Goodreads Choice Awards: Buku-buku Terbaik Sepanjang 2023

0
Share

Goodreads Choice Awards merupakan sebuah penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh platform literatur Goodreads. Acara ini memberikan penghargaan kepada buku yang paling diminati para pembaca di berbagai kategori (buku-buku terbaik sepanjang 2023). Berbeda dengan penghargaan lainnya yang ditentukan oleh juri atau panel ahli, pemenang Goodreads Choice Awards ditentukan melalui suara langsung dari setiap pembaca. Meskipun kemenangan tidak ditentukan oleh juri atau panel ahli, penghargaan ini selalu menjadi sorotan dikalangan para pembaca untuk melihat tren tahunan buku-buku paling populer di platform Goodreads.

Di tahun ini, Goodreads kembali mengadakan penghargaan untuk buku-buku terbaik pilihan pembaca. Menariknya, terdapat beberapa kategori baru yang tidak ada di Goodreads Choice Awards sebelumnya, misalnya buku fiksi remaja, puisi, dan humor. Tanpa berlama-lama, berikut para pemenang Goodreads Choice Awards 2023.

1. Yellow Face

June Hayward harus bisa menerima kenyataan saat editor dan penerbit menolak karyanya untuk diterbitkan. Melihat kondisinya yang tidak berdaya, June menemui kenalan lamanya Athena Liu, seorang penulis buku terlaris Asia-Amerika. Namun, June melihat Athena meninggal di apartemennya. Bukannya kalut dalam kesedihan karena melihat temannya meninggal, June malah mencuri naskah milik Athena dan menyuntingnya untuk diterbitkan. Saat June berada pada kesuksesan, bayang-bayang akan kelicikannya ini selalu menghantui June dan mengancam kesuksesannya yang palsu.

2. Weyward

Weyward karya Emilia Hart adalah sebuah fiksi sejarah yang mengisahkan perjalanan tiga wanita yang hidup di tiga zaman yang berbeda, namun saling terkait oleh kekuatan sihir dan intuisi mereka. Pertama, Anya, seorang penyihir muda yang hidup di abad ke-16. Anya lahir dengan kemampuan untuk melihat masa depan. Dengan kemampuannya ini, Anya telah banyak membantu orang-orang. Kedua, Eleanor, seorang wanita muda yang hidup di abad ke-19. Eleanor adalah seorang seniman yang berbakat, namun memiliki masalah pada kondisi mentalnya. Eleanor selalu merasa dia tidak bisa mengontrol hidupnya. Karena hal ini, dia sering menggunakan sihir untuk melarikan diri dari kenyataan. Ketiga, Maya, seorang jurnalis muda yang hidup di abad ke-21. Kali ini, dia sedang menyelidiki sebuah misteri yang berhubungan dengan Anya dan Eleanor. Dari sini, Maya menyadari sebuah tanggung jawab yang besar. Dia harus menggunakan kekuatan sihirnya untuk memecahkan suatu misteri dan menyelamatkan dunia.

3. The Housemaid’s Secret

Pada saat Millie baru saja kehilangan pekerjaannya, dia menerima tawaran untuk bekerja di rumah Douglas Garrick, seorang spesialis teknologi yang amat kaya. Namun, untuk bekerja di rumah Douglas, Millie dilarang keras untuk tidak berinteraksi dengan istri Douglas. Tanpa berpikir lama Millie menerima tawaran tersebut. Belum lama bekerja untuk di Rumah Douglas, Millie menemukan beberapa hal aneh. Hingga suatu ketika Millie melanggar kesepakatan dengan Douglas dan mengungkap sebuah rahasia yang akan membahayakan nyawanya.

4. Happy Place

Harriet dan Wyn pernah menjadi pasangan yang sempurna. Namun, sekarang tidak lagi. Mereka putus enam bulan lalu dengan alasan yang belum diketahui. Dengan alasan tertentu, mereka tidak menyebarkan berita bahwa mereka telah putus. Pada liburan pertengahan tahun, Harriet dan Wyn harus berbohong kepada teman-temannya jika mereka masih pacaran. Menariknya, selama seminggu bersama dan membohongi teman-temannya, Harriet dan Wyn menyadari ternyata mereka masih saling mencintai.

5. Fourth Wing

Violet seharusnya memasuki Scribe Quadrantdan menjalani kehidupan yang tenang bersama buku-buku yang dimilikinya. Namun, ibunya, komandan di Basgiath War College, memaksanya untuk bergabung dengan Riders Quadrants. Di sana, Violet berlatih dengan keras menjadi penunggang naga agar dapat melindungi kerajaan.

6. Hell Bent

Dalam Upaya untuk menyelamatkan Darlington, Alex dan Dawes melakukan pendekatan kepada komunitas Scroll dan Key. Langkah ini diambil demi mendapatkan akses yang dimiliki oleh komunitas tersebut untuk membuka gerbang dunia bawah. Namun, pada saat pembukaan portal, upaya yang mereka gagal. Pada saat yang bersamaan Alex dan Dawes mendengar teriakan Darlington dari arah yang tidak diketahui.

7. In the Lives of Puppets

In the Lives of Puppets bercerita tentang Vic Lawson, seorang anak laki-laki yang hidup di dunia pascaapokaliptik, saat robot telah mengambil alih dunia. Di sebuah rumah kecil agak aneh, Vic tinggal Bersama tiga robot, Giovanni Lawson robot yang dianggap sebagai ayah, Nurse, robot medis, dan OneZero, robot penyedot debu. Keluarganya tiba-tiba terancam ketika Vic menemukan robot bernama Hap. Tanpa disangka, ternyata Hap memiliki masa lalu yang kelam dengan Gio. Kedatangan Hap ke keluarga Vic membuat para robot pemburu mengejar mereka. Vic dan keluarganya harus melarikan diri dari rumah mereka dan melakukan perjalanan berbahaya untuk menyelamatkan Gio.

8. Holly 

Holly Gibney, seorang mantan detektif swasta yang kini bekerja sebagai konsultan untuk Departemen Kepolisian Boston. Holly dipanggil untuk menyelidiki kasus pembunuhan misterius seorang wanita muda di Maine. Penyelidikan Holly segera membawanya ke sebuah kota kecil yang dihantui oleh sejarah kejahatan dan kekerasan. Semakin Holly menggali, semakin dia menyadari bahwa kasus ini lebih dari sekadar pembunuhan biasa. Ada sesuatu yang jahat yang tersembunyi di kota itu, dan Holly harus menemukannya sebelum dia menjadi korban berikutnya.

9. Divine Rivals 

Meskipun baru berusia 18 tahun, Iris Winnow telah melalui banyak hal dalam hidupnya. Dia hidup di tengah perang antara dua Dewa yang menyebabkan dunianya dilanda kekacauan. Sejak kakaknya pergi berperang, Iris tidak pernah mendengar berita apapun darinya. Di samping itu, ibunya juga sedang berjuang melawan kecanduan. Sementara itu, Iris sendiri tengah bersaing untuk mendapatkan promosi dengan rekan kerja juga rivalnya, Roman Kitt.

10. Check & Mate 

Ali Hazelwood mengisahkan Mallory Greenleaf, seorang pemain catur berbakat yang memilih berhenti setelah kematian ayahnya. Mallory kini bekerja sebagai barista di sebuah kafe dan berusaha untuk melupakan masa lalunya. Suatu hari, Mallory terlibat dalam sebuah pertandingan catur acak melawan seorang pria misterius bernama Luc O’Donnell, seorang pemain catur profesional. Mallory dan Luc mulai bertanding catur secara teratur, dan mereka pun mulai saling mengenal. Mallory menyadari bahwa Luc adalah pria yang baik dan cerdas, dan dia mulai jatuh cinta padanya.

11. Poverty, by America 

Meskipun Amerika Serikat adalah negara yang relatif kaya menurut standar internasional, namun pada kenyataannya negara ini memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi dibandingkan negara-negara maju lainnya. Dalam buku ini, Matthew Desmond membahas bagaimana kemiskinan di Amerika Serikat terjadi secara struktural. Lebih tajam lagi, desmond juga mengajak kita melihat bagaimana kemiskinan ini berdampak pada tatanan politik di Amerika Serikat.

12. The Woman in Me 

The Woman in Me adalah autobiografi Britney Spears, yang berkisah sejak masa kecilnya di Kentwood, Louisiana, hingga kesuksesannya sebagai bintang pop internasional. Buku ini dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama, “From Kentwood to the Top,” membahas masa kecil Spears dan awal karirnya. Spears menceritakan tentang masa kecilnya yang sulit, hubungannya dengan orang tuanya, dan perjuangannya untuk menjadi bintang. Bagian kedua, “Free at Last,” membahas tentang conservatorship Spears dan perjuangannya untuk mendapatkan kembali kebebasannya. Spears menceritakan tentang pengalamannya di bawah conservatorship, mulai dari pelecehan yang dialaminya, hingga perjuangannya untuk mendapatkan kembali kendali atas hidupnya.

13. The Wager: A Tale of Shipwreck, Mutiny and Murder 

The Wager mencatat peristiwa kapal Angkatan Laut Inggris HMS Wager, yang karam di lepas pantai Cile pada 1740. Dalam kecelakaan ini, para penyintas dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing dipimpin oleh perwira yang berbeda. Satu kelompok, dipimpin oleh Kapten Robert Cheap, mereka mencoba membangun perahu yang lebih kecil dan berlayar ke tempat yang aman. Sementara itu, kelompok lain dipimpin oleh Letnan William Blig, mereka memutuskan menetap untuk menunggu pertolongan tiba.

Demikianlah Rekomendasyik buku-buku terbaik dari Goodreads Choice Award 2023. Semoga, Rekomendasyik buku-buku ini dapat menjadi sarana Bibliobesties mengarungi lautan literasi. Sebab, ombak-ombak di lautan literasi akan membimbing kita ke arah yang lebih baik.

Jika Bibliobesties hendak membaca Rekomendasyik lainnya, temukan di sini.