Pia Wurtzbach: Kisah Abadi Dalam Sebuah Buku

Bagikan Artikel
Pis Wurtzbach Kisah Abadi Dalam Sebuah Buku
Foto ini diambil dari akun instagram @piawurtzbach

Penobatan Miss Universe yang berlangsung di Planet Hollywood Resort and Casino, Las Vegas, Amerika Serikat pada 2015 lalu adalah momen yang tak akan pernah bisa dilupakan. Presenter Steve Harvey secara mengejutkan mengumumkan bahwa Miss Kolombia, Ariadna Gutiérrez, adalah Miss Universe 2015. Namun beberapa menit kemudian, Steve Harvey mengaku telah salah mengumumkan. Dia meminta maaf dan mengumumkan kembali bahwa Miss Filipina, Pia Wurtzbach, adalah perempuan paling cantik sejagat 2015.

Mendengar pernyataan tersebut, suasana panggung menjadi semakin tegang. Benak setiap orang pun dipenuhi kebingungan. Pia Wurtzbach dan Ariadna Gutiérrez pun bergeming. Keduanya tidak tahu harus berbuat apa. Hingga saat ini, kejadian itu adalah salah satu insiden yang paling dikenang dalam sejarah kontes kecantikan Miss Universe dan tentunya dalam sejarah hidup Pia Wurtzbach, sang pemenang Miss Universe 2015.

Perjuangan Pia Wurtzbach  

Pia Wurtzbach Kisah Abadi Dalam Sebuah Buku
Foto ini diambil dari website cnnindonesia.com

Pia Alonzo Wurtzbach lahir di Stuttgart, Jerman Barat, pada 24 September 1989. Ayahnya orang Jerman, sementara ibunya berdarah Filipina. Pia memiliki adik perempuan. Dua tahun lebih muda. Keluarganya memutuskan untuk menetap di kota Cagayan de Oro, saat Pia masuk Taman Kanak-Kanak, setelah sempat beberapa kali berpidah-pindah di Pulau Mindanao, Filipina.

Sejak balita, Pia Wurtzbach telah belajar tiga bahasa, yaitu bahasa Inggris, Filipina, dan Jerman. Sekolah menengah diselesaikan Pia di Pusat Pembelajaran Jarak Jauh ABS-CBN di Quezon, Metro Manila. Pia juga sempat belajar seni kuliner di Pusat Studi Kuliner Asia di San Juan, Metro Manila.

Karier sebagai model dan aktris dimulai saat Pia menginjak usia empat tahun. Nama panggungnya Pia Romero. Ayah dan ibu Pia memutuskan untuk bercerai saat usianya 11 tahun. Pia lalu tumbuh dan berkembang di dunia modeling dan akting. Ia menjadi tulang punggung keluarganya. Selain menjadi model dan aktris, Pia sempat menjadi pembawa acara, penata gaya, penata rias, dan penulis kecantikan untuk Philippine Daily Inquirer.

Ia pernah mengikuti beberapa kontes kecantikan sebelum memenangkan Miss Universe 2015. Pada 2013, Pia dinobatkan sebagai runner-up pertama dalam kontes kecantikan lokal, Binibining Philipinas. Setahun kemuadian, Pia kembali mengikuti Binibining Philipinas, meskipun hanya menempati posisi 15 besar.

Baca Juga :  10 Novel Wajib Dibaca Sebelum Nonton Filmnya

Kisahnya abadi dalam novel Queen of Universe

Pada Selasa 22 Agustus 2023, Pia Wuurtzbach mengumumkan bahwa novel karyanya, Queen of the Universe, akan terbit pada September 2023. Buku ini akan dirilis di berbagai  belahan dunia. Dalam wawancara bersama CNN Filipina, Pia menjelaskan bahwa novel ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata dirinya sendiri. Melalui novelnya ini, Pia hendak mengajak para pembacanya masuk dalam pergolakan batin seorang ratu kecantikan.

Pia Wurtzbach Kisah Abadi Dalam Sebuah Buku
Foto ini diambil dari website mb.com.ph

Queen of the Universe bercerita tentang seorang gadis remaja bernama Cleo yang menjadi tulang punggung keluarga. Sejak dia masih remaja, Cleo sudah bekerja sebagai model untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Jalan terjal kehidupan dihadapi Cleo ketika melanjutkan kariernya ke dunia kontes kecantikan. Dengan latar kehidupan perkotaan Manila yang mewah, Queen of the Universe adalah senandika tentang pencarian diri. Kisah dalam buku ini layaknya perigi di tengah gurun sensasi kehidupan selebritas yang sering kali sebatas fatamorgana.