Manfaat Bermain Jigsaw Puzzle (Bagian 2)

Bagikan Artikel
Image: Periplus Jigsaw

Kita sudah lima manfaat bermain jigsaw puzzle pada tulisan sebelumnya. Sekarang, saatnya kita melihat lima manfaat lain memainkan permainan ini.Ternyata, jigsaw puzzle dapat pula dijadikan sarana untuk menangkal penyakit Alzheimer, lho!

6. Mengasah kemampuan memecahkan masalah

Saat bermain jigsaw puzzle, kita bisa menggunakan berbagai pendekatan untuk menyelesaikannya. Sering kali, kita hanya perlu mencoba-coba berbagai metode. Melalui proses ini, kita bisa belajar menyusun teori, mencoba hipotesis, bahkan mengubah sudut pandang jika rencana yang sudah disiapkan sebelumnya tidak berjalan. Setidak-tidaknya, hal ini akan membuat kita jadi lebih inovatif dalam memecahkan masalah. Selain itu, kita juga dapat melatih cara berpikir kritis dan mengasah keterampilan beradaptasi dengan lingkup kerja.

7. Meningkatkan IQ

Salah satu fakta menarik tentang manfaat bermain jigsaw puzzle didapat dari penelitian yang dipimpin oleh Susanne Jaeggi dan Martin Buschkuehl pada 2008. Penelitian yang diprakarsai oleh kampus yang sekarang disebut Universitas Maryland itu menemukan bahwa bermain gim mampu meningkatkan kemampuan kognitif yang disebut sebagai fluid intelligence. Fluid intelligence sendiri adalah kemampuan yang digunakan untuk memcahkan persoalan-persoalan baru, mempelajari, menalar, melihat keterhubungan, dan memahami dasar dari segala hal. Intinya, kecerdasan bisa dilatih dan dikembangkan melalui permainan.

8. Jadi kolaborator yang lebih baik

Selain dijadikan permainan individual, jigsaw puzzle juga dapat dijadikan permainan yang melibatkan banyak orang. Sebuah divisi di Universitas Yale mencoba menyediakan beberapa aktivitas yang dapat mengurangi stres bagi para stafnya. Salah satu permainan yang dirasa efektif adalah jigsaw puzzle. Para staf yang mengisi waktu rehat mereka dengan beramin jigsaw puzzle bersama merasa mampu meningkatkan kualitas pertemanan mereka. Akibatnya, kemampuan bekerja sama dalam sebuah tim jadi meningkat.

Baca Juga :  10 Buku Paling Dicari November 2021 (Part 1)

9. Jadi lebih produktif

Bermain jigsaw puzzle membuat kita jadi lebih berbahagia dan meringankan tingkat stres. Dengan demikian, kita bisa menjadi lebih fokus. Fokus konsentrasi yang meningkat akan membuat kita menjadi lebih produktif. Dengan bermain jigsaw puzzle, kita seolah melakukan reset terhadap otak. Maka dari itu, tidak jarang kantor-kantor yang bidang pekerjaannya membutuhkan tingkat produktivitas tinggi menyediakan pemainan jigsaw puzzle di ruang rehat mereka.

10. Menangkal Alzheimer

Jigsaw puzzle dapat digunakan sebagai peranti untuk mencegah penurunan daya ingat. Jigsaw puzzle merupakan salah satu permainan yang dapat digunakan untuk “olah raga” otak. Sebuah tulisan dalam webmd.com menyebutkan bahwa lansia berusia 65 tahun atau lebih terbantu untuk menunda penurunan daya ingat dengan berlatih menggunakan jigsaw puzzle atau teka-teki silang. Latihan-latihan “olah raga” otak ini juga akan menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer.

***

Ternyata, bermain jigsaw puzzle sangat bermanfaat. Eits, tapi masih ada informasi tentang sejarah singkat jigsaw puzzle. Klik di sini untuk mencari tahu.