Rekomendasyik Buku tentang Palestina-Israel

0
Share

Hai Bibliobesties, kali ini Perimin hendak membagikan Rekomendasyik buku-buku tentang Palestina-Israel. Serangan pertama Hamas pada 7 Oktober lalu, menjadi alasan Israel membumihanguskan Palestina. Bahkan, hingga saat ini, serangan Israel atas Palestina masih terus berlangsung. Akibatnya, sudah lebih dari 13.000 warga sipil Gaza yang tewas. Protes terhadap serangan Israel di Gaza pun mencuat dari berbagai penjuru dunia.

Dalam situasi seperti ini, langkah paling sederhana yang dapat kita ambil adalah berusaha memahami dan mempelajari peristiwa yang sedang berlangsung. Selain itu, penting juga untuk mencari tahu detail-detail kebenaran sejarah yang mungkin telah dipelintir, serta tetap terbuka untuk membaca fakta-fakta terbaru. Untuk itu, Perimin telah menyiapkan rekomendasi buku-buku yang dapat membantu melihat secara mendalam konflik Israel-Palestina. Berikut, buku-buku yang menurut Perimin dapat membawa kita melihat lebih dekat konflik antara Palestina dan Israel.

1. Hundred Years’ War on Palestine

Konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina bukanlah fenomena baru, melainkan produk dari sejarah panjang kolonialisme dan perampasan. Melalui buku ini, Rashid Khalidi melacak akar konflik tersebut hingga akhir abad ke-19, ketika gerakan Zionis mulai mendorong pendirian negara Yahudi di wilayah Palestina. Khalidi berpendapat bahwa gerakan Zionis pada dasarnya cacat sejak awal, karena berusaha untuk mendirikan negara di atas tanah yang sudah dihuni oleh jutaan orang Palestina.

2. Palestine A Four Thousand Year History

Dengan menilik lebih dalam pada teks-teks Mesir dan Asiria, Nur Masalha mengeksplorasi bagaimana Palestina—dan identitas Palestinanya—telah berkembang selama ribuan tahun, mulai dari Zaman Perunggu hingga saat ini. Melalui penyelisikannya pada sumber dan situs arkeologi terkini, Masalha berhasil menunjukkan kepentingan-kepentingan tertentu yang membuat pemutarbalikan dan mitos-mitos terhadap masa lalu Palestina yang multikultural. Dalam prosesnya, Masalha mengungkapkan bahwa penelitiannya ini bertentangan dengan konsep umum. Penelitiannya bukanlah sebuah penemuan modern atau sesuatu yang dibuat untuk menentang Israel. Namun sebaliknya, ini adalah akar kuat dalam sejarah Palestina.

3. Enemies & Neighbours

Enemies and Neighbors menawarkan perspektif soal perjuangan panjang dan belum terselesaikan antara orang Arab dan Yahudi di Tanah Suci, mulai dari akhir masa Ottoman sampai Mandat Inggris, yang menandai imigrasi Zionis yang mengubah wajah Palestina dan memicu perlawanan Arab. Buku ini menggambarkan asal mula hubungan yang sedari awal: sudah retak. Selain berfokus pada perang, kekerasan, dan inisiatif perdamaian, Ian Black juga mengeksplorasi realitas kehidupan sehari-hari di kota-kota seperti Yerusalem, Hebron, Tel Aviv, Ramallah, Haifa, dan juga Gaza.

4. A Day in the Life of Abed Salama

A Day in the Life of Abed Salama bercerita tentang kehidupan sehari-hari Abed Salama, seorang pria Palestina dari Yerusalem. Abed adalah pria sederhana, namun memiliki kisah yang luar biasa. Dia pernah terjebak dalam pertarungan konflik Israel-Palestina. Melalui kisahnya ini, kehidupan Abed menjadi lambang ketangguhan dan keberlanjutan kemanusiaan bagi mereka yang menetap di wilayah yang kontroversial ini.

5. Palestine

Palestina dalam bingkai novel grafis ini menggambarkan inti kehidupan sehari-hari para warga di sana. Dengan menggabungkan teknik reportase yang menghadirkan narasumber warga setempat dan model penceritaan gaya komik, Joe Sacco mengeksplorasi situasi yang kompleks dan berbobot, juga nampak emosional. Detil ilustrasi yang termuat di dalamnya memaparkan inti dari pengalaman warga Palestina melalui gambar demi gambar yang tak terlupakan. Makin menarik pula dengan bumbu humor yang membuatnya nampak related.

Demikianlah Rekomendasyik buku tentang Palestina-Israel. Semoga dari buku-buku di atas kita bisa dapat melihat lebih dekat persoalan-persoalan yang tengah terjadi. Dengan begitu kita dapat mengambil bagian untuk berada pada posisi yang sekiranya benar, bahwa perdamaian dan kemanusiaan adalah dua nilai yang patut diperjuangkan dan dijaga bersama.

Jika Bibliobesties hendak membaca Rekomendasyik lainnya, temukan di sini.