Anak Aktif Dan Kreatif – Rekomendasi Buku Anak

0
Share
Editor's Pick Anak Aktif & Kreatif

Kurang lebih 58 tahun yang lalu, Walt Disney merilis karakter Mary Poppins yang berhasil mendapatkan tempat di hati keluarga dan anak-anak. Mary Poppins sendiri digambarkan sebagai seorang pengasuh dengan pendekatan pola pengasuhan yang unik. Sang pemeran, Julie Andrews, yang juga mengambil peran sebagai mbak Maria dalam The Sound of Music begitu cakapnya memperkenalkan anak-anak menjadi aktif dan kreatif lewat pelbagai petualangan dramatis dan fantastis bak menghidupkan segala rupa ilustrasi dalam buku-buku anak.

Karakter Mary mengingatkan Perimin pada sosok Charlotte Manson (1842-1923) yang mengabdikan diri pada dunia pendidikan anak-anak. Suatu kali beliau menulis demikian, “Seorang anak memahami moralitas justru dari dongeng-dongeng yang disukai.” Tidak heran, salah satu ciri pendekatan dalam model pendidikan Charlotte Manson adalah menyediakan waktu untuk membaca cerita-cerita dari buku anak klasik, seperti karya-karya Beatrix Potter, mulai dari Si Kelinci Peter, Si Itik Jemima, Si Tikus Johnny, sampai Si Tupai Nutkin.

Sebagai seorang pengasuh eksentrik pun, Mary Poppin punya prinsip pengasuhannya sendiri, “Kamu harus tahu bahwa setiap anak itu memiliki dunia fantasinya sendiri-sendiri.” Dunia fantasi ini menjadi media tempat di mana anak-anak belajar tentang berbagai macam hal. Dan, salah satu media terbaik untuk menghidupkan fantasi ini adalah: buku anak itu sendiri.

Melalui tulisan ini, Perimin mau berbagi rekomendasyik buku-buku anak yang dilengkapi dengan beragam aktivitas sehingga menjadikan pengalaman belajar, membaca, dan bermain dengan buku menjadi lebih seru. Harapannya, BiblioBesties semakin punya banyak referensi untuk mencari buku anak bermutu yang semakin membuat anak lebih aktif dan kreatif.

1. Cocomelon – Piano Book

9780655217022 Coco Melon Piano Book

ISBN-13: 9780655217022

Siapa tidak tahu karakter Cocomelon? Kanal YouTube terpopuler di Amerika, bahkan di seluruh dunia ini menjadi salah satu akun yang paling banyak subcribernya. Dalam kemasan karakter-karakter dari sebuah keluarga ideal dengan 3 anak yang saling suportif: mas Tomtom, mbak Yoyo, dan adik bayi JJ, konten-konten yang ditawarkan berbentuk video dan audio khusunya untuk beberapa lagu ciptaan mereka dan lagu anak-anak tradisional, seperti Wheels On The Bus, Bingo, sampai Twinkle Little Stars. Buku terbitan Lake Press ini menampilkan notasi-notasi lagu populer di serial kanal Cocomelon yang bisa dipelajari dengan mudah dan menyenangkan. Menariknya, notasi musik ditampilkan dalam rupa gambar yang penuh warna dan ikonik.

2. First Steps Write and Wipe ABC with Sounds

9781488904752 First Steps Write and Wipe ABC with Sounds

ISBN-13: 9781488904752

Buku Steps Write and Wipe ABC with Sounds menjadi salah satu andalan bagi orangtua untuk memperkenalkan abjad dan bagaimana abjad digunakan dalam kosakata sehari-hari. Dengan lebih dari 2 contoh kata dan gambar untuk setiap abjad, rasanya si kecil akan lebih mudah memahami konsep dan konteks abjad. Ditambah lagi, ada tambahan audio yang tentunya cocok sebagai sarana melatih sensor suara. Misalnya, “U for Ukulele jreeeng … jreeeng jreeeng!” Selain itu, juga disediakan media untuk melatih motorik halus dalam penulisan huruf dan melanjutkan titik-titik pada sebuah gambar. Jika tombol dengan ikon notasi ditekan, maka akan muncul lagu A-B-C model Twinkle-Twinkle Little Stars.

3. My First Look Find Sound Book Animal

9781839235931 My First Look Find Sound Book Animal

ISBN-13: 9781839235931

Mengenali suara binatang menjadi salah satu cara untuk membangun komunikasi antara pipi-mimi dan sang buah hati. Dengan audio suara hewan yang begitu mirip dengan suara asli, si kecil pasti terbantu untuk mengenali pelafalan lewat kata-kata khas. Misalnya, neigh untuk kuda, awoooo untuk gajah, snap untuk buaya, atau woof woof untuk anjing. Selain menjadi media untuk melatih indera pendengaran, buku ini sangat pas digunakan sembari menemani si kecil bermain sambil tebak-tebakan, “Suara apa tuh? Suara siapa ya ini?

4. The Bedtime Book of Animals: Take a Peek at more than 50 of your Favourite Animals

9780241533499 The Bedtime Book of Animals

ISBN-13: 9780241533499

Waktu sebelum tidur menjadi salah satu waktu bonding yang paling ditunggu-tunggu oleh si kecil. Setelah menanti dedi-mommy yang seharian berkerja, waktu sebelum tidur adalah ruang untuk saling berbagi afeksi. Salah satunya, lewat membacakan cerita. Buku ini menyajikan beragam fabel yang mudah dihapal, mudah dipahami, bahkan sungguh terbuka untuk dikembangkan dan dibuat lebih personal. Imajinasi si kecil akan terlatih lebih baik guna membantunya menata pola pikir a la narasi yang lebih tertata.

5. Tiny Ceramics Studio

9781338745245 Tiny Ceramics Studio anak aktif dan kreatif

ISBN-13: 9781338745245

Boleh dibilang ini bukan murni buku, melainkan sebuah panduan untuk membantu si kecil mengasah kemampuan motorik kasarnya lewat karya seni. Dengan beragam panduan tentang bagaimana membuat keramik atau gerabah, tak lupa juga secara tidak langsung si kecil diajak untuk mengasah kreativitas lewat kegiatan seni dan tradisi. Inilah alasan buku ini masuk sebagai salah satu referensi buku anak aktif dan kreatif.

6. Fold-Out Timeline of Planet Earth

9781474991506 Timeline of Planet

ISBN-13: 9781474991506

Bagi yang selalu penasaran dengan bagaimana bumi ini bekerja, buku ini menjadi pilihan yang tepat bagi orangtua untuk menjelaskan pertanyaan-pertanyaan saintifik terkait ilmu alam dan ilmu bumi. Dengan ilustrasi yang detil dan imajinatif, si kecil pun akan terbantu untuk menjawab keraguan dan rasa penasarannya tentang tata surya, magma, dinosaurus, minyak bumi, sampai manusia purba.

7. I Can be Patient

9781529060720 I Can Be Patient

ISBN-13: 9781529060720

Sebagai orangtua, mengajarkan sopan-santun adalah salah satu tantangan besar. Di setiap wilayah, norma semacam ini sungguh terikat pada budaya setempat. Melalui buku ini dan serialnya, orangtua dibantu untuk mengilustrasikan sikap dalam norma sopan-santun. Tidak hanya soal bagaimana menjadi sabar, tapi juga mengatasai amarah, mengungkapkan semangat secara wajar, sampai menunjukkan rasa kasih sayang. Dengan catatan khusus dari psikolog anak, tentunya buku ini dipastikan buku yang tepat sebagai salah satu referensi parenting.

8. Maze Book: Follow Me Farm

9781684491230 Follow Me Farm

ISBN-13: 9781684491230

Melatih motorik halus dan kasar pada si kecil diawali dengan bagaimana orangtua mengajarkan bagaimana si kecil menggerakan jemarinya. Lewat buku Follow Me dengan jalur untuk jari, pengalaman berlatihn menggerakkan jemari si kecil tentu akan sangat menyenangkan. Sebab, dilakukan dalam konteks peternakan di mana si kecil dan orangtua bisa sambil bercerita dan menirukan suara binatang sehingga suasana bermain pun menjadi lebih ceria.

9. Dr. Seuss Workbook: Preschool: 300+ Fun Activities with Stickers and More! (Alphabet, Abcs, Tracing, Early Reading, Colors and Shapes, Numbers, Counting, etc.

9780525572190 Dr. Seuss Workbook

ISBN-13: 9780525572190

Karakter Dr. Seuss menjadi salah satu legenda hidup dalam dunia literasi baca tulis. Melalui buku tugas atau workbook ini, disajikan beragam latihan-latihan ringan untuk anak usia 3-6 tahun terkait keterampilan dasar Literasi dan Numerasi. Bagi orangtua atau guru yang sungguh peduli pada perkembangan kemampuan Literasi dan Numerasi, buku ini menjadi media yang paling cocok untuk melatih beragam kemampuan lewat beragam tantangan yang tentunya menyenangkan. Tidak salah jika buku ini masuk sebagai salah satu referensi buku anak aktif dan kreatif.