Rekomendasyik 9 Buku untuk Memahami Wanita

0
Share

Sepanjang sejarah manusia, wanita telah menghadapi berbagai persoalan dalam kehidupan. Salah satu persoalan yang tidak kunjung selesai adalah kesenjangan gender. Manifestasi gender merupakan persoalan yang sifatnya saling terkait dengan banyak hal lain. Misalnya, kesenjangan gender dapat melahirkan sifat dan stereotipe yang dianggap masyarakat sebagai kodrat, bahkan hukum Tuhan. Konstruksi atau rekayasa ini mengakibatkan perempuan pada posisi yang tidak menguntungkan, seperti subordinasi, marginalisasi, pemberian label, hingga kekerasan dan penyiksaan.

Dari berbagai persoalan yang dihadapi oleh perempuan, memahami perempuan bukanlah perkara yang mudah. Untuk itu, kali ini Perimin telah menyiapkan Rekomendasyik 9 buku untuk memahami wanita. Apa saja buku-buku yang Perimin siapkan? Yuk, simak lebih lanjut.

1. What Women Want

Maxine Mei-Fung Chung seorang psikoterapis dan psikoanalitik yang terkenal dari beberapa perjalanan terapinya kepada beberapa wanita. Buku ini merupakan kumpulan studi kasus dari tujuh wanita yang pernah terlibat dalam interaksi terapeutik dengan Maxine. Tujuan sederhana Maxine untuk mengeksplorasi dan memahami keinginan terdalam para wanita.

2. Wise Words for Women

Donna Lancaster, terapis psikologi, mengumpulkan semua data selama 25 tahun ia melakukan praktiknya menjadi sebuah buku. Dalam Wise Words for Women, dia menawarkan pedoman arah jalan hidup yang selalu berubah. Dengan kata-kata yang menenangkan, menghibur, menantang sekaligus menginspirasi buku ini sangat cocok untuk kalian yang sedang membutuhkan inspirasi atau kata-kata penyemangat.

3. They Call It Love

Melalui pemahaman cinta sebagai reproduksi emosional, Alva Gotby menyampaikan bahwa kehidupan emosional kita pada dasarnya bersifat politis. Reproduksi emosional bukanlah sesuatu yang biasa kita pikirkan atau perhatikan. Ini bekerja sendiri ketika kita melakukan interaksi dengan anggota keluarga, teman, rekan kerja, dan siapa pun itu yang menciptakan kehangatan emosional dengan kita.

4. Healing Thourgh Words

Sebagai suatu olah jiwa yang rentan dan renta ini, Healing Thourgh Words menawarkan panduan melangkah bagi diri di tengah-tengah trauma, kehilangan, sakit hati, cinta, keluarga, penyembuhan, dan perayaan diri. Kata-kata yang disajikan memberikan kita harapan untuk menghadapi segala yang terjadi. Tulisan Rupi Kaur ini mengingatkan kita akan kekuatan bahasa yang dapat menyembuhkan juga mengubah hidup kita.


5. A Gentle Reminder

A Gentle Reminder adalah obat yang sempurna untuk hati yang patah karena harapan. Dengan kata-kata yang lembut, buku ini menjadi pengingat untuk kita menjalani hidup. Buku ini memberi kita pesan betapa pentingnya menjalani hidup dengan cinta demi memperoleh kehidupan yang layak kita dapatkan.

6. 101 Essays That Change The Way You Think

Beberapa tahun terakhir, Brianna Wiest menjadi pembicaraan karena tulisannya yang filosofis. Dalam bukunya ini, Wiest akan memberikan penjelasan mengapa kita harus mengejar tujuan di atas hasrat, merangkul pemikiran negatif, melihat kebijaksanaan dalam rutinitas sehari-hari, dan menyadari bias kognitif yang menciptakan cara kita memandang hidup. 101 Essays That Will Change the Way You Think adalah kumpulan tulisan yang paling disukai oleh Brianna Wiest.

7. Breasts

Breasts adalah sebuah pengantar yang informatif, praktis, dan menarik untuk memahami dan merawat bagian tubuh kita yang selalu diobjektifikasi. Buku ini mengungkapkan hal-hal penting yang perlu kita ketahui saat ini dan apa yang kita harapkan pada masa yang akan datang. Tidak hanya membantu untuk lebih memahami tubuh, membaca buku ini mampu mengubah hidup kita dengan sudut pandang yang baru.

8. Bitch

Sebagian besar buku pelajaran biologi atau zoologi mengajarkan kita melalui sudut pandang spesies jantan. Berkali-kali, Lucy Cooke menyoroti ahli biologi dan zoologi wanita yang diremehkan, karena dianggap menyebarkan hipotesis yang dianggap salah tentang betina dari spesies binatang apa pun. Spesies secara tradisional dianggap lebih berkembang dan cerdas, masuk akal, imajinatif, lebih unggul dari wanita. Bitch mencoba melucuti gagasan-gagasan akademis yang tidak peka gender, setidaknya dari dunia binatang.

9. Me vs Brain: An Overthinker’s Guide To Life

Melalui tulisannya, Hayley berbagi pikiran-berlebihannya dan tidak menyarankan untuk ditiru. Dikisahkannya segala hal mulai dari momen berkencan, soal kesehatan mental, sampai ‘perkakas’ yang dibutuhkan saat menstruasi. Hayley mengajak kita untuk istirahat dari suara-suara otak yang tanpa henti agar kita bisa bersukacita dan menertawakan betapa miripnya kita semua.

***

Nah, di atas tadi Rekomendasyik sembilan buku untuk memahami wanita. Semoga, dari Rekomendasyik ini kita dapat sedikit memahami persoalan yang sedang dihadapi oleh perempuan. Sebab untuk mencapai kehidupan yang lebih baik kita perlu saling memahami dan mengerti.

Jika kalian ingin melihat rekomendasi lainnya, temukan di sini.