimana membahasakan cinta kepada orang yang kita cintai melalui lima hal: pujian, waktu, hadiah, melayani, dan sentuhan fisik.

2. Bringing Up Bébé

9780143122968 Bringing Up Bébé

ISBN-13: 9780143122968

Apa ceritanya ketika seorang jurnalis plus mak-mak dari Amerika membesarkan bayinya di Prancis? Rupanya, ia menemukan begitu banyak perbedaan antara cara orang Amerika dan Prancis membesarkan bayi. Pamela Druckerman, seorang jurnalis The Wall Street Journal, membagikan pengamatannya selama tiga tahun dalam Bringing Up Bébé. Ditulis dengan apik dan jujur, buku ini bisa jadi referensi bagi orang tua muda dalam membesarkan anak-anak yang penuh keingintahuan dan kreativitas.

3. Nurture Your Child’s Emotional Intellegence

9781789562620 Nurture Your Child_s Emotional Intelligence

ISBN-13: 9781789562620

Buku ini layaknya kompas  yang bisa digunakan untuk mengarungi belantara proses menjadi orang tua. Secara khusus, buku ini memberikan panduan dalam mengasah kecerdasan emosional anak-anak. Mengasah kecerdasan emosional akan membantu anak-anak mampu memahami dan memproses dinamika emosi yang terjadi dalam diri mereka sendiri. Buku ini sangat cocok bagi orang tua yang sedang mendampingi anak-anak berumur 4—11 tahun.

4. All about Love

9780060959470 All about Love

ISBN-13: 9780060959470

Bell Hooks dalam All about Love menulis tentang cinta dalam cakupan yang luas. Ia mengajukan pertanyaan dasar yang sedikit berbau gugatan: Apa yang membuat masyarakat seolah terpisah menjadi dua kutub? Lalu, bagaimana caranya merekatkan ulang perpecahan yang terjadi dalam masyarakat? Bagi Hooks, cinta lebih sering didefinisikan sebagai kata benda. Padahal, jika kita mendefinisikan cinta sebagai kata kerja, segala hal akan jadi lebih baik. All about Love adalah tawaran proaktif bagi masyarakat modern dewasa ini yang mengalami kekeringan soal cinta.

5. The 5 Love Languages of Children

9780802412850 The 5 Love Languages of Children

ISBN-13: 9780802412850

Setiap orang tua pasti mencintai anak-anak mereka. Namun, bagaimana caranya para orang tua memastikan bahwa anak-anak mengetahui hal ini? Melalui buku ini, Gary Chapman dan Ross Campbell akan membantu para orang tua untuk bisa berbicara menggunakan bahasa cinta pada anak-anak mereka. Ada begitu banyak tips yang bisa digunakan agar komunikasi penuh cinta bisa terjalin antara anak dengan orang tua.

6. Teach Your Child to Read in 100 Easy Lessons

9780671631987 Teach Your Child to Read in 100 Easy Lessons

ISBN-13: 9780671631987

Membaca barangkali adalah proses paling ruwet yang bisa diajarkan orang tua pada anaknya. Jika sebagai orang tua hal ini dirasa benar, mungkin yang diperlukan adalah buku ini. Di dalam buku ini, Siegfried Engelmann, pengajar di University of Oregon di bidang pendidikan, menawarkan metode praktis langkah demi langkah bagaimana mempersiapkan anak menjadi pembaca independen. Latihan-latihan membaca dalam buku ini hanya membutuhkan waktu 20 menit per hari.

7. How To Talk So Kids Will Listen and Listen So Kids Will Talk

9781451663884 How to Talk So Kids Will Listen _ Listen So Kids Will Talk

ISBN-13: 9781451663884

Berkomunikasi dengan anak-anak memang bukan hal mudah. Anak-anak mungkin menggemaskan, tetapi ada banyak ekspresi yang bisa jadi keliru dipahami oleh orang dewasa. Atau sebaliknya, ekspresi orang dewasa tidak mudah dipahami anak-anak. Buku ini mengupas tuntas cara berkomunikasi secara efektif dengan anak-anak. Melalui buku ini, kita sebagai orang tua diajak untuk mengatasi perasaan negatif anak, melibatkan rasa kerja sama pada anak, dan akhirnya menyelesaikan konflik keluarga dengan damai.

8. Because of You, Dad

9781970147254 Because of You, Dad

ISBN-13: 9781451663884

Karya Kobi Yamada (penulis) dan Natalie Russell (illustrator) ini sangat sederhana, namun begitu jujur dan menyentuh. Buku ini coba merayakan peran seorang ayah. Dalam hidup, perhatian, tuntunan, dan cinta seorang ayah pada anaknya adalah segalanya. Melalui buku ini, kita bisa belajar berterima kasih atas kehadiran seorang ayah dalam keluarga. Buku dengan ilustrasi yang indah ini sangat cocok untuk anak-anak balita.

9. The Conscious Parent

Buku Tentang Keluarga 9781897238455 The Conscious Parent

ISBN-13: 9781897238455

Orang bijak bilang kalau anak-anak sesungguhnya adalah cerminan para orang tua mereka. Kita memang tidak akan pernah memiliki buku panduan menjadi orang tua yang sempurna. Sebab, setiap anak—dan juga orang tua—adalah unik. Melalui buku ini, Dr. Shefali Tsabary yang juga seorang psikolog klinis mengajukan gagasan bahwa mengasuh anak, bagi orang tua adalah kesempatan untuk bercermin. Artinya, mengasuh anak adalah kesempatan bagi orang tua untuk mengenali dan menyadari batin mereka sendiri. Bagi Dr. Shefali, inilah jalan masuk untuk orang tua dan anak-anak membangun sebuah tim yang disebut: keluarga.

***

Nah, demikianlah rekomendasi sembilan buku tentang keluarga, cinta, dan hubungan dari Perimin. Semoga bisa membantu pencarian makna menjadi keluarga bagi Book-Bestie semua. Salam! Kamu juga bisa melihat rekomendasyik dan Editor’s Pick lainnya.