Reading is Caring: Periplus X Pita Kuning

0
Share
reading is caring Periplus X Pita Kuning

Kali ini, Periplus hadir dengan kampanye “Reading is Caring”. Apa dan mengapa Periplus hadir dengan program ini? Bibliobesties bisa menyimak dari tulisan di bawah ini.

Anak-anak yang Hidup dengan Kanker

Kanker masih menjadi momok yang selalu menghantui kehidupan manusia. Hingga saat ini, kanker masih menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia, termasuk Indonesia. Jumlah penderita kanker di Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata, berdasarkan data Globocan Pada 2020 di indonesia terdapat 396 kasus baru kanker dengan 234.511 kematian akibat kanker.

Dari sekian banyak kasus kanker yang ada di Indonesia, tak sedikit anak-anak yang mengidap kanker. Saat ini kanker menjadi ancaman penyakit yang mematikan bagi anak-anak. Dilihat dari data yang disediakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), melalui Agensi Riset Kanker (IARC) memperkirakan, terdapat 8.577 anak Indonesia berusia 0-14 tahun yang menderita kanker pada 2020 lalu.

Berbeda pada orang dewasa, penanganan kanker pada anak cukup kompleks. Anak-anak pengidap kanker dihadapkan pada proses perkembangan yang akan menentukan untuk masa depannya. Masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan secara fisik dan mental, jika masa pertumbuhan ini diganggu oleh penyakit kanker, kondisi fisiknya akan mengganggu perkembangan mental.

Gejala-gejala mental yang sering muncul biasanya seperti stres, takut, tidak percaya diri, memiliki rasa putus asa yang sangat besar, dan munculnya rasa rendah diri (inferior). Gangguan mental pada anak penderita kanker ini akan semakin memperburuk kesehatan dan menyebabkan penurunan kualitas hidupnya. Meskipun si anak berhasil sembuh dari kanker, masalah kesehatan mentalnya belum tentu bertumbuh dengan baik.

Penanganan kanker pada anak memerlukan keterlibatan dari berbagai pihak. Khususnya orang-orang terdekat seperti orang tua, teman, dan tenaga profesional untuk membangun lingkungan yang dapat menumbuhkan kepercayaan diri anak-anak penderita kanker. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan emosional pada anak sehingga dapat melewati masa perkembangannya serta memberikan harapan untuk masa depan yang lebih baik.

Reading is Caring

Mengingat setiap anak berhak mendapatkan harapan untuk masa depan yang lebih baik, Periplus bekerja sama dengan Yayasan Pita Kuning hendak membantu anak-anak yang hidup dengan kanker. Program tersebut kami beri nama “Reading is Caring”, sebab kami percaya bahwa kegiatan membaca buku bukan hanya berdampak pada diri sendiri. Membaca buku juga bisa berdampak baik pada orang-orang di sekitar kita. Setidak-tidaknya, melalui “Reading is Caring”, Periplus hendak mengajak para Bibliobesties bersolidaritas dengan sesama yang membutuhkan.

 Sebagai bentuk dukungan dan solidaritas kepada anak-anak penderita kanker, Periplus akan mendonasikan 5% dari penjualan buku dari tanggal 4 Maret hingga 4 April. Periplus menggandeng Yayasan Pita Kuning karena pendekatan psiko-sosial yang mereka lakukan. Melalui pendekatan ini, kawan-kawan dari Yayasan Pita Kuning datang mendampingi Anak Pita Kuning (APK) karena yakin bahwa pendampingan terbaik untuk anak-anak penderita kanker adalah melibatkan lingkungan dan orang-orang terdekat mereka.

Program Donasi

Program donasi kerja sama antara Periplus dan Pita Kuning akan berlaku dengan ketentuan sebagai berikut:

• Program “Reading is Caring” berlaku dari 4 Maret—4 April 2023;

• Melalui program “Reading is Caring”, Periplus akan mendonasikan 5% dari penjualan Childreen Books dan Teen Reading selama periode program;

• Buku-buku masuk dalam program “Reading is Caring” ditandai dengan sticker :

• Informasi mendetail terkait program “Reading is Caring” dapat diakses melalui blog Periplus.

Kepedulian kita bersama kepada anak-anak penderita kanker ini tentunya tidak terlepas dari peran penting Bibliobesties dalam menjaga eksistensi kita. Untuk itu kami mengajak Bibliobesties sekali turut merawat harapan anak-anak penderita kanker dengan membeli buku di Periplus.com. Dengan membaca kita juga bisa merawat hati, pikiran, harapan, dan masa sekarang untuk perubahan masa depan yang lebih baik.

Jadi, tunggu apalagi? Reading is caring now!

Jika Bibliobesties ingin melihat buku-buku yang masuk dalam program “Reading is Caring“, temukan di sini.