Mantra Harry Potter yang Perlu Diingat (Bagian 1)

Bagikan Artikel
image: Mantra Harry Potter

Menyambut Harry Potter Book Night 2022 (HPBN2022) yang sebentar lagi hadir, Perimin mau mengingatkan lagi beberapa mantra Harry Potter. Meskipun Perimin yakin para bibliophiles bin Potterhead pasti ingat mantra-mantra penting dalam seri Harry Potter, tak ada salahnya diingatkan lagi. Perimin sudah merangkum 20 mantra untuk kalian semua. Semoga rangkuman Perimin ini bisa menemani Magical Journey para Potterhead sekalian! Check them out!

1. Wingardium Leviosa

Mantra ini memiliki kemampuan untuk membuat benda-benda melayang di udara. Profesor Flitwick mengajarkan mantra ini pada Harry Potter dan kawan-kawannya di Harry Potter and the Philosopher’s Stone. Para murid Hogwarts angkatan Harry mengaplikasikan mantra ini pada bulu burung. Dalam buku yang sama, juga diceritakan Ron Weasley membuat para troll gunung melayang berkat mantra ini.

Cara mengucapkan mantra: [wɪŋˈɡɑrdiəm ˌlɛviˈoʊsə] wing-GAR-dee-əm LEV-ee-OH-sə

2. Sectumsempra

Mantra ini rupanya diciptakan oleh salah satu penyihir yang-paling-disalah-pahami dalam seri Harry Potter, yakni Profesor Severus Snape. Dalam Harry Potter and the Order of Pheonix, Snape menggunakan mantra ini kepada James Potter. Meskipun mantra ini meleset, tapi itu sudah cukup untuk membuat pipi James seperti tersayat pedang. Mantra ini bertujuan untuk melukai target dan menimbulkan efek yang serupa dengan luka yang diakibatkan oleh pedang. Mantra ini bisa dibilang sebagai mantra spesial Profesor Snape.

Cara mengucapkan mantra: [ˌsɛktəmˈsɛmprə] SEK-təm-SEM-prə

3. Salvio Hexia

Salvio Hexia adalah mantra untuk berlindung dari sihir. Mantra ini digunakan oleh Hermione Granger dalam Harry Potter and the Deadly Hallows. Saat itu, Ron terluka dan mereka bertiga baru kembali dari penyusupan ke Kementerian Sihir. Selain Salvio Hexia, Hermione juga mengucapkan mantra pelindung lainnya, yaitu Protego Totalum, Repello Muggletum, dan Muffliato.

Cara mengucapkan mantra: [ˈsælvi.oʊ ˈhɛksi.ə] SAL-vee-oh HEK-see-ə

4. Repello Muggletum

Tujuan mantra ini adalah menjaga para Muggle dari tempat-tempat sihir. Mantra ini juga bisa digunakan untuk membuat para Muggle melupakan pengalaman sihir yang sebelumnya mereka alami. Misalnya saja, tempat seperti Hogwarts dan Piala Dunia Muggle dilindungi oleh mantra Repello Muggletum. Tujuannya tentu untuk membuat para Muggle tidak perlu mengalami kebingungan saat bertemu dengan dunia sihir.

Baca Juga :  HPBN 2022: Periplus Kerja Bareng Indo Harry Potter

Cara mengucapkan mantra: [rɛˈpɛloʊ ˈmʊɡlətəm] re-PEL-oh MUG-lə-təm

5. Reparo

Reparo adalah mantra yang digunakan untuk memperbaiki barang-barang yang rusak. Mantra ini dapat ditemukan di banyak serial Harry Potter. Hermione, dalam buku, diceritakan pertama kali menggunakan mantra ini untuk memperbaiki kaca jendela yang pecah. Mantra ini dapat membuat benda-benda yang rusak seolah terbang dan memperbaiki dirinya sendiri seperti sebelumnya. Meskipun demikian, tidak semua benda yang rusak dapat diperbaiki menggunakan mantra ini, misalnya saja tongkat sihir yang rusak.

Cara mengucapkan mantra: [rɛˈpɑroʊ] re-PAR-oh

6. Reducto

Mantra Reducto mampu membuat benda-benda padat yang terkena menjadi meledak. Di dalam buku Harry Potter and the Goblet of Fire, diceritakan bagaimana Harry menggunakan mantra ini untuk menghancurkan pagar labirin saat dirinya mengikuti Turnamen Triwizard. Harry dan kawan-kawannya juga menggunakan mantra ini melawan para Pelahap Maut saat berada di Departemen Misteri. Kejadian ini mengakibatkan banyak Prophecy Orbs yang disimpan di Departemen Misteri hancur berantakan.

Cara mengucapkan mantra: [rɛˈdʌktoʊ]re-DUK-toh

7. Protego

Kita tahu bahwa mantra Protego diajarkan oleh Hermione kepada Harry saat sedang mempersiapkan untuk melakukan tugas ketiga dalam Turnamen Triwizard dalam Harry Potter and the Goblet of Fire. Arti harafiah mantra ini sendiri adalah, “aku melindungi.” Mantra pelindung ini dapat mengembalikan kutukan-kutukan “kecil” pada orang yang menggunakannya. Selain itu, mantra ini dapat memantulkan atau mengurangi efek untuk mantra yang lebih kuat. Namun demikian, ini semua tergantung keterampilan si pengguna mantra. Selain itu, mantra ini juga dapat menciptakan medan gaya pelindung untuk suatu area.

Cara mengucapkan mantra: [proʊˈteɪɡoʊ]proh-TAY-goh

8. Prior Incantato

Mantra Prior Incantato masuk ke dalam golongan charm atau jimat. Mantra ini membuat sebuah tongkat sihir mengungkapkan “gema” dari mantra terakhir yang diucapkan penggunanya. Dalam Harry Potter and the Goblet of Fire, diceritakan bahwa Amos Diggory, ayah Cedric Diggory, menggunakan mantra ini untuk mengecek mantra terakhir yang keluar dari tongkat Harry. Hal ini dilakukan karena tongkat sihir Harry berada dalam genggaman Winky, seorang peri rumah. Mantra ini juga bersifat kumulatif. Artinya, mantra ini dapat digunakan untuk mengecek beberapa mantra yang jauh sebelumnya keluar dari sebuah tongkat sihir.

Baca Juga :  Transportasi dalam Wizarding World (Bagian 2)

Cara mengucapkan mantra: [ˈpraɪ.ɔr ˌɪŋkænˈtɑːtoʊ]pri-ORin-kan-TAH-toh

9. Petrificus Totalus

Petrificus Totalus merupakan mantra kutukan yang membuat tubuh korban kaku, layaknya sikap sempurna seorang tentara yang seperti patung batu. Karena tubuh korban dibuat kaku seperti sebuah batu, maka korban biasanya jatuh ke tanah. Di dalam Harry Potter and the Philosopher’s Stone, Hermione menggunakan mantra ini kepada Neville Longbottom karena Neville hendak mencegah Hermione, Harry, dan Ron mencari Batu Bertuah (the Philosopher’s Stone) yang dibuat oleh seorang alkemis terkenal, Nicholas Flamel. Dari akar katanya, mantra ini berasal dari kata “petra” (berarti batu), “fieri” (menjadi), dan “totus” (penuh, menyeluruh). Jadi, jika dirangkai, mantra ini kurang lebih berarti: “menjadikan (seseorang) sepenuhnya membatu”.  

Cara mengucapkan mantra: [pɛˈtrɪfɨkəs toʊˈtæləs]pe-TRI-fi-kəs to-TAH-ləs

10. Obliviate

Dalam Harry Potter and the Chamber of Secret, Gilderoy Lockhart menggunakan mantra ini kepada Ron Weasley. Namun, karena tongkat sihir yang rusak, mantra ini berbalik pada Gilderoy sendiri sehingga sebagian besar ingatannya terhapus. Peristiwa lain yang agak mengharukan terkait dengan mantra ini adalah saat Hermione Granger menghapus ingatan kedua orang tuanya dalam Harry Potter and the Deathly Hallows. Hermione menghapus ingatan orang tuanya sehingga melupakan dirinya. Mantra ini ditemukan oleh Mnemone Radford yang bekerja di Kementerian Sihir untuk memodifikasi ingatan para Muggle yang memiliki pengalaman akan dunia sihir. Meskipun demikian, mantra jimat ini dapat dihancurkan oleh sihir yang lebih kuat, seperti yang dilakukan oleh Lord Voldemort ketika menyiksa Bertha Jorkins yang ingatannya sudah dihapus oleh Barty Crouch Senior.

Cara mengucapkan mantra: [oʊˈblɪvi.eɪt] oh-BLI-vee-ayt