Fold To Care: Solidaritas untuk Anak Penderita Kanker

0
Share

Sebagai bentuk dukungan dan solidaritas kepada anak-anak penderita kanker, Periplus menggandeng Yayasan Pita Kuning mengadakan sebuah program. Program ini kami beri nama Fold to Care, Shop to Care. Periplus menggandeng Yayasan Pita Kuning, karena pendekatan psiko-sosial yang mereka lakukan. Melalui pendekatan ini, kawan-kawan dari Yayasan Pita Kuning datang mendampingi Anak Pita Kuning (APK) karena yakin bahwa pendampingan terbaik untuk anak-anak penderita kanker adalah melibatkan lingkungan dan orang-orang terdekat mereka. 

Anak-anak pejuang dan penyintas kanker

Peningkatan signifikan kasus kanker pada anak telah terjadi dalam lima dekade terakhir. Menurut data Globocan tahun 2020, jumlah penderita kanker pada anak (0-19 tahun) sebanyak 11.156. Dari angka itu, leukemia menempati posisi pertama dengan 3.880 (34,8%), sedangkan kanker getah bening sekitar 640 (5,7%) dan kanker otak 637 (5,7%). Sementara itu, data WHO pada 2021 menunjukkan kasus kanker pada anak yang dapat disembuhkan di indonesia kurang dari 30%. Hal ini umumnya disebabkan oleh keterlambatan diagnosis akibat tidak mengenali gejala dini kanker anak. Hal ini tentu saja menyebabkan pengobatan tidak optimal dan angka kematiannya tinggi.

Pengobatan kanker pada masa kanak-kanak sangatlah kompleks, karena melibatkan pertimbangan berbagai faktor, seperti karakteristik kanker dan kondisi pada anak. Jenis kanker yang beragam memiliki karakteristik khusus sehingga menuntut strategi pengobatan yang spesifik. Rentang usia pada anak juga salah satu faktor penting dalam pengobatan. Anak sedang mengalami tahap pertumbuhan dan perkembangan, maka penting untuk menyesuaikan dosis obat dengan hati-hati guna menghindari munculnya efek samping yang tidak diinginkan. Dalam hal ini, peran keluarga anak sangat untuk terlibat aktif dalam pengobatan kanker pada anak, mulai dari pengambilan keputusan pengobatan, pemahaman terhadap opsi pengobatan, termasuk memberikan dukungan.

Selain itu, perhatian utama dalam menghadapi anak-anak yang mengidap penyakit kanker adalah aspek psikososial yang kompleks. Pasien anak dapat mengalami stres emosional dan menghadapi perubahan signifikan dalam rutinitas hidup mereka. Gejala-gejala gangguan psikologis, seperti kemarahan, kecemasan, dan depresi dapat muncul pada pasien anak penderita kanker. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, dapat memperburuk kesehatan pasien dan menyebabkan penurunan kualitas hidupnya. Pasien yang mampu mengatasi gangguan psikiatrik memiliki harapan hidup yang lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang tidak mampu mengatasi kondisi tersebut.

Fold to Care

Mengingat semua anak-anak berhak memiliki harapan akan masa depan yang lebih baik, Periplus mengajak Bibliobesties sekalian merawat harapan anak-anak pejuang kanker melalui program Fold to Care.  Dalam program ini, Bibliobesties dapat turut serta dalam menyebarkan harapan melalui setiap lipatan bangau kertas.

Sepanjang program ini berlangsung, kami akan menyediakan kertas origami secara gratis di area kasir. Dengan kertas origami tersebut, kami mengajak Bibliobesties sekalian menuliskan harapan untuk anak-anak pejuang kanker dan melambungkan harapan tersebut bersama bangau kertas. Bangau kertas dan harapan yang telah ditulis bisa Bibliobesties masukan ke dalam kotak yang telah kami sediakan.

Tidak sampai disitu saja, Bibliobesties juga bisa melakukan donasi secara langsung kepada Yayasan Pita Kuning. Untuk memberikan donasi, Bibliobesties bisa melakukan scan  pada QR Code yang tertera pada kotak harapan. Demi keamanan keamanan dan transparansi, pastikan QR Code tersebut terhubung langsung ke rekening BCA atas nama Pita Kuning Anak Indonesia. 

Shop to Care

Bersamaan dengan Fold to Care, Periplus juga mengadakan program Shop to Care. Melalui program ini, Periplus akan akan mendonasikan 10% dari penjualan buku kategori anak. Program ini berlangsung untuk seluruh toko Periplus di area Jakarta kecuali bandara dan Periplus.com. Rangkaian program ini berlangsung mulai tanggal 15 Januari hingga 15 Februari 2024.

***

Rangkaian acara charity ini akan ditutup dengan program Voice to Care yang akan diadakan di Grand Indonesia pada 16 Februari 2023. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Grand Indonesia atas kerjasamanya telah memfasilitasi program Voice to Care ini. Untuk membaca informasi terkait program Voice to Care ini, Bibliobesties bisa menyimaknya di sini!