Rekomendasyik Buku-buku Finansial

0
Share

Dear BiblioBesties,

Seandainya dengan ringan hati, kita bisa bernyanyi …
It’s not about the money, money, money
We don’t need your money, money, money
We just wanna make the world dance
Forget about the price tag …!

Sayang, untuk bisa nyanyi seringan ini, tetap dibutuhkan sebuah kondisi yang dikenal, sejahtera jiwa raga! Makin ke sini, makna akan uang makin bias, mulai dari sekedar alat tukar, malah menjadi penanda akan sebuah status, bahkan jaminan status sosial, bahkan tak jarang dipandang sebagai bagian dari kepemilikan semata.

Pergeseran makna uang seperti ini, secara fakta sudah berlangsung sejak lama. Hanya saja, tidak semua kisah didokumentasikan dengan runtut dan apik, termasuk soal teori-teorinya. The Psychology of Money dari Morgan Housel dan Intellegent Investor dipastikan mendobrak teka-teki ini. Keduanya berani dan dengan rapi menyajikan kisah tentang uang dan kepemilikan.

Perimin, kali ini hendak berbagi rekomendasyik, buku-buku yang berhubungan dengan CUAN, atau dengan UANG, bisa juga katakanlah Kemerdekaan Finansial. Sembilan buku finansial yang Perimin tawarkan semuanya baru! Fresh pada 2024 ini. Harapannya, bermodalkan riset-riset terkini, semoga saja sungguh bisa menjadi jawab untuk beberapa tanya dan teka-teki soal kehidupan ekonomi … ekonomi kita dan ke depannya.

1. In This Economy?

Benarkah fakta bahwa utang negara adalah sebuah ancaman? Atau, apakah maksud dari resesi “ringan” itu? Lantas, jika kita bicara terkait saldo rekening bank, keamanan kerja, atau suku bunga hipotek, data apa yang sebaiknya kita perhatikan? Buku ini ditujukan bagi siapapun yang mencoba memahami berita utama ekonomi yang tak jarang, malah membingungkan. Scanlon merinci semua yang perlu kita pahami tentang cara kerja uang dan pasar sebenarnya. Di dalamnya, disajikan juga pengetahuan terkait kekuatan-kekuatan yang mendorong hasil-hasil utama perekonomian, mitos-mitos paling umum yang harus dihindari, dan asumsi-asumsi ekonomi yang sudah usang.

2. How to Think Like an Economist

Melalui bukunya, Robbie Mochrie mengajukan tesis-tesis para ekonom yang paling berpengaruh. Ekonomi sejatinya bukanlah hal yang rumit dan melulu bicara soal keuangan. Justru, malah banyak bicara soal cara berpikir manusia modern. Mulai dari Aristoteles hingga Esther Duflo, kita bisa membayangkan alasan di balik gagasan-gagasan mereka, termasuk ide Adam Smith tentang pentingnya Pasar Bebas dalam konteks politik. Juga, gagasan John Maynard Keynes tentang perlunya intervensi pemerintah dalam tata ekonomi, terlebih saat menghadapi krisis.

3. Talk Money to Me

Buku ini membahas pentingnya komunikasi dalam hal keuangan dan strategi untuk meningkatkan stabilitas finansial bersama pasangan. Meskipun seringkali menjadi topik yang sensitif dalam hubungan, pembahasan mengenai uang dianggap esensial untuk memastikan keselarasan dalam perencanaan keuangan, mencegah konflik serta membangun masa depan yang berkelanjutan. Buku ini menguraikan delapan pertanyaan kunci yang penting untuk dibahas bersama pasangan terkait situasi keuangan saat ini, tujuan keuangan yang ingin dicapai, dan pola belanja yang dimiliki. Selain itu, buku ini juga memberikan panduan praktis dalam pembuatan anggaran, manajemen hutang, dan investasi untuk masa depan yang lebih stabil.

4. Holy Grail of Investing

Dalam buku ini, dikupaslah strategi untuk mencapai return investasi luar biasa melalui ekuitas swasta, kredit swasta, modal ventura, dan investasi alternatif lainnya. Berbekal pengalaman 25 tahun di industri investasi, diutarkan cara mengidentifikasi dan berinvestasi dalam peluang terbaik, serta membangun portofolio yang dapat menahan badai pasar. Disampaikan bahwa ekuitas swasta, kredit swasta, modal ventura, dan investasi alternatif lainya dapat menghasilkan return yang jauh lebih tinggi daripada investasi tradisional seperti saham dan obligasi. Meski demikian, investasi alternatif memiliki resiko yang lebih tinggi. Penting untuk melakukan riset dan hanya melakukan investasi pada peluang-peluang yang sekiranya baik.

5. The Wealth Money Cant Buy

The Wealth Money Can’t Buy menawarkan suatu pendekatan yang dapat mengubah kualitas hidup agar dapat menikmati kehidupan yang memiliki kekayaan sejati sehingga kita dapat merasakan kebahagiaan yang tulus dalam hidup. Berdasarkan konsep model pembelajaran The 8 Forms of Wealth yang telah diajarkan oleh Robin Sharma, buku ini akan memandu kita meraih impian tertinggi sepanjang hidup. Melalui buku ini, Robin Sharma akan membantu kita untuk menemukan kebiasaan-kebiasaan tersembunyi yang dapat membantu kita menjalani kehidupan yang penuh makna.

6. The Algebra Of Wealth

Dalam buku ini, Scott Galloway menyajikan aturan-aturan penting untuk mencapai kesuksesan finansial di era ekonomi saat ini. Galloway juga menjelaskan strategi-strategi yang dapat membantu meningkatkan peluang mendapatkan keamanan secara finansial dalam kondisi apapun. Selain itu, dia juga memberikan panduan untuk menemukan dan mengikuti bakat dalam memilih karier.

7. Follow The Money

Follow the Money ditulis oleh Paul Johnson, seorang sejarawan dan jurnalis Inggris. Dia adalah pendiri Institute for Fiscal Studies, sebuah lembaga think tank yang melakukan penelitian tentang ekonomi Inggris. Follow the Money membahas asal muasal uang yang digunakan pemerintah dan bagaimana uang tersebut dibelanjakan. Buku ini juga membahas bagaimana hal ini berubah seiring waktu dan bagaimana hal itu mungkin perlu diubah di masa depan.

8. The Woke Salaryman Crash Course on Capitalism & Money

Buku ini sendiri adalah sebuah buku yang menyelidiki berbagai aspek, dari keuangan pribadi, ekonomi, sosiologi, hingga psikologi guna menyampaikan konsep uang dan kapitalisme secara jelas dan singkat. Buku ini dirancang khusus untuk lulusan baru yang sedang menghadapi tantangan pertama mereka dalam memahami dunia keuangan. Menariknya, semua dikemas dalam bentuk ilustrasi yang dijamin lebih related dengan kehidupan Gen-Z, termasuk bagi warga +62.

***

Demikianlah Rekomendasyik buku-buku finansial. Semoga buku-buku dia atas sungguh bisa menjadi jawab untuk beberapa tanya dan teka-teki soal kehidupan ekonomi kita yang tidak menentu.

Jika Bibliobesties hendak membaca Rekomendasyik lainnya, temukan di sini.