Depok, Kami Hadir!

0
Share

Hai Bibliobesties van Depok yang selalu mendamba toko buku Depok! Taukah kalian bahwa Depok sebelum berkembang seperti sekarang ternyata memiliki perjalanan yang panjang? Jika dilihat dari sejarahnya, bukti yang menyatakan pertama kali kata “DEPOC” terdapat dalam naskah Belanda. Dalam naskah tersebut, tertera bahwa Cornelis Chastelein membeli tanah di “Depok” dari seorang Residen di Cirebon, Lucas Meur, pada 18 Mei 1696. Kata “DEPOC” sendiri berasal dari akronim organisasi yang didirikan Cornelis Chastelein, De Earste Prostestante Organisatie van Christenen, yang berarti “Organisasi Kristen Pertama”.

Setelah Cornelis Chastelein menjadi tuan tanah, dia kemudian membuat Depok memiliki pemerintahan sendiri, lepas dari pengaruh dan campur tangan dari Hindia Belanda. Daerah otonomi Chastelein ini dikenal dengan sebutan Het Gemeente Bestuur van Het Particuliere Land Depok.

Toko Buku Periplus Margo City Depok

Pasca kemerdekaan Indonesia, Depok menjadi sebuah kecamatan yang berada di lingkungan Kewedanaan (Pembantu Bupati) wilayah Parung Kabupaten Bogor. Pada 1967, melalui proyek perumahan nasional di era Orde Baru, dibangun Perumahan Depok I dan Perumnas Depok II. Ditambah lagi, pembangunan Universitas Indonesia (UI) pada 1987 membuat Depok harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya.

Melalui perjalanannya yang panjang, saat ini kota Depok dikenal juga sebagai kota pendidikan. Tercatat terdapat 21 universitas negri dan swasta yang berada di Depok. Kita bisa menyebut tiga di antaranya: Universitas Indonesia, Universitas Gunadharma, dan Universitas Pancasila.

Toko Buku Periplus Margo City Depok

Selain infrastruktur berkembang secara pesat, literasi warga depok juga mengalami kemajuan. Tercatat dari tahun 2018 hingga 2020 minat baca Depok meningkat menjadi 66,37%.  Ini menandakan kebutuhan akan bahan bacaan juga meningkat seiring dengan perkembangan Kota Depok.

Sejalan dengan Komitmen kita, Periplus turut hadir di Depok untuk membantu meningkatkan literasi dengan buku dan majalah yang berkualitas. Periplus akan selalu ada untuk menjadi rujukan bagi kalian yang akan mengembangkan diri dalam dunia literasi. Semoga, eksistensi Periplus di Depok mampu membantu meningkatkan literasi masyarakat Depok.

Salam hangat untuk Bibliobesties van Depok, kami nantikan kedatangan kalian di gerai kami! Ciao! Lokasi persisnya, ada di lantai LG!

***

Tekan untuk melihat lokasi toko-toko Periplus di Indonesia!