10 Novel Wajib Dibaca Sebelum Nonton Filmnya

0
Share
10 Novel yang Wajib Dibaca Sebelum Nonton Filmnya

Tak jarang muncul pertanyaan di sekitar Perimin “mending baca bukunya atau nonton filmya?” Kalau Perimin, ya mending dua-duanya. Tentunya membaca dan menonton film memiliki kelebihan yang berbeda. Namun, menurut Perimin membaca buku sebelum menonton filmnya tentu akan lebih menarik. Bukan berarti menonton filmnya tidak menarik, ya—tolonglah, tulisan Perimin jangan dipelintir. Pasalnya, ketika membaca buku kita membangun sendiri karakter-karakter dalam ruang imajinasi kita. Ini satu keunggulan yang paling menarik. Kita mendapat kebebasan untuk memproyeksikan apa yang kita baca.

Di sisi lain, membaca buku sebelum menonton film akan mempermudah kita memahami alur film. Tentu saja, film memiliki keterbatasan dalam durasi, sehingga banyak bagian yang harus dipotong. Tentu saja, kita akan merasa sayang sekali jika kita tidak memahami secara utuh sebuah film yang kita tonton karena banyak adegan yang dipotong. Nah, untuk itu Perimin kali ini akan memberikan Rekomendasyik 10 novel yang wajib dibaca sebelum nonton filmnya.

Inilah Rekomendasyik 10 novel yang wajib dibaca sebelum nonton filmya.

1. Daisy Jones and The Six

Daisy adalah seorang gadis dewasa di LA. Di malam hari dia suka menyelinap ke klub Sunset Strip, tidur dengan bintang rok, dan bermimpi menjadi penyanyi. Pada usianya yang dua puluh tahun, suara dan kecantikannya menjadi daya tarik sendiri. Daisy Jones & The Six menceritakan ketenaran band rock The Six yang pada masa puncaknya bubar tanpa alasan yang diketahui oleh public.

2. American Born Chinese

Jin Wang merupakan imigran yang berasal dari Taiwan. Sebagai pendatang baru. Jin Wang mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan kebudayaan Amerika. Dalam menghadapi berbagai kesulitannya di Amerika, Jin Wang di bantu oleh seorang Dewi Guanyin dan Raja Kera.

3. One True Loves

Pada usia dua puluh tahun, Emma Blair menikah dengan Jesse, kekasihnya semasa SMA. Mereka memutuskan untuk membangun rumah tangga yang jauh dari orang tua dan kampung halaman mereka. Sampai pada hari ulang tahun pernikahan mereka, Emma harus menghadapi kenyataan bahwa Jesse telah hilang dalam suatu penerbangan. Emma kembali ke kampung halamannya dalam keadaan yang terpukul. Pada usia Emma yang ketiga puluh tahun, dia kembali menemukan cintanya dan memutuskan untuk bertunangan dengan pria bernama Sam. Namun hal yang tak terduga terjadi, Jese ditemukan dalam keadaan hidup. Kini, Emma harus membuat keputusan yang sulit, memilih tunangannya atau suaminya yang telah lama hilang.

4The Vanishing Half

The Vanishing Half menceritakan saudara kembar namun memiliki kehidupan yang jauh berbeda. Desiree dan Stelaa merupakan saudari kembar. Mereka hidup dalam kemiskinan karena ayah mereka meninggal sejak mereka kecil. Pada usianya yang ke 16 tahun, Desire dan Stelaa memutuskan untuk melarikan diri dari rumah. Berawal dari sini kehidupan mereka akan menjadi benar-benar berbeda satu sama lain.

5.  Hallowe’en Party

Joyce Reynolds, seorang anak berusia 13 tahun, ditemukan mengapung meninggal dunia dalam bak bir apel. Beberapa saat sebelum meninggal, dia sempat mengatakan bahwa Joyce telah melihat sebuah pembunuhan. Kematian Joyce yang penuh misteri ini mengundang Hercule Poirot untuk bertugas memecahkan kasus ini.  

6. The Color Purple

Cellie mengalami kehidupan yang memilukan, dia adalah korban kekerasan seksual oleh ayahnya sendiri. Meskipun baru menginjak umur 14 tahun, Celie sudah melahirkan dua anak dari ayahnya sendiri. Tidak sampai di sini saja, setelah Celie menikah dengan Mister dia masih mengalami kekerasan. Kehidupan Celie mulai berubah ketika dia berjumpa dengan Sofia.

7. The Seven Husbands of Evelyn Hugo

The Seven Husband of Evelyn Hugo memiliki sudut penceritaan yang menakjubkan! Evelyn adalah seorang duta film Hollywood yang telah memasuki tahap senja pada karirnya. Di satu sisi, Monique seorang jurnalis perempuan yang tidak bisa berkembang secara karir. Mereka dipertemukan karena Evelyn meminta Monique menulis biografinya. Tanpa disangka, kehidupan dua perempuan ini terhubung pada satu titik yang tragis.

8. Dune

Seorang gadis bernama Jo Kuan, 17 tahun, bekerja sebagai pembantu dari putri orang terkaya di Atlanta, Amerika Serikat. Sementara siang hari Jo bekerja sebagai pembantu, malam hari ia gunakan untuk menulis di suatu surat kabar dengan nama samaran. Dengan cepat, tulisan Jo menjadi ramai lantaran isinya mengkritik sistem sosial yang rasis dan patriarkis.

9. The Downstairs Girl

Seorang gadis bernama Jo Kuan, 17 tahun, bekerja sebagai pembantu dari putri orang terkaya di Atlanta, Amerika Serikat. Sementara siang hari Jo bekerja sebagai pembantu, malam hari ia gunakan untuk menulis di suatu surat kabar dengan nama samaran. Dengan cepat, tulisan Jo menjadi ramai lantaran isinya mengkritik sistem sosial yang rasis dan patriarkis.

10. The Power

Secara tiba-tiba, seorang perempuan remaja mendapatkan kekuatan fisik yang luar biasa. Kekuatan yang baru ini memungkinkan mengalirkan listrik ke tubuhnya. Kekuatan ini dengan cepat menular ke semua perempuan remaja. Saat ini mereka mempunyai kekuatan untuk menyiksa dan menghancurkan. Kondisi ini membuat dunia terbalik, saat ini lelaki menjadi takut untuk keluar malam.

Nah, itulah Rekomendasyik 10 buku yang wajib dibaca sebelum menonton filmnya. Semoga, dari daftar ini kita bisa semakin menikmati apapun bentuk karyanya. Sebab, setiap jenis karya mempunyai metode yang berbeda-beda untuk dinikmati.

Jika Bibliobesties ingin membaca Rekomendasyik lainnya, temukan di sini.