Sedaring Collins: Ambassador of Kindness

Bagikan Artikel

Pada bulan Februari 2022 yang lalu, Majalah Time menobatkan Orion Jean (11 tahun) sebagai Kid of the Year 2021. Dari 5000-an nominee, Panitia memilih 5 orang finalis. Selain Orion, terdapat juga Cash Daniels (12 tahun), Lino Marrero (14 tahun), Annie Red (13 tahun), dan Mina Fedor (13 tahun). Orion-lah yang pada akhirnya terpilih, katakanlah sebagai Duta Kebaikan Hati Anak-anak. Pengumuman disiarkan secara langsung melalui kanal TV anak-anak, Nickelodeon.

Karena ragam tindakan-kebaikan yang digalang oleh Orion, dia pun dinyatakan sebagai Ambassador for Kindness (Duta Kebaikan Hati).

If you see a problem, fix it!

Orion Jean masih duduk di kelas-5 di Chisholm Ridge Elementary, Fort Worth, Texas (USA) ketika pandemi Covid-19 baru merebak. Setiap kali menonton berita televisi bersama keluarganya, dia tersentak oleh dampak pandemi: banyak sekolah ditutup, pembelajaran tatap muka di sekolah harus beralih dengan pembelajaran daring, banyak yang kena PHK (pemutusan hubungan kerja), dan tidak sedikit yang kesulitan mendapatkan makanan dan kebutuhan pokok lainnya.

Hatinya tergerak untuk berbuat sesuatu. Tetapi mesti dimulai dari mana? Dia bertanya-tanya.

Beruntunglah dia karena gurunya mendorongnya untuk mengikuti kontes pidato mengenai kindness (kebaikan-hati). Orion pun setuju. Dia pun kirimkan script dan rekaman pidatonya. Singkat cerita, Orion dinyatakan sebagai pemenang pada bulan Juli 2020. Dengan hadiah sebesar US $500 yang diperolehnya, Orion mulai melakukan aksinya: Race to Kindness –sebuah inisiatif untuk melakukan kebaikan bagi masyarakat, utamanya mereka yang terpinggirkan.

image: periplus orion jean
Duta Kebaikan Hati Anak-anak

Akhirnya, ia pun bisa mengumpulkan 600-an mainan untuk dihadiahkan kepada anak-anak yang sedang dirawat di Children’s Medical Center Hospital di Dallas, Texas. Bersama dengan kelompok aktivis, dia mengajak orang berbagi makanan. Terkumpul seratus ribu lebih paket makanan untuk keluarga yang membutuhkan di wilayah Dallas-Ft Worth. Proyek berikutnya adalah mengumpulkan dan mendonasikan sekitar lima ratus ribu buku untuk anak-anak.

Baca Juga :  Memaknai Kebahagiaan: IG Live BOOTOPIA

“If you see a problem, fix it,” demikian kata Orion kepada Angelina Jolie dalam sebuah wawancara virtual untuk Majalah Time. “Bila ada masalah, mari kita carikan solusinya,” kira-kira demikian.

Sedaring Collins

Kebaikan hati (kindness) bukan semata-mata berada pada level perasaaan. Bisa saja perasaan orang tergerak karena sesuatu; misalnya, oleh tragedi para korban perang. Namun, ini baru titik-awal dari sesuatu yang lain (yakni aksi), sebagaimana dialami Orion Jeane di atas. Collins Education pun, melalui sedaring-sedaringnya, mengajak kita untuk menumbuhkan kebaikan hati sejak dini.

Dalam sedaring kali ini, Becky Goddard-Hill mengajak kita agar benih kebaikan hati tersebut disemai dan dirawat di lingkungan kita, baik di sekolah maupun di rumah. Berikut ini adalah sedaring yang akan diselenggarakan:

  • Tema: Wellbeing: How to Create Global Citizens in the Classroom
  • Hari: Rabu, 6 April 2022
  • Pukul: 16:00 WIB

Untuk registrasi, silakan klik tombol di bawah ini:

image: Periplus Collins webinar wellbeing

Becky: Penebar Kebaikan

Sudah beberapa kali Becky hadir sebagai Narasumber di webinar Collins. Belum lama ini dia berbicara mengenai cara mendampingi anak-anak yang sedang masygul. Tahun lalu dia bahkan berbicara mengenai ilmu kebaikan hati (the science of kindness).

Becky akan mengajak kita untuk melihat cara-cara mendampingi murid-murid kita yang adalah warga dunia (global citizens). Bagaimana agar kebaikan-hati subur dalam generasi muda itu sehingga mereka lebih peduli terhadap lingkungan sekitar maupun dunia; pada perdamaian dan kesejahteraan bagi semua orang.

Becky mengundang kita untuk mengeksplorasi cara-cara praktis guna mengasah aneka keterampilan yang dibutuhkan siswa untuk membangun jembatan-persaudaraan satu sama lain. Termasuk juga tentang menumbuhkan sikap hormat terhadap keanekaragaman dan welas asih terhadap kehidupan. Terakhir, ia mengajak kita untuk membangun sikap inklusif pada anak, baik di kelas maupun di dunia yang lebih luas.

Baca Juga :  Ladybird Readers Level 4

Duta Kebaikan Hati Anak-anak

Orion tetaplah Orion yang masih anak-anak. Dia bersikap dan berperilaku wajar seperti anak seusianya, bahkan setelah dinobatkan sebagai Kid of the Year. Kherri, ibunya, mengatakan bahwa Orion tetap harus diingatkan untuk melakukan tugasnya, antara lain mengangkat sendok dan piring dari tempat cuci piring atau memberi makan anjingnya.

Namun, hati Orion jauh lebih besar dan matang daripada usianya. Dia tidak berujar bahwa dia bisa merampungkan semua permasalahan di dunia, tetapi dia berani mengajak orang untuk berbuat baik. “Kindness is a choice, and while we can’t force others to be kind, we can be kind ourselves and hope to inspire other people,” demikian kata Orion kepada Angelina Jolie. “I want others to know that they can start today.”

Anak-anak kita tidak perlu menunggu sampai dinobatkan menjadi Kid of the Year untuk menjadi duta-duta kebaikan hati seturut konteks masing-masing. Bahkan saat ini pun bisa dimulai!