23 Manga Terlaris Sepanjang 2023

0
Share

Hai Bibliobesties, tak terasa 2023 sudah terlewati. Tidak lupa Perimin mengucapkan selamat Tahun Baru pada Bibliobesties sekalian. Mengawali tahun 2024 ini, Perimin hendak membagikan 23 manga terlaris sepanjang 2023 di Periplus.com.

Sepanjang 2023 lalu, dunia manga dan komik menyajikan karya-karya yang membuat kita terkagum-kagum. Misalnya saja, Jujutsu Kaisen besutan Gege Akutami yang hampir mencapai puncak dalam perselisihan di dunia perdukunan. Tidak kalah menariknya, serial manga Dandadan yang secara absurd menceritakan kisah dua orang pelajar SMA mencoba membuktikan apa yang mereka yakini. Tanpa berlama-lama, berikut 23 manga terlaris sepanjang 2023 di Periplus.com. 

1. Dandadan, Vol. 2

Dandadan bercerita tentang kisah dua orang pelajar SMA, Ken Takakura dan Momo Ayase. Ken Takakura adalah seorang lelaki yang fanatik UFO. Sementara itu, Momo Ayase adalah seorang gadis yang fanatik pada okultisme. Dengan penuh ambisi, mereka ingin membuktikan kepada satu sama lain bahwa apa yang mereka percayai itu ada dan nyata. Menariknya, ambisi ini membawa mereka menghadapi banyak hal yang tidak masuk akal, seperti hantu, monster, alien, romansa, hingga pertempuran berskala epik!

2. Tatsuki Fujimoto Before Chainsaw Man: 17-21

Tatsuki Fujimoto Before Chainsaw Man adalah kumpulan cerita pendek karya mangaka Tatsuki Fujimoto. Manga ini berisi empat cerita pendek yang ditulis Fujimoto antara 2016—2017, sebelum dia mulai menulis serial manga Chainsaw Man

3. My Love Mix-Up!, Vol. 6

Souta Aoki telah jatuh cinta pada Mio Hashimoto, teman sekelas yang duduk di sebelahnya. Sementara itu, Kousuke Ida melihat namanya tertera di penghapus milik Aoki. Ida mengira bahwa Aoki menyimpan perasaann kepadanya. Mulai dari sini, kebohongan dan ketulusan akan menghiasi kisah cinta segitiga mereka.

4. Kaiju No. 8, Vol. 5

Kaiju, monster yang menyerupai Godzila, telah menghantui masyarakat Jepang selama bertahun-tahun. Untuk memerangi monster buas ini, dibentuk unit militer elit yang disebut Pasukan Pertahanan. Dalam pertarungannya, mereka selalu mempertaruhkan nyawa demi keselamatan warga sipil. Setelah Kaiju berhasil dikalahkan, terdapat Sweepers yang bertugas untuk membersihkan mayat Kaiju.

Kafka Hibino, seorang Sweeper, merasa tidak puas dengan pekerjaannya. Pada sebuah kejadian yang tak terduga, Kafka bertemu dengan Kaijuu tipe parasit yang memaksa masuk tubuhnya. Kaiju ini mengubah Kafka menjadi monster humanoid. Kehidupan Kafka pun berubah. Kini, Kafka mempunyai kekuatan yang dahsyat yang bisa ia gunakan untuk melindungi orang yang dia sayangi dan mewujudkan mimpinya.

5. Given, Vol. 7

Given Vol. 7 menceritakan kisah empat teman sekelas yang membentuk band indi. Mereka adalah Mafuyu Sato sebagai gitaris sekaligus vokalis, Ritsuka Ueno sebagai gitaris, Haruki Nakayama sebagai Basis, dan Akihiko Kaji sebagai drummer. Konflik terjadi ketika Ritsuka merasakan perasaan aneh ketika berada di dekat Mafuyu. Sementara itu, terdengar rumor alasan mengapa Mafuyu selalu membawa gitar kemana-mana. Alasannya, dia merasa bersalah pada sahabat sekaligus kekasihnya yang telah bunuh diri. 

6. Mashle: Magic and Muscles, Vol. 10

Di dunia yang dipenuhi oleh sihir, hiduplah pemuda bernama Mash Burneded. Mash memiliki bermimpi untuk menjadi penyihir yang kuat. Malangnya, Mash dilahirkan tanpa kemampuan sihir. Sekeras apapun dia berlatih, hingga saat ini dia tidak bisa menggunakan sihir. Meskipun begitu, dia tidak mengurungkan niatnya untuk mendaftar di Akademi Sihir Easton sebagai salah satu upayanya untuk menjadi penyihir terkuat.

7. Jujutsu Kaisen, Vol. 18

Untuk menyelesaikan Culling Game, Itadori membutuhkan bantuan Kinji Hakari, siswa kelas tiga dari SMA Jujutsu. Untuk membawa Hakari, Itadori mengikuti pertarungan bawah tanah tempat Hakari bekerja sebagai bandar. Semenatara itu, Fushiguro menyusup ke markas Hakari. Sayangnya usaha Fushiguro dihalangi oleh para penyihir jujutsu, mau tidak mau Fushiguro harus terlibat dalam pertarungan.

8. Golden Kamuy, Vol. 24

Manga ini menceritakan kisah Saichi Sugimoto, seorang veteran Perang Rusia-Jepang yang mencari harta karun yang dikenal dengan Golden Kamuy. Konon katanya, tempat itu menyimpan emas yang jumlahnya sangat banyak, bahkan cukup untuk membuat sebuah negara. Untuk menemukan tempat ini, Sugimoto meneliti berbagai macam peta dan mengabadikannya pada tubuh seorang tahanan di penjara Hokkaido. Dalam perjalanannya mencari peta harta karun, dia bertemu dengan seorang anak perempuan dari suku Ainu bernama Asiroa. Dari awal pertemuan inilah, kita akan dibawa menuju perjalanan yang penuh tantangan dan tak jarang membahayakan nyawa mereka.

9. Berserk Deluxe Volume 12

Berserk Deluxe Volume 12 ini sebenarnya berisi volume 34—36 dari format satuannya. Pada volume ini, Guts dan pasukan Elang yang baru dibentuk berhadapan dengan Kaisar Kushan yang memimpin pasukan iblis. Situasi ini tentunya membuat warga Midland ketakutan dan bimbang. Selanjutnya, Guts dan kelompoknya harus mencari perlindungan untuk memperbaiki kapal mereka di sebuah pulau. Sayang sekali, tempat yang dijadikan perlindungan sebetulnya merupakan tempat yang diawasi oleh seorang dewa kuno pendendam yang akan melepaskan dirinya dari belenggu.

10. Dr. Stone, Vol. 24

Jepang tengah dilanda kekacauan. Secara tiba-tiba, sinar hijau menyinari bumi membuat semua manusia yang ada berubah menjadi batu. Selama 3.700 tahun lamanya, terdapat beberapa manusia yang berhasil bangkit seperti semula, salah satu diantaranya adalah Senku, seorang anak muda SMA yang memiliki kejeniusan di bidang sains. Setelah melihat kondisi Jepang yang kembali pada jaman batu, Senku bersama teman-temannya berambisi untuk mengembalikan dunia pada era modern.

11. One Piece, Vol. 101

Dalam volume ini kita akan dibawa menuju pertarungan sengit di Onigashima. Kali ini, giliran Yamato yang berharapan dengan Kaido. Meskipun Kaido adalah ayahnya sendiri, Yamato nampak tidak bercanda untuk mengalahkan sang ayah. Sementara itu, Sang Kapten, Luffy, masih terkapar lemas akibat pertarungannya dengan Kaido sebelumnya.

12. One Piece Box Set 3

One Piece Box Set 3 berisi arc Thriller Bark, Sabaody, Impel Down, Paramount War, dan New World. Menurut Perimin membeli Box Set ini lebih hemat dari pada  membeli volume satu per satu. Dalam box set ini, tambahan poster double-sided 48 halaman premium dan eksklusif berwarna pasti membuat Bibliobesties semakin puas.

13. Gantz Omnibus Volume 11

Manga ini menceritakan kisah Kei Kurono dan teman-temannya yang terjebak dalam permainan Gantz. Kurono dan teman-temannya harus menghadapi alien yang lebih kuat dan berbahaya. Alien kali ini memiliki kemampuan menteleportasi benda-benda, termasuk manusia. Berkat kemampuan teleportasi itu, Kurono dan teman-temannya terpojok. Akankah Kurono dan teman-temannya memenangkan permainan ini?

14. Neon Genesis Evangelion 3-In-1 Edition, Vol. 1

Shinji Ikari, seorang remaja berusia 14 tahun terseret dalam pertarungan epik melindungi manusia dari alien yang disebut Angel. Makhluk-makhluk tersebut hanya bisa dikalahkan oleh EVA, sebuah robot perang yang dikemudikan oleh manusia. Shinji adalah salah satu pejuang yang tergabung dalam NERV, satuan pilot EVA. Akankah Shinji bersama satuan unit NERV berhasil menyelamatkan umat manusia dari serangan Angel? Simak keseruan pertempuran epik melawan Angel dalam serial manga Neon Genesis Evangelion.

15. Monotone Blue

Hachi si kucing yang menganggap bahwa hidupnya terasa begitu monoton. Namun, kehidupannya berubah ketika dia bertemu seorang pria bernama Shiro. Shiro adalah seorang siswa yang ceria dan semangat. Di mata Hachi, Shiro nampak sangat berbeda dari semua orang yang pernah ditemui, dia nampak begitu istimewa. Pertemuannya dengan Shiro membuat Hachi merasa hidup kembali. Kemonotonan dan kebosanan seakan-akan menjauhi hidup Hachi.

16. Look Back

Fujino adalah seorang gadis yang pekerja keras dan bersemangat. Dia berlatih keras untuk meningkatkan kemampuannya menggambar. Sementara itu, Kyomoto adalah seorang gadis yang memiliki bakat menggambar secara alami. Dia bisa menggambar dengan indah tanpa berlatih dengan keras. Keduanya tumbuh bersama, mereka selalu berlatih keras untuk menjadi mangaka hebat di Jepang. Namun, hubungan mereka memburuk ketika Kyomoto mulai mendapatkan pengakuan atas karyanya. Kyomoto mendapatkan publikasi dan penghargaan, sementara Fujino masih berjuang untuk menemukan kesuksesan. Fujino merasa cemburu dan tersaingi oleh Kyomoto. Dia mulai mempertanyakan kemampuannya sendiri, hingga akhirnya meninggalkan dunia manga. 

17. Asadora!, Vol. 3, 3

Asadora bercerita tentang seorang gadis muda pemberani dari Nagoya bernama Asa Asada. Cerita dimulai pada 1989, Ketika Asada mencari seorang dokter untuk ibunya. Nahasnya bukan dokter yang dia temui, melainkan seorang penjahat yang kemudian menculiknya. Asada disekap oleh penjahat itu dengan harapan dapat menerima uang tebusan. Namun, hubungan mereka berubah ketika Topan Vera menghantam Jepang. Agar tetap bertahan hidup Asada dan penculiknya harus bekerja sama.

18. One Piece Box Set 4

Box set serial One Piece keempat berisi volume 71–90, yang terdiri dari arc Dressrosa, Zou, Whole Cake Island, dan Reverie. Selain berisi kisah-kisah yang mendebarkan dan penuh aksi, Box Set ini terdapat buklet premium eksklusif dan poster dua sisi. Untuk menyiasati keuangan Bibliobesties, membeli Box set adalah solusi untuk melengkapi koleksi komik Bibliobesties.

19. One Piece Box Set 1

One Piece Box Set 1 adalah box set dari One Piece yang telah menjadi salah satu seri manga paling dicintai dan terlaris sepanjang masa! Dalam box set ini, terdapat volume 1—23 dari arc East Blue dan Baroque Works. Dengan kualitas premium ekslusif, Bibliobesties akan lebih untung membeli box set ini daripada membeli satuan. 

20. Berserk Deluxe Volume 11

Berserk Deluxe Volume 11 ini sebenarnya berisi volume 31—33 dari format satuannya. Pada volume ini, Guts dan kawan-kawan bersiap meninggalkan Pelabuhan Vritannis. Akan tetapi, perjalanan mereka terganggu karena kehadiran pasukan keji yang dipimpin oleh seorang penyihir Kushan yang sangat kuat. Zirah Berseker yang dikenakan Guts yang mengandung kutukan pun tidak dapat menahan kebuasan pasukan penyihir Kushan tersebut.

21. Tomie: Complete Deluxe Edition

Tomie merupakan seorang gadis yang sangat cantik. Setiap orang yang melihat Tomie pasti akan tergila-gila akan kecantikannya. Kecantikan Tomie membuat orang-orang rela melakukan segala tindakan agar Tomie tidak dimiliki siapapun, termasuk membunuh Tomie dengan cara memutilasinya

22. Attack on Titan Omnibus 4 (Vol. 10-12)

Untuk pertama kalinya Pasukan Pelatihan dihadapkan dengan Titan, tepat setelah Colossal Titan menghancurkan Tembok Rose yang membuat para Titan masuk memangsa manusia. Untuk melakukan evakuasi dan penyerangan kepada para Titan, Pasukan Pelatihan dibagi menjadi beberapa kelompok. Eren bergabung bersama Mina Caroline, Thomas Wagner, dan Armin Arlert. Dalam usahanya menyerang para titan, kelompok ini bernasib nahas. Hampir semua anggota kecuali Armin telah dibunuh oleh para Titan.

23. Yakuza Fiancé Raise Wa Tanin Ga II Vol. 1

Manga ini bercerita tentang pertunangan dari dua keluarga besar yakuza. Yoshino merupakan cucu keluarga besar yakuza dari Osaka. Karena desakan dari Kakeknya, Yoshino harus melaksanakan tunangan dengan putra keluarga yakuza dari Tokyo. Melihat calon tunangannya Kirishima, Yoshino merasa akan sulit akrab dengannya.

Demikianlah Rekomendasyik 23 manga terlaris sepanjang 2023. Gejolak di dunia manga dan komik memang begitu seru, tak jarang beberapa manga bisa menggegerkan dunia ini.