Rekomendaysik 7 Buku Merawat Ketenangan Batin dan Pikiran

0
Share
Rekomendasyik 7 buku untuk Merawat Ketenangan Batin dan Pikiran

Selain rekening dan dompet, pikiran dan jiwa wajib dijaga. Apalagi, menghadapi situasi belakangan ini yang tidak menentu: keramaian dan keruwetan yang dihasilkan perkara pemilihan umum, harga sembilan bahan pokok yang pelan-pelan melejit, atau ketidakpastian cuan di masa depan. Di antara segala impitan jiwa dan pikiran yang disebutkan di atas, menjadi “waras” adalah sebuah keharusan.

Mungkin, selama ini, kehidupan batin dan pikiran sering kali kita sepelekan. Namun demikian, belakangan orang semakin menyadari pentingnya merawat ketenangan batin dan pikiran. Konon, pepatah lama masih relevan di sini: mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang sehat. Potongan dari puisi penyair Romawi, Juvenal, ini hendak bicara soal keseimbangan jiwa dan badan, selain betapa pikiran memengaruhi kesehatan tubuh kita.

Nah, demi membantu Bibliobesties semakin memahami cara merawat kedamaian batin dan pikiran, Perimin mencoba memilah dan memilih tujuh buku. Di dalam daftar pendek ini, Perimin berharap para Bibliobesties semua dapat mengambil manfaat. Semoga, rekomendasi ini membawa pencerahan dan pengertian yang mendalam tentang merawat keseimbangan batin dan pikiran.

Steps to Finding Inner Peace and Happiness: How to Find Peace and Happiness Within Yourself

Kedamaian paling ultima ada di dalam batin kita sendiri. Siapa pun kita, apa pun pekerjaan kita, tujuan akhir kehidupan kita adalah mencapai kondisi yang bahagia, sehingga kesadaran batin kita mengalami kepuasan. Masalahnya, kedamaian dan ketenangan batin bukan diusahakan dengan tindak keaktifan. Kondisi damai dan tenang yang terjadi di dalam batin, semuanya adalah tindak “menjadi” (becoming). Mike McCallister, seorang penulis, pengampu siniar (podcast), dan pakar ketenangan batin, telah membantu banyak orang melalui kanal-kanal yang dimilikinya. McCallister kembali menyebarkan gagasan dan wawasan tentang mengelola ketenangan batin dalam hidup keseharian yang dimilikinya dalam Steps to Finding Inner Peace and Happiness. Jadikan buku ini sumber sempurna untuk merancang dan menciptakan kebahagiaan yang bisa dihidupi setiap harinya!

Emotional Intelligence Habits

Bagaimana perasaan bisa “dibuat” di dalam hati? Akan tetapi, perasaan dan emosi rupanya bukan diolah di hati. Adalah otak kita yang menjadi pengolah rasa dan emosi manusia. Bahkan, menurut dr. Travis Bradberry, otak manusia adalah makhluk emosional. Tidak percaya? Cek saja, reaksi pertama atas kejadian apa pun yang kita alami cenderung terkait dengan perasaan dan emosi. Oleh sebab inilah kecerdasan dan pengelolaan emosi menjadi sangat krusial. Melalui Emotional Intelligent Habits, kepada kita akan diajarkan bagaimana membangun keterampilan inti kecerdasan emosional, yakni: membangun kesadaran diri yang tepat, melakukan manajemen diri, membentuk kesadaran sosial, dan memiliki pengaturan atas hubungan-hubungan dengan orang lain.

How Emotions Are Made: The Secret Life of the Brain

Sekarang ini, ilmu dan penelitian tentang emosi sedang ada dalam tahap yang setara dengan “penemuan” relativitas dalam disiplin ilmu fisika dan seleksi alam dalam ilmu biologi dari awal abad yang lalu. Satu tesis paling mutakhir tentang emosi adalah bahwa emosi manusia dibangun melalui interaksi yang unik, yang terjadi antara otak, tubuh, dan faktor di luar fisiologi manusia, seperti kebudayaan. Gagasan ini mengoreksi kepercayaan bahwa emosi memiliki sifat universal, terjadi mendahului kesadaran, dan tertanam dalam ingatan yang dikendalikan oleh otak. Gagasan yang ditawarkan oleh Lisa Feldman Barrett ini tentu akan mengakibatkan dampak yang tidak bisa diabaikan. Sebab, semakin manusia memahami bagaimana emosi tersusun, semakin besar harapan dirinya mampu mengendalikan emosi.

Dopamine Nation: Finding Balance in the Age of Indulgence

Anna Lembke, psikiater sekaligus penulis, mengungkapkan inovasi dalam bidang sains, yaitu bahwa rasa sakit muncul ketika kita mengejar kesenangan tanpa henti. Dokter Lembke juga mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi rasa sakit itu. Dopamine Nation sesungguhnya adalah buku yang bicara banyak tentang prinsip kesenangan. Menurutnya, kita hidup dalam zaman yang memuja dopamin—senyawa kimia dalam otak manusia yang berfunsi sebagai peningkat suasana hati, sehingga kita merasa bahagia. Namun demikian, orang sering lupa bahwa kita perlu berdiri pada titik seimbang, antara kebahagiaan dan rasa sakit. Buku ini sungguh relevan untuk dibaca pada era ketika ponsel yang ada dalam genggaman kita menjadi selayaknya jarum suntik untuk menyalurkan dosis “dopamin” dalam rupa views, likes, dan komentar manis di akun media sosial yang kita miliki.

Cognitive Behavioral Therapy: Simple Techniques to Instantly Be Happier, Find Inner Peace, and Improve Your Life

Cognitive Behavioral Therapy (CBT), yang menjadi fokus pembahasan buku ini, adalah pendekatan yang digunakan untuk mendiagnosis apakah kita sedang menderita stres, depresi, dan kecemasan. Pendekatan yang sederhana namun cerdas ini menunjukkan bagaimana pikiran memberi pengaruh besar aka napa yang terjadi dalam kehidupan kita. Melalui buku ini, kita akan dapat menemukan kembali diri dan keinginan terdalam, menangani persoalan mendasar dalam hidup, hingga menyiapkan jalan menuju kebahagiaan yang tak tergoyahkan. Jika Anda sedang merasa “tersesat” dalam hidup, buku ini bisa membawa ke langkah berikut yang lebih cerah dalam hidup dengan memahami cara pikiran kita bekerja.

Practicing Mindfulness: 75 Essential Meditations to Reduce Stress, Improve Mental Health, and Find Peace in the Everyday

Practicing Mindfulness adalah buku yang ramah bagi pemula yang ingin mempraktikkan pola hidup yang menjamin kesehatan mental. Dalam buku ini, kita akan menemukan 75 latihan-latihan dasar meditasi yang akan mengurangi stres dan meningkatkan kondisi kesehatan mental. Harapannya, kita akan menemukan kedamaian jiwa dalam kehidupan sehari-hari. Meditasi yang ditawarkan dalam buku ini, meskipun sangat praktis, namun juga memiliki kedalaman yang tidak main-main. Matthew Sockolov mengangkat pengalaman pribadi saat bersentuhan dengan praktik meditasi untuk ketenganan jiwa. Sebagai tambahan informasi, Sockolov mempraktikkan meditasi ketika pada masa remaja bergumul dengan persoalan ketergantungan obat terlarang.

Good Vibes, Good Life: How Self-Love Is the Key to Unlocking Your Greatness

Orang hebat sering dibayangkan sebagai tokoh yang sakti mandraguna, memiliki kekuasaan dan harta yang berlimpah. Namun demikian, kehebatan seseorang acap kali tercermin dari kematangan jiwa dan pikirannya. Dalam buku ini, Vex King, pemengaruh dan guru yang populer di Instagram, mencoba menjawab segala pertanyaan tentang transformasi diri untuk menjalani hidup secara luar biasa. Ia mengajak para pembaca untuk menemukan tujuan yang lebih tinggi, sehingga turut membawa inspirasi untuk orang lain. Melalui Good Vibes, Good Life, King membagikan pengalaman hidupnya untuk menginspirasi hidup sebanyak mungkin anak muda.

***

Nah, demikianlah rekomendasi tujuh rekomendasi tujuh buku untuk merawat kesehatan batin dan pikiran dari Perimin. Semoga bisa membantu BiblioBestie menjadi penuh sebagai manusia. Salam!