Buku-buku untuk Memahami Kapitalisme

0
Share

Sebutlah Kapitalisme, sistem ekonomi yang mendominasi dunia, telah menjadi topik diskusi hangat selama berabad-abad. Sistem ini dipuji karena mendorong inovasi dan kemakmuran. Sayangnya yang terjadi malah sebaliknya, sistem ini malah menimbulkan ketimpangan dan eksploitasi. Di sinilah titik kritik terhadapnya.

Secara teori, Kapitalisme merupakan sistem ekonomi yang didasarkan pada kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi dan pasar bebas untuk pertukaran barang dan jasa. Kapitalisme menjadi kekuatan utama yang dalam pembentukan dunia modern, baik dalam industri pun juga gaya hidup sehari-hari.

Akan tetapi, ketidakstabilan justru lahir karena pasar bebas yang diagung-agungkan Kapitalisme. Pasar bebas ini rupanya berimbas pada pengangguran dan kemiskinan, terlebih bagi mereka kelas pekerja dan tak bermodal. Perimin yakin memahami Kapitalisme adalah kunci untuk memahami dunia di sekitar kita. Dengan mempelajari kelebihan dan kekurangannya, Perimin mengajak Bibliobesties ‘tuk dapat membentuk opini yang tepat dan kritik tentang sistem ekonomi ini. Perimin rekomendasyikkan koleksi terbaru dari Periplus yang memandu pemahaman Kapitalisme lebih aktual.

Inilah buku-buku yang wajib di baca untuk memahami kapitalisme a` la Perimin.

50 Capitalism Ideas You Really Need to Know

Dalam kumpulan esai ini, Jonathan Pirter menyajikan sebuah telaah komprehensif terhadap konsep-konsep kapitalisme, mulai dari sejarah, teori, hingga institusi-institusi kunci yang membentuk kerangka kerja kapitalisme. Buku ini menawarkan wawasan yang mendalam tentang berbagai aspek kapitalisme yang kompleks. Selain itu, Portes juga membahas kekuatan politik yang terlibat dalam kapitalisme serta dampak sosialnya. Lebih menarik lagi, Protes memberikan pemahaman yang lebih luas tentang bagaimana sistem kapitalisme beroperasi dalam masyarakat kontemporer.

I Survived Capitalism

I Survived Capitalism merupakan sebuah memoar yang mengisahkan perjalanan Madeline Pendleton dari masa-masa penuh kemiskinan hingga berhasil membangun bisnis bernilai multi-juta dolar. Pendleton mengambil pendekatan yang unik dan menantang praktik-praktik kapitalis tradisional dalam perjalanannya tersebut. Dia mempelajari prinsip-prinsip kapitalisme sebagai sebuah permainan yang harus diikuti oleh semua individu. Dengan pengetahuan yang diperolehnya, ia membangun jenis bisnis baru yang menekankan pada nilai-nilai kepedulian terhadap masyarakat.

Ours Was the Shining Future

Buku ini menceritakan kisah tentang bagaimana Impian Amerika telah berkembang dari waktu ke waktu serta perjuangan yang dihadapinya dari beragam kekuatan yang menantangnya. Leonhardt menggambarkan perjalanan ekonomi modern Amerika sebagai sebuah perjuangan tanpa ujung antara dua bentuk kapitalisme, kapitalisme yang bertujuan untuk menciptakan kemakmuran bagi sebagian besar penduduk dan kapitalisme yang lebih condong kepada kepentingan individu dan kelompok kaya. Leonhardt melakukan peneltian terhadap perkembangan kapitalisme demokratis yang awalnya mewujudkan impian Amerika, hingga pada dekade terakhir abad ke-20 impian tersebut mulai tergerus dan hanya menguntungkan segelintir orang yang memiliki hak istimewa.

The Great Wave

The Great Wave menginvestigasi kebangkitan populisme, nasionalisme, dan kekuatan disruptif lainnya setelah krisis keuangan 2008. Machiko Kakutani, berpendapat bahwa gerakan-gerakan ini didorong oleh ketidakpercayaan yang mendalam terhadap elit dan kerinduan akan perubahan. Dia meneliti bagaimana kekuatan ini terwujud di berbagai negara, dari pemilihan Donald Trump di Amerika Serikat hingga kebangkitan Brexit di Inggris.

Crash Course on Capitalism & Money

The Woke Salaryman Crash Course on Capitalism & Money adalah sebuah buku yang menyelidiki berbagai aspek, dari keuangan pribadi, ekonomi, sosiologi, hingga psikologi guna menyampaikan konsep uang dan kapitalisme secara jelas dan singkat. Buku ini dirancang khusus untuk lulusan baru yang sedang menghadapi tantangan pertama mereka dalam memahami dunia keuangan.

Henry Kinsinger: Good Die Young

Buku ini mengangkat perjalanan Henry Kissinger di berbagai belahan dunia, dari Amerika Latin, Afrika, Timur Tengah, Eropa, hingga Asia. Sebagai seorang figur publik, kehidupan dan karier pria ini memberikan gambaran yang mendalam mengenai keterkaitan antara kapitalisme, imperialisme, dan dinamika konflik yang terus berlanjut di era saat ini. Melalui buku ini, Kissinger akan menggambarkan bahwa dunia yang kita jalani sekarang, di mana setiap investasi dipengaruhi oleh kekuatan militer.

Beijing Rules

Buku ini memaparkan kisah perjuangan pemerintahan Tiongkok selama dua dekade untuk meraih dominasi global, termasuk di dalamnya bagaimana Partai Komunis Tiongkok memanfaatkan demokrasi liberal—kapitalisme—untuk memperluas pengaruhnya. Pandemi Covid-19 menandai pertama kalinya Partai Komunis Tiongkok menggunakan perangkat pemaksaan ekonominya pada isu-isu yang berkaitan langsung dengan kesehatan dan kesejahteraan setiap orang di dunia. Namun, sebagai imbasnya, justru tercipta situasi yang kondusif bagi kebangkitan kapitalisme otoriter dengan memisahkan nilai-nilai politik dari struktur pasar di negara-negara Barat.

Filthy Rich Politicians

Buku yang ditulis oleh Matt K. Lewis ini menggambarkan pemerintahan Amerika Serikat dalam yang diduga melakukan beragam bentuk korupsi dan kolusi. Lewis, seorang jurnalis dan penulis opini, menuliskan bahwa korupsi dan kolusi di dalam tubuh pemerintahan AS ini menjauhkan pemerintah dari rakyat. Dampaknya, membahayakan demokrasi itu sendiri. Pada bagian awal, Lewis memaparkan istilah “swamp creatures” untuk merujuk kepada para politisi yang kaya dan berkuasa yang memanfaatkan posisi mereka untuk memperkaya diri sendiri, termasuk di dalamnya contoh-contoh bagaimana para “swamp creatures” ini menyalahgunakan jabatan mereka untuk mendapatkan kontrak pemerintah, lobby untuk kepentingan khusus, sampai menghindari hukuman atas kejahatan mereka.

***

Demikianlah Rekomendasyik buku untuk memahami kapitalisme. Semoga melalui daftar buku di atas kita bisa mendapat pencerahan mengenai kapitalisme yang saat ini menjadi raksasa yang menjalankan dunia ini.